Pengertian Teknik Sipil: Cabang Ilmu, Gelar, Pekerjaan, Materi Belajar

Pengertian teknik sipil secara sederhana adalah suatu cabang ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan bidang teknik seperti pembangunan, perancangan dan inovasi. Saat ini jurusan tersebut sangat populer karena banyak dibutuhkan oleh perusahan.

Pengertian Teknik Sipil

Teknik sipil adalah bidang ilmu yang berkaitan erat dengan bidang pembangunan. Ilmu ini mempelajari tentang berbagai hal terkait perencanaan, renovasi hingga pembangunan sebuah infrastruktur bangunan.

Bukan hanya itu, bidang ini juga mempelajari lingkungan secara keseluruhan untuk dapat menjamin keselamatan pengguna nantinya. Jika dijabarkan, ilmu teknik sipil sangatlah luas.

Dalam teknik sipil terdapat berbagai cabang ilmu seperti biologi, geologi, fisika, lingkungan, kimia hingga komputer.
Setiap cabang memiliki peranan tersendiri dan saling melengkapi sehingga mampu membentuk satu kesatuan.

Pengembangan teknik sipil berkaitan erat dengan kebutuhan manusia dan mobilitasnya yang berkembang.

Materi Teknik Sipil

Saat mengambil jurusan teknik sipil, terdapat beberapa cabang ilmu yang dijadikan sebagai materi. Seluruh materi tersebut harus dipelajari agar bisa diterapkan untuk berbagai pekerjaan. Simak uraiannya berikut ini.

Transportasi

Materi ini dipelajari untuk dapat mempelajari pembangunan yang berkaitan dengan kegiatan mobilitas. Dengan adanya kemajuan pembangunan, seluruh kegiatan dapat berjalan dengan lebih lancar.

Dalam ilmu transportasi ini akan dipelajari beberapa pemodelan bidang seperti rekayasa lalu lintas, konstruksi jalan raya, geometrik dan lainnya.

Geoteknik

Materi ini mempelajari tentang struktur tanah dan batuan serta kegunaannya untuk dapat dijadikan sebagai penopang sebuah bangunan.

Untuk mengetahui semua komponen yang berkaitan dengan tanah, maka perlu dilakukan investigasi terhadap keadaan tanah, melakukan cek laboratorium dan melakukan perencanaan galian agar sesuai dengan kebutuhan.

Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan kelayakan tanah agar dapat mendirikan bangunan dengan kokoh.

Manajemen Konstruksi

Proses pembangunan tentu harus selesai sesuai dengan tenggat waktu yang sudah direncanakan. Untuk itu, materi ini harus dipelajari dengan baik agar bisa menyusun penjadwalan proyek infrastruktur yang baik.

Selain itu, materi ini juga mempelajari tentang rancangan anggaran proyek, organisasi pekerjaan, proses perizinan mendirikan bangunan, monitoring kerja hingga pengurusan hukum.

Struktur Bangunan

Materi ini sangat penting karena berkaitan erat dengan pemodelan hingga perencanaan struktur sebuah bangunan. Dengan begitu perencanaan serta pemilihan bahan bisa sesuai dengan struktur bangunan.

Komponen ini sangat penting untuk menjaga kualitas bangunan agar tetap kokoh. Struktur material harus sesuai dengan bangunan agar menunjang fungsionalnya.

Informatika Teknik Sipil

Materi ini menerapkan teknologi serta kemampuan komputer untuk membuat model dan melakukan perhitungan proyek bangunan. Dengan begitu proyek bisa dikelola dengan lebih mudah dan efektif.

Teknik Lingkungan

Materi ini mempelajari tentang bagaimana cara melakukan pengendalian dan menyusun strategi yang tepat agar pembangunan tidak memberikan dampak buruk bagi lingkungan.

