Ukuran Pintu Rumah

Ukuran Pintu Rumah – Anda sedang mendesain rumah impian? Selain membagi-bagi luas tanah menjadi ruangan sesuai kebutuhan, jangan lupakan juga beberapa desain penting lain.

Salah satunya adalah ukuran pintu. Walaupun terdengar sepele, tapi dimensi pintu ini nantinya berkaitan dengan kenyamanan Anda.

Pintu merupakan salah satu bagian rumah yang paling penting dan harus diperhatikan dengan seksama.

Anda harus menentukan ukuran pintu sesuai standar yang berlaku, agar fungsi dan manfaatnya bisa dirasakan untuk penghuni rumah.

Mari kita simak penjelasan lengkap berikut ini.

Jenis dan Fungsi Pintu Rumah

Ternyata pada seluruh bagian rumah ada 3 jenis pintu yang harus dipahami fungsinya.

  • Pintu utama yaitu pintu yang digunakan sebagai akses keluar masuk penghuni rumah. Letaknya ada di bagian depan, samping, dan juga belakang rumah. Namun, biasanya ukuran standar pintu depan akan sedikit lebih besar daripada pintu bagian samping dan belakang.
  • Pintu antar ruang yaitu semua pintu yang menghubungkan ruangan-ruangan di dalam rumah. Misalnya pintu kamar, pintu ruang makan, pintu ruang keluarga, dan lain-lain. Dimensi pintu ini sedikit lebih kecil dibanding pintu utama.
  • Pintu servis adalah semua pintu yang menuju ke ruang dapur, kamar mandi, dan gudang. Pintu servis ini bisa menggunakan berbagai material.

Standar Ukuran Pintu Rumah

standar ukuran pintu rumah
quora.com

1. Ukuran Pintu Utama Rumah 1 Daun

ukuran pintu rumah 1 daun pintu
pinterest.com

Pintu utama yang ada di depan dengan model 1 daun banyak digemari di Indonesia. Pintu model ini biasanya punya ukuran standar panjang 210 cm dan lebarnya 80 cm.

Ketebalan materialnya sendiri sekitar 5 – 6 cm. Bahan yang digunakan pun biasanya berkualitas paling bagus.

Pintu depan juga berfungsi menunjukkan derajat sosial pemilik rumah tersebut. Karena itu, banyak orang yang menggunakan material dari kayu keras, seperti jati hingga kayu ulin.

Ukurannya juga sengaja dibuat lebih besar dari pintu lain yang ada di seluruh rumah.

Pintu utama ini biasanya disandingkan dengan daun jendela langsung. Jadi, kusennya pun tersambung dengan kolom jendela. Namun, pada beberapa desain rumah minimalis, kusen pintu ini berdiri sendiri.

Daun pintu yang paling umum mengarah ke dalam dan menempel pada dinding samping ruangan. Namun, ada juga variasi daun pintu yang dibuka ke arah luar.

Variasi model ini biasanya digunakan pada rumah dengan luas ruang tamu terbatas.

2. Ukuran Pintu Utama Rumah 2 Daun

ukuran pintu rumah 2 daun pintu
pinterest.com

Selain pintu 1 daun, banyak pula masyarakat yang menyukai pintu utama dengan 2 daun.

Ukuran untuk pintu model ini cenderung lebih luas. Jadi, cocok dipasang pada rumah yang punya ruang depan/tamu cukup luas.

Ukuran standar model pintu ini adalah 65 – 75 cm per daun pintunya. Sedangkan tingginya bisa mencapai 220 – 240 cm.

Ada juga yang menggunakan lebar masing-masing daun pintu hingga 1 meter penuh. Ukuran ini tergantung seberapa luas ruang yang tersedia di rumah.

Ada banyak model pintu dengan 2 daun ini. Ada yang bentuknya kotak biasa dan ada juga yang berbentuk setengah lingkaran seperti kupu-kupu di bagian atasnya.

Pintu utama jenis 2 daun ini kadang juga dipadukan dengan material kaca polos atau kaca hias.

Ukuran Pintu Rumah Antar Ruangan

1. Pintu Dapur Atau Service Area

size pintu dapur
pinterest.com

Pintu servis ini ada beragam, misalnya saja pintu masuk dapur yang berbeda ukurannya dengan pintu kamar mandi. Namun, ukuran minimalnya sekitar 70 x 180 cm.

Banyak orang yang menggunakan ukuran lebih lega untuk pintu dapur yaitu 72 x 220 cm. Namun untuk pintu gudang, banyak orang yang membuatnya dengan ukuran lebih mini. Biasanya pintu gudang dibuat sekitar 60 x 210 cm.

2. Ukuran Pintu  Kamar Tidur

ukuran pintu kamar tidur
pinterest.com

Pintu untuk kamar tidur digolongkan dalam sub entrance door. Ukuran standarnya adalah 80 x 190 cm. Ada juga pintu yang lebih kecil dengan ukuran 80 x 200 cm.

