Pengertian Valve: Fungsi, Jenis, Arti Menurut Para Ahli

Dapat dikatakan bahwa valve adalah alat yang tidak asing dalam ilmu fisika. Apa saja pengertian valve menurut para ahli, serta apa saja jenis valve dan fungsinya, mari kita simak pada pembahasan berikut.

Contents

Pengertian Valve

Valve adalah alat yang digunakan untuk melakukan pengaturan fluida, baik berbentuk gas, cairan maupun semifluida lainnya. Biasanya proses kontrol fluida menggunakan valve dilakukan lewat pipa tertentu.

Valve atau katup menjadi komponen yang digunakan dalam rangkaian sistem pengairan fluida sekaligus memiliki fungsi unuk pengaturan kecepatan, volume, arah maupun tekanan fluida lainnya.

Menurut Sudeep Jha

Menurut Sudeep Jha valve adalah komponen yang bisa mengatur, mengontrol maupun melakukan regulasi terhadap fluida.

Di samping itu, valve juga bisa menentukan pergerakannya dengan berbagai macam tipe tutup, bukaan serta pembukaan setengah saluran dari fluida.

Menurut Lauer, Hardy dan Barsotti

Menurut ketiga ahli tersebut valve bisa didefinisikan sebagai komponen sistem perpipaan yang memiliki fungsi untuk mengubah, mengarahkan maupun melakukan pengaturan besaran volume.

Di samping itu, valve juga dapat dipakai untuk menutup maupun mengatur kecepatan suatu aliran beserta tekanannya. Tanpa adanya valve tentu sistem perpiaan tidak bisa berjalan dengan baik.

Menurut Smith dan Zappe

Smith dan Zappe mengungkapkan bahwa valve merupakan komponen suatu tekanan fluida maupun pengalirannya yang mengatur tekanan maupun aliran dari fluida terkait.

Sistem ini begitu penting untuk melakukan pengaturan aliran dan tekanan tersebut agar berjalan dengan lancar.

Fungsi Valve

Valve adalah komponen yang penting dalam sistem fluida. Hal tersebut karena valve memegang peranan penting untuk sistem tersebut.

Setidaknya terdapat tujuh macam fungsi valve yang perlu diketahui dalam sistem fluida dan perlu dicermati dengan baik.

1. Memadukan dan Memisahkan Fluida

Sebagian valve dapat digunakan untuk memadukan maupun memisahkan 2 dan lebih banyak fluida. Hal ini membuat sebuah bukaan saluran, siapapun bisa mendapatkan jenis fluida yang benar-benar diinginkan.

Misal, catridge valve pada saluran fluida berbeda suhu dan jenis. Mungkin bagian pegiat fisika tidak asing dengan catridge valve ini.

2. Mencegah Pembalikan Araah

Sistem fluida terbilang cukup berbeda dibandingkan dengan sistem-sistem lainnya. Fluida tidak boleh mengalami pembalikan arah.

Jika begini, maka sudah mengakibatkan terjadinya kerusakan serius. Misal, check valve serta no return valve.

3. Sebagai Pengaturan Keamanan

Selanjutnya, valve juga dapat digunakan sebagai pengaturan keamanan. Contohnya, untuk mencegah terjadinya tekanan yang berlebihan sehingga bisa membahayakan sistem.

Seperti halnya yang terjadi pada presto. Untuk mencegah terjadinya ledakan, maka dipasang safety valve pada alat tersebut.

4. Mengatur Jumlah serta Kecepatan Aliran Fluida

Sebagian valve juga memiliki fungsi lain seperti mengatur jumlah maupun kecepatan dari aliran fluida. Fungsi ini berkaitan erat dengan fungsi pengaturan terkanan.

Adapun contoh valve yang memiliki manfaat ini diantaranya flow control valve. Jenis valve ini biasa dipakai pada alat-alat yang hidrolik.

5. Membuka serta Menutup Aliran Fluida

Valve ternyata juga bisa digunakan untuk membuka maupun menghentikan secara total aliran fluida. Contohnya, valve yang digunakan pada alat bernama fire hydrant.

Beberapa tipe valve yang memiliki fungsi ini diantaranya butterfly valve, shut off valve dan gate valve. Di antara ketiganya tentu ada yang tidak asing.

6. Melakukan Regulasi Tekanan Fluida

Berikutnya, valve atau katup juga bisa digunakan untuk meregulasi tekanan dari fluida. Sebab, pada sejumlah sistem perpipaan, tekanan fluida yang tinggi bisa memicu banyak masalah.

Maka dari itu, didesainlah valve yang dapat menurunkan tekanan fluida. Contohnya reducing valve pressure.

7. Sebagai Pengontrol Level Volume Fluida

Di samping bisa digunakan untuk melakukan regulasi terhadap volume maupun tekanan dari aliran fluida, valve juga dapat dipakai untuk melakukan regulasi terhadap level volume fluida di simpanan tertentu.

Contohnya, simpanan minyak, air dan sebagainya. Jadi, lebih cenderung ke sistem perpiaan yang berkaitan dengan benda cair.

Jenis Jenis Valve

Valve adalah alat penting guna sistem fluida. Namun, sebelum menggunakan valve maka sebaiknya cermati terlebih dahulu apa saja jenis-jenisnya. Sebab, jenis-jenis valve sangat beragam, di antaranya:

1. Ball Valve

Jenis valve ini terdiri atas valve housing serta ball. Dengan menggerakkan valve, maka bola akan berputar serta membuka aliran.

Hal tersebut dikarenakan lubang pada bagian bola searah dengan adanya aliran. Ball valve digunakan untuk mengontrol aliran maupun tekanan fluida serta mematikan fluida korosif.

Di samping itu, katup ini juga dapat dipakai untuk minyak serta gas alam. Namun, banyak dijumpai pada sektor penyimpanan bahan kimia, manufaktur dan perumahan.

Salah satu keunggulan dari ball valve adalah memiliki desain yang kompak beserta pemeliharaan relatif mudah.

2. Butterfly Valve

Jenis katup ini terdiri atas dayung dan saluran yang berbentuk mirip dengan cakram. Dayung ini bisa berputar untuk menghalangi maupun membuka saluran aliran fluida.

Selain itu, katup ini juga sengaja didesain agar bisa mengatur aliran dengan kapabilitas kontrol yang terbatas.

Butterfly Valve memiliki kelebihan yaitu tingkat akurasinya tinggi sehingga cocok dalam dunia industri apapun serta bisa diandalkan karena pemeliharaannya minim.

Di samping itu, juga bisa dipakai untuk cairan yang bersifat korosif pada tekanan dan suhu yang relatif rendah.

3. Gate Valve

Katup ini dirancang dengan baik sebagai isolator yang dapat disebut sebagai on/off maupun isolation waves.

Hal ini dikarenakan bahwa katup gate valve mampu menutup dan membuka aliran dari sistem fluida secara total tanpa adanya suatu presisi tertentu.

Gate valve banyak digunakan karena memiliki gesekan yang rendah serta mampu menghasilkan aliran laminar dengan penurunan tekanan rendah.

Biasanya gate valve banyak diterapkan pada penggunaan dengan temperatur serta tekanan yang relatif tinggi.

Valve adalah alat yang sangat penting digunakan untuk sistem fluida. Pastikan sudah benar dalam memilih valve sebelum membelinya.

Leave a Comment