20+ Model Rumah Sangat Sederhana Lengkap Dengan Denah

Model Rumah Sangat Sederhana – Dalam membangun rumah atau bangunan apapun hal yang paling penting dan harus ada adalah denah rumah. Anda bisa melihat model rumah sangat sederhana berbagai ukuran berikut ini yang juga bisa menjadi rekomendasi terbaik untuk menghasilkan bangunan yang sempurna.

Berikut beberapa inspirasi model rumah sangat sederhana yang bisa kalian coba dan mungkin bisa sedikit kalian modifikasi sesuai keinginan dan kebutuhan kalian. Yuk langsung aja.

Model Rumah Sederhana di Kampung

Contoh 1: desain rumah sederhana ukuran 8×10

model rumah sangat sederhana ukuran 8x10
Credit : samhouseplans.com
denah rumah sangat sederhana ukuran 8x10
Credit : samhouseplans.com

Desain denah rumah sederhana ini memiliki Parkir Mobil dan Mini Taman, Ruang Tamu yang nyaman, Ruang Makan untuk bersama, Dapur bersih, 2 Kamar Tidur dan 1 Kamar Mandi yang bersih.

Lihat juga : Inspirasi Desain Rumah Sederhana Tapi Indah Terbaru

Contoh 2 : denah rumah sederhana ukuran 8×12

denah rumah sederhana ukuran 8x12
Credit : houseaffair.blogspot.com

Denah lantai terletak di atas tanah dengan ukuran 8mx12m. cetak biru rumah sederhana ini ada dua kamar tidur dengan ukuran 3mx4m, ruang tamu 5mx3.5m, ruang makan 3mx2.5m, dapur 2.5mx3m, kamar mandi 1.5mx2m, carport 3mx5m, teras, 5mx1.5m.

Ruang makan dan ruang tamu menjadi satu tanpa sekat, sehingga ruangan terkesan luas. di bagian dalam terdapat ruang terbuka kecil atau taman, sehingga cahaya dan sirkulasi udara dapat leluasa sehingga ruangan terasa nyaman dan alami.

teras yang cukup luas bisa digunakan untuk tempat duduk atau menerima tamu, sambil menikmati rindangnya taman dan pepohonan di depan. Semoga denah model rumah sangat sederhana ini bisa bermanfaat.

Contoh 3 : model rumah sangat sederhana ukuran 9×12

model rumah sangat sederhana ukuran 9x12
Credit : Credit : homedesign.samphoas.com
denah rumah sangat sederhana ukuran 9x12
Credit : Credit : homedesign.samphoas.com

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, model rumah sederhana minimalis tidak memerlukan ukuran lahan yang terlalu luas tapi juga tidak sempit. Anda bisa menambahkan beberapa ruangan lainnya di dalam rumah, selama ruangan itu berfungsi dengan baik.

Denah rumah minimalis tidak memerlukan biaya besar, desainnya juga ringkas dan tidak rumit, dan tetap sederhana. Namun, desain rumah minimalis juga akan memberikan kesan modern dan lebih kekinian. Tampilan rumah terasa lapang, nyaman dan enak dilihat.

Contoh 4 : model rumah sangat sederhana ala pedesaan

model rumah sangat sederhana ala pedesaan
Credit : houseplans.com
denah rumah sangat sederhana ala pedesaan
Credit : houseplans.com

Contoh 5 : model rumah minimalis pedesaan Jepang

model rumah minimalis pedesaan Jepang
Credit : Mima Architects
Denah hunian Minimalis Jepang
Credit : Mima Architects

Rumah minimalis berukuran 36 m2 ini terispirasi dari pada rumah tradisional di Jepang yang sangat sederhana. Hunian impian seluas 36 meter persegi ini tidak memerlukan banyak biaya namun memiliki desain yang menawan.

Contoh 6 : model rumah minimalis sangat sederhana

model rumah minimalis sangat sederhana
Credit : pinterest.com

Rumah minimalis type 36 ini memiliki 1 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, dapur, ruang makan dan garasi mobil.