Hidrologi

Bidang ilmu yang satu ini berfokus pada pembahasan yang berkaitan dengan pengairan. Dalam materi ini akan dibahas tentang curah hujan, cuaca, debit air sungai dan lain sebagainya.

Selain itu, materi ini juga akan berkaitan dengan daya dorong, sifat material air dan tekanan. Dengan adanya pengetahuan tentang hal tersebut perencanaan pembangunan bisa berjalan dengan lancar.

Pekerjaan Teknik Sipil

Lulusan teknik sipil memiliki prospek kerja diberbagai bidang. Dengan begitu, peluang untuk mengembangkan karir akan semakin besar. Berikut beberapa pekerjaan yang bisa dipilih.

Konsultan Bangunan

Profesi yang satu ini berfokus sebagai konsultan yang memiliki pekerjaan yang berkaitan dengan perencanaan bangunan, konstruksi bendungan hingga pembangunan jalan raya.

Tugas utama dari seorang proyek manager adalah mengawasi, mengelola biasa dan memahami potensi risiko pembangunan yang sedang dilakukan.

Seorang konsultan bangunan harus memiliki kreativitas yang tinggi, kemampuan untuk mendesain dan memahami teknik pembangunan dengan baik sehingga bisa memberikan masukan yang mendukung.

Surveyor Pengendalian Bangunan

Pekerjaan ini berkaitan langsung dengan sistem pembangunan seperti penyusun detail proyek sejak awal hingga memastikan semua peraturan serta undang-undang yang berlaku sudah diikuti dengan sesuai oleh pembangunan yang sedang dilakukan.

Jika terdapat kendala, seorang surveyor pengendalian bangunan harus mampu memberikan solusi bagi klien dan harus mengutamakan keamanan seluruh pihak.

Kontraktor

Profesi ini mengubah rancangan atau perencanaan yang sudah dilakukan oleh konsultan untuk dapat diterapkan secara nyata. Kontraktor akan terjun ke lapangan secara langsung dan melihat bagaimana keadaan lapangan dan bagaimana penerapan rancangan harus dilakukan.

Seorang kontraktor harus mampu bekerja secara profesional dan mengatur seluruh segmen pekerjaan serta sumber material yang digunakan.

Gelar Teknik Sipil

Gelar akademis akan diberikan jika seseorang telah mampu menyelesaikan sebuah jenjang pendidikan. Gelar sarjana teknik sipil di Indonesia dan di luar negeri mungkin akan memiliki beberapa perbedaan. Berikut gelar teknik sipil yang berlaku di Indonesia.

  • S1 teknik sipil akan mendapatkan gelar S.T. yang akan ditulis di belakang nama.
  • S2 teknik sipil gelarnya adalah M.T, ditulis di belakang nama dan setelah gelar S1.
  • S3 teknik sipil mendapatkan gelar Dr yang ditulis di depan nama. Belakang nama akan diikuti dengan gelar S1 dan S2 yang sudah dimiliki terlebih dahulu.

Perbedaan Arsitek dan Teknik Sipil

Setelah memahami pengertian teknik sipil, kebanyakan orang mungkin akan berpikir bahwa pekerjaannya hampir mirip dengan arsitek. Itu merupakan hal yang keliru karena kedua ilmu tersebut memiliki titik fokus yang berbeda.

Kedua bidang ini memiliki jalur yang sama yaitu untuk pembangunan gedung. Namun perbedaan adalah, jika teknik sipil mempelajari proses pembuatan struktur bangunan yang kokoh dan berkualitas.

Sedangkan arsitektur berfokus terhadap merancang desain bangunan tersebut agar terlihat menarik dan memiliki fungsional yang bagus.

Dengan memahami pengertian teknik sipil dan prospek kerjanya, Anda bisa lebih memahami tentang definisi dari ilmu tersebut. Hal ini membantu Anda untuk dapat menentukan ilmu yang ingin dikuasai sesuai dengan minat dan keterampilan.

Leave a Comment