7 Merk Cat Lantai Terbaik Anti Licin, Gores, Murah dan Mengkilap

Dibanding menggunakan cat dinding, cat lantai lebih tahan lama karena lantai akan lebih sering terkena gesekan dan noda / kotoran. Merk cat untuk lantai sangat beragam tergantung pada lantai jenis apa yang akan dicat.

Contents

Merk Cat Lantai yang Bagus

1. Dana Paint Upox

Cat ini memiliki daya lekat tinggi, menawarkan gloss finishing, dan dapat diaplikasikan pada lantai kayu dan beton. Salah satu kelebihannya adalah tahan zat kimia sehingga cocok juga untuk lantai pabrik.

Daya sebar cat diklaim sekitar 10-20 m, dapat mengering total setelah 24 jam, kering sentuh sekitar 2 jam saja, dan dengan harga jual sekitar Rp 98.000 berisi 1 Liter cat + 1 kaleng hardener.

2. Puffin Epoxy Multi-Layer

Dijual dengan harga mulai dari Rp 96.800 – Rp 498.000, Puffin Epoxy Multi-Layer sudah berisi cat, thinner, dan hardener.

Meskipun harganya lebih mahal dibanding daftar sebelumnya, namun cat ini lebih multifungsi karena bisa diaplikasikan untuk lantai kamar mandi, garasi, dan juga dapur.

Namun untuk hasil akhir yang maksimal, disarankan untuk menggunakan Primer Epoxy Puffin terlebih dulu. Secara teori, per 1 kg Puffin Epoxy Multi-Layer dapat digunakan untuk area 2 m2.

3. Propan Teknokote

Tidak berbau menyengat, berbahan dasar air, dan anti selip adalah tiga keunggulan Propan Teknokote. Cat ini juga relatif cepat kering dan harganya sekitar Rp 215.000/5 kg.

Salah satu bahan dalam Propan Teknokote adalah dispersi polimer, yang membuat cat memiliki daya rekat kuat sehingga lebih tahan lama.

Namun, merk satu ini khusus diformulasikan untuk lantai lapangan, seperti lapangan tenis, basket, atau badminton (indoor/outdoor). Varian warna yang tersedia termasuk putih, hijau, kuning, abu-abu, dan biru.

4. Propan Multipox MX-99

Cat lantai merk lain yang cocok untuk area dapur dan garasi adalah Propan Multipox MX-99 yang dijual dengan harga sekitar Rp 135.000.

Merk ini tidak mudah rusak karena noda minyak, saos, kecap, garam, solar, oli, dan bahan kimia rumah tangga lainnya.

Cat ini juga tergolong multifungsi karena bisa untuk permukaan besi, beton, GRC, lantai kayu, dan sebagainya.

5. Nippon Paint SportsKote

Pilihan cat lantai lapangan lainnya adalah Nippon Paint SportsKote yang dijual dengan harga sekitar Rp 330.000 untuk isi 5 kg.

Tiga keunggulan cat merk ini adalah tahan gesekan, tahan sinar UV, dan anti jamur. Kering sentuh hanya membutuhkan 30 menit dan kering total sekitar 60 menit.

Namun untuk pengaplikasian layer kedua, disarankan untuk dilakukan setelah sekitar 2 jam setelah cat mongering total.

6. Polyfloor Epoxy

Polyfloor Epoxy memiliki bahan dasar solvent, yang membuat cat lebih tahan terhadap abrasi bahkan untuk tingkat tinggi.

Hasil akhir cat ini adalah glossy namun tidak licin sama sekali, sehingga aman untuk anak-anak. Formula khusus pada cat ini juga membuat noda yang menempel di permukaan lantai lebih mudah dibersihkan.

7. Epotone Pro

Epotone Pro bisa diaplikasikan untuk lantai kayu dan semen atau beton, yang juga cocok untuk benda-benda berbahan logam.

Dibanding merk lain dalam daftar ini, Epotone Pro adalah yang paling murah karena harganya sekitar Rp 90.000 untuk kaleng ukuran 1 kg.

Hasil akhir cat ini adalah mengkilap dengan pilihan warna merah, biru muda, hijau gelap, hitam, putih, cloud grey, tern grey, dan canary yellow.

Jangan khawatir harus menyiapkan banyak dana untuk membongkar lantai yang sudah mulai usang dengan lanai baru karena kini Anda hanya perlu membeli cat lantai yang lebih hemat anggaran.

Jenis-Jenis Cat Lantai

Masing-masing merk cat untuk lantai memiliki formula khusus yang dibuat untuk jenis lantai tertentu. Beberapa jenis cat untuk lantai yang paling banyak dijual adalah sebagai berikut:

Cat Epoxy Lantai

Cat epoxy terbuat dari campuran resin, pengeras poliamin, dan aditif lainnya. Saat bahan-bahan ini dicampur, akan terbentuk reaksi kimia yang memberikan kualitas berbeda pada cat.

Salah satu kualitas terpenting yang dihasilkan reaksi kimia ini adalah stabilitas dan daya tahan. Tidak heran jika cat epoxy dikenal dapat menutup pori dan /atau celah pada lantai serta retakan-retakan.

Cat ini akan menghasilkan tampilan yang elegan, permukaan mengkilap, dan hadir dalam beragam pilihan warna yang menawan.

Cat Lantai Beton

Secara umum, cat jenis ini memiliki daya tahan yang lebih rendah dan kemungkinan besar tidak akan tahan terhadap bahan kimia, kelembaban, lalu lintas pejalan kaki, dan sebagainya jika dibanding cat epoxy tadi.

Tapi jangan khawatir, jika diaplikasikan dengan teknik yang benar, misalnya 2 lapis, maka cat beton juga bisa tahan lama.

Jika ingin tampilan yang selalu bagus, maka cat juga harus diaplikasikan ulang setidaknya setiap satu tahun sekali.

Cat Lantai Pengganti Keramik

Jenis cat ini menjadi salah satu yang paling banyak dipasarkan karena tinggi peminat. Cat ini mampu menyulap lantai keramik yang sudah mulai usang terlihat baru sehingga tampilan rumah kembali indah.

Hasil akhir dari cat ini adalah mengkilap, dan dengan harga yang biasanya termasuk tidak murah namun tentunya dengan kualitas tinggi.

Selain untuk lantai rumah, cat jenis ini juga banyak diaplikasikan di lantai gedung-gedung perkantoran dan juga hotel.

Cat Lantai Kamar Mandi

Jangan menggunakan cat berbahan dasar air untuk lantai kamar mandi, karena cat hanya akan luntur / mengelupas dengan cepat

Cat lateks adalah salah satu jenis cat terbaik untuk lantai kamar mandi, baik untuk lantai motif atau pun polos. Hasil akhir cat jenis ini biasanya adalah high-gloss.

Cat Lantai Garasi Mobil

Secara umum, ada dua jenis cat yang dapat diaplikasikan untuk lantai garasi mobil di rumah, yaitu cat akrilik lateks dan cat epoxy.

Cat lateks adalah pilihan yang lebih hemat anggaran namun lebih cepat rusak dalam jangka waktu pendek. Sedangkan epoxy lebih tahan lama namun dengan harga sedikit lebih mahal.

Leave a Comment