Model Rumah Sederhana Tapi Indah

Ada banyak pilihan desain rumah modern yang bisa Anda jadikan referensi ketika membangun sebuah rumah sederhana. Berbagai gaya dan model rumah sederhana tapi indah yang bisa Anda pilih diantaranya yaitu desain sederhana modern minimalis, desain modern dengan ruang terbuka, desain modern dengan carport dan sebagainya.

Untuk model rumah modern minimalis, cocok untuk rumah yang luas lahannya kurang lebih sama dengan rumah tipe 45. Tanah desain rumah modern ini juga ideal untuk tempat tinggal yang lokasinya di perkotaan. Ukuran bangunan tersebut sangat pas, tidak terlalu luas atau terlalu sempit.

Contoh 1 : model rumah minimalis 2 lantai sederhana

model rumah minimalis 2 lantai sangat sederhana
Credit : Workshop, Diseño y Construcción Architect
Blueprint hunian Minimalis lantai 1 Sederhana
Credit : Workshop, Diseño y Construcción Architect
Blueprint hunian Minimalis lantai 2 Sederhana
Credit : Workshop, Diseño y Construcción Architect

Luas tanah yang hanya 105 meter persegi ini menampung rumah tipe studio yang didesain dengan konsep minimalis sebagai tempat tinggal pemiliknya. Memiliki ruang yang minimalis namun sensasi kelapangan dan kenyamanan tetap terasa.

Denah rumah dengan 1 atau 2 lantai biasanya terdiri dari type rumah tersebut, misalnya rumah lantai 1 dibuat serupa dengan rumah type 21 atau 36. Sedangkan rumah dengan 2 lantai dibuat serupa dengan rumah type 45 atau lebih.

Denah rumah yang dibuat dengan lantai 1 biasanya hanya memiliki 2-3 kamar, sedangkan denah rumah dengan lantai 2 jumlah kamarnya bisa lebih banyak. Misalnya terdapat 3-4 kamar di dalam rumah tersebut, dan di setiap lantainya terdapat kamar.

Contoh 2 : model rumah sederhana Jepang 1 lantai

model rumah sangat sederhana Jepang 1 lantai
Credit : archdaily.com
Denah Rumah Minimalis Jepang 1 Lantai 
Credit : archdaily.com

 

Desain dengan konsep gaya rumah jepang. Ciri khas minimalis tampak pada desain ini. Elemen kayu dan warna putih menjadi ciri khas rumah ini.

Contoh 3 : desain rumah sederhana dari kayu 2 Lantai

desain rumah sederhana dari kayu 2 Lantai
Credit : archdaily.com
sketsa Rumah Minimalis Kayu lantai 1 dan 2
Credit : archdaily.com

Tipe Rumah Sederhana

Denah rumah yang terdiri dari berbagai ukuran tentunya akan disesuaikan lagi dengan permintaan si pemilik rumah. Ukuran apa yang akan dipilih oleh orang tersebut dalam membuat denah rumah dalam pembangunan rumah.

Sesuai dengan namanya, denah rumah yang satu ini memang meliputi berbagai ukuran yang sesuai. Seperti misalnya dengan 2 kamar tidur, 3 kamar tidur, tipe 21, tipe 36, tipe 45, tipe 72, dua tingkat atau dua lantai, dan lain sebagainya. Berikut contoh denah rumah minimalis berbagai ukuran.

Untuk denah rumah type perumahan biasanya dibuat dengan ukuran yang kurang lebih serupa, dimulai dari rumah type 21, 36, 45 sampai 70 dan bahkan ada pula yang ukurannya di atas 70.

Denah rumah type perumahan biasanya dibuat khusus untuk keluarga kecil yang memiliki ukuran rumah tidak terlalu besar atau kecil. Biasanya dibuat dua buah kamar tidur pada denah rumah tersebut. Lain halnya dengan rumah type 45 yang jauh lebih leluasa dari dua type di bawahnya.

