Rak Sepatu Kayu Palet

Rak Sepatu Kayu Palet – Dengan kekuatan maksimal yang dimiliki kayu palet, banyak yang memanfaatkannya sebagai furnitur dalam rumah. Misalnya saja untuk membuat rak sepatu. Membuat rak sepatu sendiri dengan menggunakan kayu palet adalah hal yang bisa dibilang mudah.

Bingung mencari inspirasi desain rak sepatu? Berikut kami kumpulkan beberapa desain rak sepatu dari kayu palet yang bisa kalian contoh

Model Rak Sepatu Kayu Palet

Rak Sepatu Kayu Minimalis

rak sepatu kayu palet minimalis
Sumber: Amazon

Desain minimalis memang identik dengan kombinasi warna putih bersih dan warna kayu yang natural. Kayu palet adalah salah satu bahan kayu yang mempunyai warna kayu natural yang dapat memberikan kesan alami dan simple.

Rak Sepatu Kayu Palet Model Tertutup

rak sepatu kayu palet tertutup
Sumber: fashionpattiserie.blogspot.com

Kayu Gantung

rak sepatu kayu gantung
Sumber: pinterest.com

Rak sepatu kayu diatas bisa menajdi alternatif desain rak sepatu jika kalian ingin lantai bwah tetap bersih. Selain demi kebersihan lantai tetap terjaga, desain rak sepatu gantung ini juga bisa menghemat ruangan rumah anda. Kalian juga masih bisa menaruh beberapa furniture lain dibawah rak sepatu itu seperti pot bunga, meja kecil, atau furniture lainnya.

Rak Sepatu Kayu Palet Minimalis Modern

lemari sepatu minimalis modern
Sumber: fashionpattiserie.blogspot.com

Jangan heran, desain rak sepatu diatas itu terbuat dari bahan kayu palet loh, seperti furniture modern yang berkelas bukan?. Desain rak sepatu tertutup diatas di desain agar tampilan rak sepatu tidak terlihat berantakan dari luar.

Dengan model tertutup ini kesan rapi dan bersih akan tercipta dengan baik. Model rak sepatu kayu palet ini dikombinasikan dengan warna finishing cat kayu yang sedikit rustic. Salah satu sentuhan warna yang klasik namun tetap natural dan elegan.

Rak Sepatu Kayu Sederhana

rak sepatu kayu palet sederhana
Sumber: pinterest.com

Tidak perlu menggunakan cat warna yang mahal untuk menciptakan rak sepatu kayu pallet yang sederhana ini. Cukup dengan warna asli kayu palet lalu kemudian coba kalian susun bertingkat menjadi beberapa tingkat agar bisa memuat banyak sepatu. Letakkan di sudut depan rumah agar terlihat rapi.

Rak Sepatu Kayu Unik

penyimpanan sepatu unik
Sumber: Amazon

Model rak dua tingkat unik ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Meskipun ukurannya tidak terlalu besar, namun rak unik ini bisa menampung hingga 4 pasang sepatu loh. Salah satu ide kreatif yang bisa kalian coba.

Kayu Dinding

model rak dinding
Sumber: pinterest.com

Rak kayu dinding seperti diatas bisa menjadi salah satu model rak sepatu yang hemat tempat dan ruangan. Pasalnya susunan kayu yang mengarah vertikal keatas tidak akan memuat banyak space. Meskipun ruangan kecil namun semua kebutuhan akan penyimpanan sepatu semua terpenuhi.

Rak Kayu Model Jepit

rak sepatu model jepit
Sumber: palletsideas.com

Rak Sepatu Kayu Bekas

rak sepatu kayu bekas
Sumber: patternshub.com

Rak kayu bekas model jepit ini cukup mudah dalam membuatnya. Siapkan beberapa batang kayu palet bekas lalu pasangkan setiap kayu palet dengan disusun bertingkat. Beri penopang di beberapa bagian sebagai penguat rangka. Jika ingin tampilan lebih menyegarkan, kalian bisa melapisi kayu palet jepit ini dengan cat anti gores khusus kayu.

Itu tadi adalah beberapa inspirasi model rak sepatu dari kayu palet yang bisa kalian coba. Dalam mempersiapkan bahan kayu palet untuk membuat rak sepatu tersebut, ada baiknya kalian simak beberapa tips berikut dalam membeli kebutuhan kayu palet untuk furnitur.

Tips Membeli Kayu Palet untuk Furnitur

Dengan keunikan desain dan kekuatan pallet yang sangat baik dalam menahan beban, Anda bisa memanfaatkannya sebagai furnitur yang ada di rumah. Tetapi karena pallet menggunakan bahan kayu bekas, pemilihannya harus dilakukan dengan lebih selektif.

Beberapa tips yang bisa diterapkan apabila ingin membeli pallet sebagai furnitur adalah :

1. Cek Kekuatan dan Keamanannya

Sebagai kayu bekas, tidak menutup kemungkinan bahwa kekuatan pallet mengalami penurunan akibat terlalu sering menahan beban berat. Oleh sebab itu, cek kekuatannya dengan mencoba memberi beban berat atau menekannya saat akan dibeli.

Selain itu, pastikan juga bahwa kayu pallet aman untuk digunakan sebagai furnitur. Jangan sampai ada bagian kayu yang runcing pada sisi tertentu yang bisa melukai pemilik rumah saat digunakan.

2. Pilih yang Tampilannya Masih Baik

Sama dengan membeli barang bekas lainnya, tampilan juga sangat mempengaruhi kualitas. Walaupun saat dicek kekuatan pallet sangat baik, belum tentu kualitasnya bertahan lama.

Jika tampilan pallet tampak usang, berbulu, dan berjamur, bisa jadi pallet mudah rusak hanya dalam beberapa kali pemakaian. Jadi jangan anggap tampilan tidak mempengaruhi kualitas pallet yang akan dibeli.

3. Pastikan Harga Sesuai dengan Kualitas

Setelah dipastikan kekuatan dan tampilan pallet masih baik, langkah terakhir adalah menyeleksi harga yang ditawarkan. Meskipun kualitasnya sangat bagus, bukan berarti harga pallet menjadi sangat mahal. Sebagai barang bekas, kisaran harga pallet masih sangat terjangkau dibandingkan kayu.

Apabila dibandingkan dengan pallet yang kualitasnya buruk, selisih harganya juga tidak terlalu tinggi. Jadi, telitilah dalam membandingkan kisaran harga pallet di pasaran sebelum memutuskan untuk membelinya.

4. Sesuaikan Tampilan Pallet dengan Desain Rumah

Pada umumnya, pallet yang berbahan kayu sangat cocok untuk rumah yang memiliki desain klasik dan natural. Tetapi warna kayu ini masih bisa disesuaikan untuk desain rumah modern ataupun bertema industrial.

Agar penggunaannya tidak memperburuk desain rumah, tampilan pallet yang akan dibeli juga harus disesuaikan dengan dekorasi yang ada dalam rumah.

Harga pallet yang jauh lebih terjangkau dibandingkan bahan furnitur lainnya memang sangat menarik jika dijadikan alternatif untuk dekorasi rumah. Namun, kayu pallet yang akan dijadikan furnitur memang harus dipilih dengan sangat selektif agar bisa bertahan lama di rumah.

Leave a Comment