Fungsi Ergonomis: Pengertian, Unsur, Prinsip

Ergonomis adalah tentang mendesain untuk manusia. Fungsi ergonomis mengadaptasi tempat kerja dengan kebutuhan pengguna, fungsi ergonomis adalah untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas dan mengurangi ketidaknyamanan.

Contents

Pengertian Ergonomis

Ergonomis adalah “ilmu terapan yang berhubungan dengan merancang dan mengatur hal-hal yang digunakan orang sehingga orang dapat menggunakannya dengan mudah dan aman..

Unsur ergonomis

Ada lima unsur ergonomi: keamanan, kenyamanan, kemudahan penggunaan, produktivitas/kinerja, dan estetika.

1. Keamanan

Ketika prinsip-prinsip ergonomi diterapkan dalam konteks keselamatan kerja, maka lahirlah konsep keselamatan ergonomis. Keamanan ergonomis memastikan bahwa produk, metode, dan lingkungan yang digunakan pekerja sesuai dengan persyaratan pekerjaan dan kemampuan pribadi pekerja.

2. Kenyamanan

Sangat penting bahwa produk, seperti furniture, dirancang dengan mempertimbangkan ergonomi. Furniture harus nyaman untuk pengguna, misal kursi harus bisa menopang punggung pengguna dan tinggi kursi harus sesuai dengan perkiraan tinggi kaki pengguna hingga kakinya menyentuh lantai.

Dalam kasus pencahayaan meja kerja, beberapa lampu kerja sangat terang dibandingkan dengan sekitarnya dan dapat menyebabkan silau dan ketidaknyamanan bagi pengguna.

Prinsip-prinsip ergonomis dapat mendesain ulang ini berdasarkan prinsip-prinsip yang kontras.

3. Kemudahan penggunaan

Duduk di kursi yang dirancang secara ergonomis dan bekerja dengan komputer, ketinggian kursi harus disesuaikan. Penting untuk menempatkan monitor komputer pada tingkat yang tidak akan membebani mata atau tangan.

Idealnya, bagian atas layar harus diposisikan tepat di bawah ketinggian mata. Dengan duduk tegak, posisi ini tidak akan membebani leher, bahu, atau mata Anda.

4. Produktivitas / kinerja

Ergonomi juga berpotensi digunakan untuk meningkatkan produktivitas. Dapur biasanya merupakan ruangan yang paling banyak digunakan di setiap rumah. Dan dapur yang efisien biasanya merupakan kunci utama untuk memiliki kehidupan yang bahagia.

5. Estetika

Estetika mengacu pada indera kita dan tanggapan kita terhadap suatu objek. Jika sesuatu secara estetis menyenangkan bagi Anda, itu ‘menyenangkan’ dan Anda menyukainya.

Ini adalah integrasi fungsi, kegunaan dan estetika dalam desain, hal. Ex. Papan distribusi dapat ditempatkan pada ketinggian yang sesuai dengan prinsip ergonomis sehingga ketinggiannya konsisten, sehingga mudah ditemukan dan juga tidak menjadi noda pada elevasi interior. Karena itu, biarkan interior terlihat bagus tanpa terlalu menekankan pada dinding.

Fungsi Ergonomis

Tidak diragukan lagi bahwa ergonomi memiliki banyak manfaat dan merupakan dasar untuk menciptakan lingkungan kerja yang efisien.

Anda dapat menggunakan ergonomi untuk mengurangi cedera dan meningkatkan efisiensi fisik. Penelitian menunjukkan bahwa implementasi yang sukses membutuhkan komitmen berkelanjutan dan keterlibatan yang tulus dari semua karyawan.

Anda dapat melakukan ini dengan sukses dengan mendidik diri sendiri tentang kapan dan bagaimana menerapkannya.

Baca terus untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana memodifikasi ruang kerja Anda dapat meningkatkan bisnis Anda. Berikut adalah sembilan manfaat ergonomis yang mengesankan di tempat kerja.

1. Meningkatkan kesehatan

Orang yang bekerja di tempat kerja yang ergonomis telah meningkatkan kesehatan mereka. Biasanya dimulai dalam sistem kardiovaskular dan menyebar ke area lain. Jantung Anda akan lebih sehat daripada jika Anda bekerja di lingkungan standar.

Plus, Anda dan karyawan Anda akan merasa lebih sedikit stres pada tubuh Anda dengan menyesuaikan tempat kerja agar sesuai dengan tinggi badan Anda.

Posisi alami ini akan membuat mata dan leher Anda tidak tegang. Ini juga akan mengurangi pembengkakan di kaki Anda karena aliran darah Anda akan optimal.

2. Peningkatan persepsi mental

Ketika Anda merasa nyaman, Anda dapat lebih fokus pada tugas yang ada. Ergonomi mengurangi rasa sakit, memperkuat otot, dan meningkatkan aliran darah. Gabungan, ini meningkatkan persepsi mental.