Contoh 1 : desain sangat sederhana type 21

desain rumah sangat sederhana type 21
Credit : archdaily.com
Denah hunian Type 21 minimalis
Credit : archdaily.com

Secara umum, type rumah 21 dibuat dengan lebar 3-4 m hingga 4-7 m. Denah persegi panjang berukuran 3×7 m ini disejajarkan dengan titik-titik mata angin dan dibagi lagi menjadi ruangan-ruangan yang lebih kecil. Sebuah koridor menghubungkan ruang-ruang ini tetapi juga sejajar dengan pohon zaitun yang berdekatan yang, dengan demikian, menjadi bagian integral dari tata letak rumah.

Contoh 2 : desain ukuran 6×8 type sederhana

desain rumah ukuran 6x8 type sederhana
Credit : samhouseplans.com
denah rumah minimalis ukuran 6x8
Credit : samhouseplans.com

Rumah ini mempunyai Rumah Satu Lantai, 2 Kamar Tidur, 1 Kamar Mandi, Ruang Tamu Dapur, Ruang Makan, Mesin Cuci, Dilarang Parkir dan menggunakan Rumah bergaya Modern

Model Rumah Sederhana tapi Mewah

Jika dilihat dari namanya, denah rumah yang sederhana tapi memberi kesan mewah ini memiliki denah yang sederhana dan sama seperti denah rumah pada umumnya. Namun rumah ini memiliki kesan mewah yang memikat, dengan desain interiornya yang dibuah mewah.

Misalnya jumlah kamarnya tidak banyak tapi terdiri dari dua lantai dan ada beberapa tambahan ruangan di dalamnya. Jika ingin menambahkan kesan mewah pada sebuah denah rumah, Anda juga bisa menambahkan carport yang ukurannya cukup luas.

Contoh 1 : Sketsa Rumah Modern Minimalis

Sketsa Hunian Modern Minimalis
Credit : thehousedesigners.com
Sketsa Rumah Modern Minimalis lantai 1
Credit : thehousedesigners.com
Sketsa Rumah Modern Minimalis lantai 2
Credit : thehousedesigners.com

Sempurna untuk penduduk perkotaan dan pinggiran kota, denah kontemporer 4 kamar tidur yang menakjubkan ini sama sekali tidak biasa. Penuh dengan gaya tak berujung dan detail tak terlupakan. Lantai pertama dari 2 lantai terdiri dari denah dengan lantai konsep terbuka yang menggabungkan dapur dengan ruang makan bersama.

Ada juga teras tertutup yang bagus untuk bersantai bersama dengan kamar tamu dan kamar mandi pribadi. Terdapat juga garasi untuk 2 mobil.

Contoh 2 : model rumah dengan kolam renang

Denah Rumah Dengan Kolam Renang Desain Minimalis
Credit : theplancollection.com

Apabila di dalam sebuah bangunan rumah terdapat kolam renang, maka ukuran rumah tersebut juga akan lebih luas. Hal itu menyesuaikan ukuran kolam renang yang luas dan lega dengan ukuran keseluruhan rumah tersebut.

Dalam membuat denah rumah ini yang perlu Anda perhatikan adalah ukuran dari kolam renang itu sendiri. Setelah itu barulah Anda bisa menentukan sisa ukuran yang lain dalam membuat ruangan yang lainnya.

Denah Rumah Dengan Kolam Renang lantai 1
Credit : theplancollection.com
Denah Rumah Dengan Kolam Renang lantai 2
Credit : theplancollection.com

Contoh 3 : model rumah ala Kost

Denah Rumah Kost
Credit : archdaily.com

Jika dilihat dari namanya, denah rumah kost ini memiliki ukuran yang kecil karena tak banyak ruangan di dalam rumah tersebut. Kebanyakan ruangan di dalamnya terdiri dari beberapa kamar khusus kost atau kamar untuk para penyewa.

Gaya arsitekturnya juga disesuaikan dengan fungsi atau tujuan dibuatnya rumah tersebut. Anda bisa menentukan kembali bagaimana ukuran kamarnya masing-masing dan tentu saja setiap kamar ukurannya harus sama.
Dari sekian banyak denah rumah dalam berbagai ukuran yang telah diuraikan di atas, Anda bisa memilih denah rumah mana yang cocok dengan bangunan rumah yang akan Anda bangun saat ini.

