Alat Ukur Berat: Fungsi dan Kegunaannya

Apakah Anda tahu berapa berat badan Anda? Jika tidak, apa cara terbaik untuk mengetahuinya? Ya benar, Anda bisa menggunakan timbangan atau neraca. Namun bagaimana dengan berat benda objek lain? Dalam artikel ini mari kita bahas berbagai jenis alat ukur berat dan fungsinya untuk berbagai kebutuhan pengukuran.

Contents

Jenis Alat Ukur Berat

Seperti namanya, neraca atau timbangan adalah alat yang digunakan untuk mengukur berat suatu benda. Mereka dapat dibagi menjadi dua jenis utama yaitu, timbangan mekanik dan timbangan digital.

Timbangan mekanik dan digital sangat berbeda. Perbedaanya terletak pada kemudahan penggunaan, presisi dan teknologi pengukuran.

1. Timbangan mekanik

Timbangan mekanik atau analog, adalah alat penimbangan sederhana yang mengukur berat suatu benda tanpa listrik. Mereka memiliki potongan kecil pegas seperti tuas yang dapat mempengaruhi keakuratan pengukuran berat.

Tidak mengherankan, jenis timbangan ini lebih murah daripada timbangan digital. Namun, timbangan digital menebus harganya dengan presisi atau keakuratan yang luar biasa.

2. Timbangan digital

Seperti namanya, timbangan digital dioperasikan dengan baterai. Mereka bekerja dengan microchip dan hasil pengukurannya ditunjukkan pada layar digital.

Karena mereka tidak bergantung pada inferensi manusia, mereka lebih akurat daripada timbangan mekanis. Anda juga dapat mengukur secara akurat dengan presisi yang lebih tinggi.

Satu-satunya kelemahan dari alat ukur berat digital ini adalah bahwa mereka lebih mahal daripada timbangan mekanik atau analog.

Contoh Alat Ukur Berat

1. Timbangan Dapur Digital

Timbangan dapur digital memudahkan pekerjaan ibu rumah tangga, juru masak dan juru masak dengan menimbang bahan masakan.

Saat Anda menempatkan bahan pada gelas ukur, titik pengukuran individu memberi Anda pengukuran yang tepat. Ini tetap di layar selama 30 detik.

Timbangan dapur beratnya berkisar dari 1 g hingga 5 kg. Semua unit internasional seperti g, oz, lb, dan ml dapat diatur.

2. Timbangan Badan

Timbangan badan atau juga dikenal sebagai timbangan kamar mandi adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk menimbang berat badan seseorang. Anda hanya perlu berdiri tegak dan alat berat ini menunjukkan berat badan Anda pada layar LED.

Berkat kemajuan teknologi, timbangan badan digital dapat dihubungkan ke tab dan smartphone, sehingga memudahkan Anda untuk melacak berat badan Anda saat ini.

Pada model yang lebih baru juga dapat mendaftarkan banyak pengguna dengan profil pengguna yang berbeda sehingga bisa memonitor perkembangan berat badan masing-masing.

3. Timbangan Perhiasan

Saat ini, timbangan digital digunakan untuk menimbang perhiasan. Ornamen berharga yang terbuat dari emas, perak, berlian, batu mulia dan logam dapat dengan mudah ditimbang dengan ketelitian 0,01 g.

Oleh karena itu, baik Anda membeli atau menjualnya, ada baiknya memiliki timbangan yang akurat.

4. Timbangan Truk

Timbangan Truk adalah timbangan yang terbaik dan sempurna untuk kegiatan operasi penimbangan bergerak.

Dalam dunia industrialisasi saat ini, timbangan pemuatan ini memainkan peran penting dengan memungkinkan penimbangan yang cepat dan efisien saat memuat atau memindahkan material. Hasil yang tepat dikumpulkan dan disimpan dalam memori saldo.

5. Timbangan Hewan

Timbangan hewan membantu menjaga hewan peliharaan kita tetap terjaga dan sehat. Ada berbagai jenis timbangan hewan untuk berbagai jenis hewan.

Timbangan hewan memiliki banyak kegunaan. Timbangan hewan membantu dalam penelitian laboratorium untuk menimbang serangga dan hewan dengan tepat.

Selain itu, timbangan ini digunakan di peternakan untuk mengukur kesehatan hewan. Timbangan ternak secara teratur memeriksa pertumbuhan hewan ternak.