Anda dan karyawan Anda akan mengalami lebih sedikit kecemasan, kesadaran yang lebih besar, suasana hati dan konsentrasi yang lebih baik.

Ini berarti bahwa setiap orang dapat lebih fokus pada pekerjaan mereka. Semakin baik fokus mereka, semakin tinggi tingkat produktivitas.

3. Tingkat produktivitas yang lebih tinggi

Semakin baik fokus karyawan Anda, semakin tinggi tingkat produktivitas yang dapat mereka miliki. Ergonomi menggabungkan berbagai ide untuk membuat tempat kerja terasa lebih alami. Ini mengarah pada produktivitas yang lebih tinggi karena mereka akan lebih nyaman dan fokus.

Bisnis Anda membutuhkan tingkat produktivitas yang meningkat untuk menjadi sukses. Anda dapat mengubah tempat kerja Anda untuk membuatnya lebih baik bagi karyawan. Semakin baik perasaan mereka tentang pekerjaan mereka, semakin mereka ingin menghasilkan.

4. Mengurangi rasa sakit

Ergonomi dimaksudkan untuk membuat segala sesuatunya terasa lebih alami dan aman. Karena perubahan ini, tubuh Anda akan kurang stres dan kesehatan Anda akan meningkat. Kombinasi ini akan menyebabkan penurunan rasa sakit.

Ketika karyawan merasa tidak nyaman, itu mempengaruhi kemampuan mereka untuk bekerja. Anda dapat bekerja di meja berdiri atau menukar ponsel Anda dengan headset untuk memulai. Semakin sedikit rasa sakit yang dimiliki karyawan Anda, semakin baik mereka dapat fokus pada kualitas.

5. Pekerjaan berkualitas lebih tinggi

Manfaat ruang kerja yang ergonomis berkisar dari tubuh hingga kualitas kerja. Rasa sakit, pegal, lelah, dan masalah lainnya dapat mempengaruhi seorang pekerja. Ergonomi dapat menghilangkan masalah tersebut dan membantu pekerja mulai bekerja.

Ketika orang merasa nyaman, mereka dapat fokus pada produksi berkualitas tinggi. Ini, dikombinasikan dengan tingkat produktivitas yang lebih tinggi, juga akan membuat konsumen Anda senang.

6. Menghilangkan bahaya

Bagian dari menciptakan lingkungan kerja yang lebih produktif adalah menghilangkan bahaya sehari-hari yang dapat membahayakan karyawan Anda.

Gangguan ini tidak aman dan dapat menyebabkan konsekuensi yang lebih buruk di masa depan. Perhatikan dan kenali kantor Anda sehingga Anda dapat menilai bahaya apa yang ada.

Ide bagus lainnya adalah menanyakan kepada karyawan Anda bahaya apa yang mereka hadapi setiap hari. Dengan meminta pendapat mereka, Anda menunjukkan bahwa Anda peduli.

Menerapkan perubahan akan menunjukkan kepada mereka bahwa mereka telah didengar.

7. Keterlibatan karyawan yang lebih besar

Karyawan Anda akan melihat bahwa perusahaan Anda menawarkan kondisi terbaik untuk kesehatan dan keselamatan karyawan yang lebih baik.

Karena mereka tidak akan mengalami kelelahan atau ketidaknyamanan, Anda akan melihat peningkatan employee engagement.

Anda akan menemukan bahwa motivasi mereka akan meningkat semakin mereka merasa diperhatikan oleh perusahaan.

Ini dapat menurunkan tingkat churn Anda dan membuat orang lain ingin bekerja dengan perusahaan Anda. Pendapat karyawan Anda penting dan Anda dapat memanfaatkannya dengan menggunakan ergonomi.

8. Mempromosikan keamanan

Ergonomi akan menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman dan meningkatkan kesadaran. Anda akan menghilangkan bahaya, meningkatkan stasiun kerja untuk mengurangi gangguan, dan mengajari karyawan Anda untuk meningkatkan ruang mereka dengan mempertimbangkan keselamatan.

Belum lagi, manfaat kesehatan yang menyertai ergonomi membuat karyawan tetap sehat di tempat kerja. Ini akan meningkatkan keamanan di tingkat lain.

Anda dapat menjaga pekerjaan Anda tetap stabil dan stabil dengan menyediakan lingkungan yang aman bagi karyawan di mana mereka dapat berkembang.

9. Karyawan yang lebih bahagia, Anda lebih bahagia

Semakin baik Anda menggunakan ergonomi, semakin bahagia karyawan Anda. Mereka akan menikmati datang untuk bekerja lebih dari sebelumnya, dan itu akan mempengaruhi orang-orang di sekitar mereka. Anda akan melihat perbedaan dalam kebahagiaan Anda sendiri.

Ketika karyawan Anda senang bekerja, tingkat produktivitas mereka akan meningkat. Semakin baik mereka melakukannya, semakin baik bisnis Anda akan melakukannya. Semua ini adalah faktor dalam menjaga semua orang aman dan bahagia.

Leave a Comment