Pengertian Power Tools: Contoh, Macam Jenis dan Fungsinya

Setidanya terdapat 15 jenis power tools yang bisa diketahui. Siapapun dapat memanfaatkan berbagai power tools ini untuk mempermudah pekerjaan. Apa itu power tools? apa fungsi power tools? danapa saja jenis power tools? mari kita simak pada artikel berikut agar lebih memahaminya

Contents

Pengertian Power Tools

Power tools merupakan alat yang memiliki sumber penggerak bukan dari tenaga manusia melainkan berasal dari energi listrik maupun tenaga udara bertekanan. Jenis power tools relatif beragam dan bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Fungsi Power Tools

Ada begitu banyak sekali variasi power tools. Namun, semua variasi power tools dapat digunakan secara maksimal jika sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya, di bengkel otomotif. Tentu tidak sulit menemukan orang-orang yang melakukan pekerjaan berkaitan dengan pembentukan logam.

Bahkan tidak jarang juga yang melakukan pemotongan logam. Untuk pekerjaan semacam ini, tentu orang-orang tersebut perlu menggunakan power tools yang sesuai.

Jika dibandingkan dengan hand tools tentu menggunakan power tools akan jauh lebih mempermudah pekerjaan tersebut.

Jenis Jenis Power Tools

Terdapat banyak power tools yang dapat digunakan sesuai kebutuhan. Beberapa diantanya adalah bor tangan, bor angin, gerinda tangan, air impact wrench, electric impach wrench, air gun, tyre pressure gauge, kompresor, air sander, spray gun, gerinda potong, gerinda bangku, mesin press hidrolok dan lainnya.

Bor Tangan

Bor tangan atau portable drill merupakan salah satu dari jenis power tools yang dipakai untuk membuat lubang pada bagian benda kerja dengan sumber tenaga berasal dari arus listrik AC maupun arus listrik dari baterai.

Bor tangan menjadi jenis bor listrik yang mempunyai kapasitas diamater pengeboran terbatas.

Bor Angin

Bor angin atau air drill adalah jenis lain dari power tools yang berfungsi sama dengan bor tangan.

Tenaga yang keluar dari bor angin bukan didapatkan dari listrik arus AC maupun DC, namun berasal dari udara bertekanan dari komponen lainnya seperti kompresor.

Gerinda Tangan

Portable grinder atau gerinda tangan merupakan jenis berikutnya dari power tools yang dapat digunakan untuk memotong, meratakan maupun menghaluskan material besi potongan. Hal ini membuat besi tersebut menjadi lebih rapih dan tidak tajam.

Air Impact Wrench

Air impact wrench menjadi varian power tools yang berguna untuk mengencangkan maupun mengendurkan baut/mur.

Untuk bisa mengencangkan baut atau mur dengan air impact wrench, maka pengguna perlu memasangkannya dengan kunci soket.

Electric Impact Wrench

Jenis power tools ini merupakan peralatan yang mempunyai fungsi sama dengan air impact wrench. Hanya saja power tools ini menggunakan tenaga listrik. Pengguna bisa menggunakan tools ini untuk mengencangkan baut/mur.

Air Gun (Air Duster)

Air gun adalah variasi power tools yang dipakai untuk membersihkan kotoran maupun serpihan pada ruang terbatas.

Jadi, cara kerjanya adalah dengan menyemprotkan udara bertekanan ke arag bagian yang kotor. Power tools ini menggunakan tenaga pneumatik.

Tyre Pressure Gauge

Tyre pressure gauge adalah jenis power tools yang memakai tenaga pneumatik untuk bisa melakukan fungsinya dengan baik. Variasi power tools ini berfungsi untuk mengisi maupun memeriksa tekanan udara yang berada di dalam ban.

Kompresor

Kompresor merupakan salah satu dari power tools yang berguna untuk menghasilkan tenaga bertekanan dalam mensuplai udara bertekanan pada alat yang bekerja.

Kompresor bisa dimanfaatkan untuk menjaga tekanan udara agar senantiasa konsisten. Ada dua macam kompresor paling sering digunakan:

  • Kompresor piston.
  • Kompresor rotary screw.

Spray Gun

Spray Gun adalah tools yang dipakai untuk mengatomisasi benda cair seperti cat. Nantinya hasil akhir pengecatan menggunakan spray gun akan jauh lebih sempurna dibandingkan dengan pengecatan cara biasa.

Hal ini karena spray gun bekerja dengan memanfaatkan udaa bertekanan atau pneumatik.

Air Sander

Jenis power tools berikutnya adalah air sander. Ini merupakan tools yang dipakai untuk meratakan bidang yang datar.

Jadi, alat ini digunakan untuk mempermudah pengguna dalam meratakan permukaan yang hendak dicat. Tentu tidak sulit menemukan air sander di bengkel otomotif terutama pada unit perbaikan.

Heat Gun

Variasi lainnya dari power tools adalah heat gun. Tools ini bekerja dengan mengeluarkan hawa dan udara panas yang dapat disetting sedemikian rupa sesuai kebutuhan pengguna.

Biasanya heat gun digunakan untuk mempermudah pelepasan stiker, mempercepat daya lekat lem hingga melonggarkan mur berkarat.

Bor Duduk

Mesin bor duduk atau brench drill berguna untuk membuat lubang pada bagian benda kerja yang memiliki diameter kecil.

Adapun prinsip kerja dari bor duduk adalah dengan memindahkan putaran yang berasal dari motor listrik menuju ke poros mesin sehingga bagian poros tersebut bisa berputar dengan baik.

Mesin Press Hidrolik

Hydraulic pressure machine berguna untuk melakukan pengepresan pada bagian komponen yang membutuhkan gaya tekan kuat sehingga bisa memasang maupun membongkarnya dengan mudah. Mesin ini dapat bekerja engan memanfaatkan tekanan fluida.

Gerinda Bangku

Brench grinder atau gerinda bangku umumnya memiliki ukuran yang kecil serta akan ditempatkan pada meja kerja dengan baut serta memiliki 2 batu gerinda dengan tingkatan yang berbeda.

Mesin ini berguna untuk mengasah maupun mengikis permukaan logam seperti pahat, mata bor dan pisau.

Gerinda Potong

Terakhir, gerinda potong. Jenis power tools ini berguna untuk memotong benda kerja. Jadi, mesin ini akan membuat kontak antara mata gerinda sehingga terjadi pengikisan hingga akhirnya benda kerja terpotong sempurna.

Jangan lupa ketika menggunakan alat ini sebaiknya juga menggunakan pelindung.

Leave a Comment