Kusen pintu kamar tidur biasanya dibuat lebih tipis, hanya sekitar 1 – 1,5 cm dan lebar 10 cm.

Ada juga yang menggunakan desain pintu sliding untuk kamar. Terutama jika pemilik rumah punya ruang yang terbatas. Pintu sliding bisa punya dimensi yang sama sekitar 80 x 200 cm.

Letaknya dari dinding harus diberi jarak selebar daun pintu yang dipasang.

Pintu kamar biasanya menggunakan material kayu yang kualitasnya sama atau lebih rendah daripada pintu utama.

Pintu dari bahan kayu keras masih populer digunakan di Indonesia, tapi sudah mulai ada variasi warna cat finishing pintu, mulai dari gelap sampai terang.

3. Ukuran Pintu Kamar Mandi

ukuran pintu kamar mandi
newbathroomstyle.com

Pintu kamar mandi pada umumnya memiliki ukuran yang lebih sempit dibandingkan ukuran pintu utama atau pintu kamar tidur. Standar ukurannya sekitar 40 x 180 cm.

Agar tampak lebih menarik, pilihlah model pintu aluminium yang bermodel unik. Menentukan model dan ukuran pintu adalah hal yang tak kalah penting saat mendesain sebuah rumah.

Setelah model dan ukurannya ditentukan, Anda baru bisa menentukan material hingga warna yang akan digunakan.

Jika Anda menggunakan material bukan kayu, maka ada beberapa ukuran standar yang disediakan produsen yaitu:

  • Pintu kamar mandi dari material aluminium berukuran 40 x 180 cm. Pintu jenis ini lebih tahan air, tidak mudah rusak, dan desainnya menari. Namun, pintu aluminium dijual lebih mahal dibanding PVC.
  • Pintu kamar mandi dengan material plastik PVC berukuran 72 x 220 cm. Pintu ini tahan air, tetapi tidak tahan panas dan benturan. Namun, pintu jenis ini banyak digunakan karena harganya yang terjangkau.

4. Pintu  Garasi

dimensi pintu garasi
pinterest.com

Pintu garasi rumah Anda bisa dibuat dari berbagai macam material. Namun, yang paling utama untuk diperhatikan adalah ukuran pintu garasi yang sesuai standar.

Biasanya pintu ini memiliki lebar minimal 2.7 meter agar kendaraan Anda tidak tergores ketika masuk garasi.

Jika Anda memiliki banyak kendaraan, misalnya 2 mobil, maka ukuran pintu garasi yang harus dibuat adalah 4.6 hingga 4.9 meter. Sedangkan untuk tinggi pintu garasi antara 2.1 hingga 2.5 meter.

5. Pintu Sliding Untuk Samping Atau Belakang

pintu sliding samping dan belakang
medium.com

Pintu jenis ini banyak digunakan untuk mengakali ruangan yang sempit. Pintu sliding tidak memakan tempat karena dibuka menyamping dan menempel pada tembok.

Ada yang menggunakan desain pintu ini sebagai pintu utama depan.

Namun, mayoritas menggunakan pintu sliding di bagian samping atau belakang.

Pintu sliding dengan material kaca banyak digunakan untuk menghubungkan ruangan dengan taman belakang/samping rumah.

Pintu geser punya ukuran standar sekitar 80 x 210 cm. Anda harus menyiapkan ruang tembok kosong untuk menggeser pintu ini.

Namun, Anda juga bisa membuat pintu sliding dengan ukuran custom. Pintu sliding biasanya menggunakan kusen berukuran 92 x 220 cm.

Kesimpulan

Berapa Meter Ukuran Pintu Rumah?

  • Standar ukuran pintu rumah dalam meter yakni menggunakan kusen 2,1 x 0,8 meter dan 1,98 x 0,76 meter untuk daun pintunya. Bagi Anda yang memiliki rumah besar, sebaiknya menggunakan jenis pintu utama dengan 2 daun. Ukuran standar pintu jenis ini yaitu 2,1 x 1,2 meter pada kusennya dan 1,98 x 1,14 meter untuk daun pintunya.

Berapa Ukuran Pintu Kamar Tidur?

  • Ukuran pintu kamar biasanya dibuat dengan ukuran 80 cm untuk lebarnya dan 200 cm untuk tingginya. Pintu jenis ini tentu memiliki ukuran yang tidak sama dengan pintu depan rumah. Anda bisa menggunakan material pintu kamar apa saja, salah satunya menggunakan pintu aluminium. Ketebalan kusen yang baik untuk pintu kamar tidur yaitu antara 1 hingga 1.15 cm.

Berapa Tinggi Rata Rata Kusen Pintu?

  • Biasanya lebar kusen di setiap sisi masing-masing 6 cm. Maka, ketika digabungkan dengan daun pintu atau jendela harus dilebihkan 12 cm. Selain memilih ukuran pintu utama, Anda juga perlu memperhatikan ukuran kusen yang harus digunakan.

Leave a Comment