6. Timbangan Derek

Timbangan derek atau crane balance digunakan untuk menimbang beban berat di industri dan pabrik. Mereka idealnya memiliki kapasitas penimbangan 200 ton. Ada berbagai digital dan manual.

Timbangan ini menawarkan penimbangan objek yang lebih besar dengan cepat, efisien, dan akurat untuk forklift dan aplikasi industri.

7. Neraca Analitik

Neraca analitik disebut juga neraca piring. Skala ini digunakan di masa lalu untuk mengukur massa kecil dalam skala sub-miligram yang tepat.

Neraca ini ditutup dengan tutup transparan untuk mencegah aliran udara dan debu menumpuk dan mempengaruhi pengoperasian timbangan.

Timbangan ini memiliki akurasi hingga 0,1 mg atau 0,01 mg dan dapat dengan mudah mendeteksi fluktuasi kecil dalam massa.

8. Timbangan Ritel

Timbangan retail meliputi timbangan makanan, timbangan label, timbangan meja, timbangan cek porsi, dan banyak lagi. Timbangan ini pada dasarnya digunakan untuk menimbang, menghitung harga, dan menagih produk.

9. Timbangan Mikro

Timbangan mikro adalah alat yang digunakan untuk mengukur benda dengan massa rendah (seperti sepersejuta gram). Semua elemen neraca mikro terbuat dari kaca dan baja.

10. Timbangan Bayi

Ini adalah salah satu dari sekian banyak jenis timbangan yang digunakan di rumah sakit. Timbangan ini digunakan untuk memantau pertumbuhan sehat bayi dengan menimbangnya dari waktu ke waktu.

Untuk menghemat waktu, Anda dapat membelinya sendiri dan memantau massa bayi di rumah. Ini juga akan menghemat ratusan dolar dalam biaya medis.

Timbangan bayi terbaik akan membantu Anda mengukur dan mencatat perubahan berat badan bayi secara akurat di rumah tanpa kesulitan.

11. Timbangan Sayur

Para penjual buah dan sayur mempermudah pekerjaannya dengan menggunakan timbangan sayur. Ini bermanfaat bagi penjual dan pelanggan karena menghemat waktu dan energi.

Keterbacaan dimulai dari 0,5 kg dan berlanjut dan memberikan pengukuran yang tepat dari berat buah atau sayuran.

Mereka juga dapat membantu Anda memasak lebih baik dengan mengukur berat bahan-bahannya. Jika Anda mengacaukan piring Anda, Anda harus memperhatikan salah satu jenis timbangan untuk memasak.

12. Pendulum Balance Scale

Timbangan jenis ini tidak menggunakan pegas dan dipengaruhi oleh gravitasi. Ini adalah perangkat di mana beban seimbang dengan pergerakan pendulum dari vertikal ke horizontal.

13. Timbangan Sendok Digital

Ini adalah alat baru untuk mengukur bahan yang tepat di dapur. Muncul dengan layar LED.

Layar keterbacaan memiliki berat mulai 0,1 g, yang memastikan presisi. Ini tahan korosi dan hanya dioperasikan menggunakan tiga tombol.

14. Precision balance

Precision balance adalah timbangan untuk menimbang jumlah hingga jumlah terkecil (hingga satu miligram). Ini adalah skala penting karena mereka mengukur dalam unit terkecil.

15. Timbangan rumah sakit

Timbangan rumah sakit ini adalah untuk dukungan dan perawatan pasien yang terbaik.

Bobot ini diperlukan untuk setiap departemen rumah sakit individu. Berat badan pasien, indeks massa tubuh, kenaikan atau penurunan tergantung pada seberapa tepat timbangan digunakan.

16. Neraca laboratorium

Suatu penelitian membutuhkan perhatian pada detail-detail terkecil. Kesalahan terkecil tidak hanya dapat mengacaukan suatu eksperimen atau percobaan, tetapi juga membahayakan keselamatan Anda. Oleh karena itu, Anda harus sangat teliti dengan volume dan berat.

Timbangan laboratorium digunakan untuk penimbangan bahan kimia dengan presisi mutlak.

Timbangan laboratorium adalah salah satu dari banyak jenis neraca yang digunakan dalam praktek kimia dan dapat mengukur hingga ketelitian 0,01 g.

Leave a Comment