Sketsa Rumah Kost Lantai 1
Credit : archdaily.com
Sketsa Rumah Kost Lantai 2
Credit : archdaily.com

Contoh 4 : desain rumah minimalis ukuran 6×12

desain rumah minimalis ukuran 6x12
Credit : samhouseplans.com
denah rumah minimalis ukuran 6x12
Credit : samhouseplans.com

Denah Rumah 6 × 12 dengan 3 Kamar Tidur. Rumah ini memiliki Parkir Mobil dan Taman, Ruang Tamu, Ruang Makan, Dapur, 3 Kamar Tidur, 4 Kamar Mandi dan Mesin Cuci

Contoh 5 : denah rumah ukuran 6×15

denah rumah ukuran 6x15
Credit : houseplans-3d.com

Ide desain rumah 6 × 15 dengan 3 kamar tidur dengan luas Tanah 10.00 x 19.00 m. Terdiri dari 3 kamar tidur 3 kamar mandi dan 1 tempat parkir

Contoh 6 : desain rumah ukuran 7×10

desain rumah ukuran 7x10
Credit : samhouseplans.com
denah rumah ukuran 7x10
Credit : samhouseplans.com

Denah Rumah 7 × 10 Meter Memiliki Denah Lantai Dasar Pertama, Parkir 2 Mobil ada di sebelah kanan rumah. Teras masuk yang bagus di depan rumah berukuran 1,5 × 4,5 meter.

Jika kita pergi dari pintu depan, ruang tamu kecil dengan ruang makan 4,5 × 8,5 meter sangat cocok untuk maksimal 8 orang karena rumah ini bagus dan modern. Dapur 2,1 × 4,0 meter, bersih dan indah. Kamar mandi berukuran 1,3 x 2,6 meter. Mesin cuci 1,7 × 1,9 meter, penyimpanan 1,7 × 1,9 meter.

Kamar Tidur Utama berukuran 4,0 × 4,0 meter, memiliki dua jendela kaca besar dengan tempat tidur ukuran queen, meja Rias dan lemari dan kamar mandi berukuran 1,3 x 2,6 meter. Kamar tidur 2 ukuran 4.0 × 3.0 meter.

Contoh 7 : desain rumah minimalis ukuran 7×12

desain rumah minimalis ukuran 7x12
Credit : homedesign.samphoas.com
lantai 1 rumah ukuran 7x12
Credit : homedesign.samphoas.com
lantai 2 rumah ukuran 7x12
Credit : homedesign.samphoas.com

Sebuah desain denah rumah bisa kita tentukan sendiri sesuai keingin kita, begitu juga dalam mendesain konsep interior rumahnya. Denah bisa diartikan sebagai peta dengan ukuran kecil yang menunjukkan detail lokasi atau tata ruang sebuah bangunan. Sebuah denah juga bisa memperlihatkan bagaimana tampilan bangunan tampak atas.

Fungsi utama dari denah rumah adalah untuk memberi kemudahan pada pemilik rumah dalam memperoleh lokasi dan tata ruang bangunan rumah tersebut. Berikut ini beberapa fungsi dan manfaat dari denah rumah:

  • Untuk Mengetahui Susunan Ruang

Fungsi denah lainnya adalah untuk mengetahui susunan masing-masing ruang. Tujuannya adalah untuk menunjukkan tata ruang di dalam rumah tersebut. Maka, pemilik rumah bisa mengetahui bagaimana letak susunan ruangan di dalamnya.

  • Mengetahui Sirkulasi Ruang

Fungsi berikutnya yaitu untuk mengetahui bagaimana sirkulasi setiap ruangan. Hal itu berkaitan dengan arus masuk dan keluar ruangan tersebut. Maka, si pemilik juga mengetahui jalan cepat yang menuju ke suatu ruang.

Itu semua kumpulan desain dan denah rumah minimalis berbagai type, ukuran, dan tampak. Semoga artikel ini bisa menginspirasi dan bermanfaat.

Leave a Comment