Pengertian Ruang Terbuka Hijau: Fungsi, Tujuan

Demi menyelamatkan bumi ini, manusia terus bergerak untuk membuat bumi hijau kembali. Upaya yang bisa dilakukan yaitu dengan membuat suatu terobosan baru berupa ruang terbuka hijau. Beberapa orang belum tahu pengertian ruang terbuka hijau sehingga perlu diketahui terlebih dahulu sebelum membahas lainnya.

Contents

Pengertian Ruang Terbuka Hijau

Pengertian ruang terbuka hijau adalah area di dalam kota yang sifatnya terbuka. Ruang hijau perkotaan merupakan komponen dari “infrastruktur hijau”. Ini adalah bagian penting dari ruang terbuka publik dan layanan umum yang disediakan kota dan dapat berfungsi sebagai lingkungan yang meningkatkan kesehatan bagi semua anggota komunitas perkotaan.

Oleh karena itu, perlu untuk memastikan bahwa ruang terbuka hijau publik mudah diakses oleh semua kelompok penduduk dan didistribusikan secara merata di dalam kota. Embel-embel hijau di dalam nama tersebut menandakan bahwa ada tumbuh-tumbuhan yang sengaja ditanam atau tumbuh secara alamiah.

Tampilan dari RTH ini akan membuat pemandangan terlihat semakin menyejukkan mata. Konsep RTH ini banyak diusung pada taman kota agar membuat warganya semakin nyaman berada di tempat tersebut.

Perawatan yang harus dilakukan pada RTH ini harus dilakukan secara intensif agar tanaman yang ada di dalamnya tetap tumbuh dan hidup. Warga yang berkunjung ke wilayah tersebut pun diharap menjaga kebersihannya.

Fungsi Ruang Terbuka Hijau

Ruang terbuka hijau memang dirancang khusus agar tatanan kota menjadi lebih hijau dan mampu memberikan kebaikan yang banyak bagi masyarakatnya. Tak hanya tampilannya saja yang terlihat estetik, beberapa fungsinya pun bisa diketahui dan dirasakan masyarakatnya. Berikut beberapa fungsinya:

1. Ekologi

RTH ini biasanya digunakan sebagai paru-paru sebuah kota. Seperti yang telah diketahui bersama bahwa tanaman hijau mampu menyerap kandungan CO2, menurunkan suhu dengan kesejukannya, meredam kebisingan, dan lainnya. Secara tidak langsung udara yang ada di wilayah ini menjadi lebih sehat dari sebelumnya.

2. Rekreasi

Warga memiliki tempat bermain yang nyaman dengan dibangunnya RTH. Tak hanya itu, anak-anak pun bisa berlarian kesana kemari atau bersepedah. Hal tersebut sangat bermanfaat sekali daripada menghabiskan waktu untuk bermain gadget ataupun menonton televisi.

Tenang saja karena RTH ini disediakan secara gratis. Tempat ini akan ramai dikunjungi oleh warga ketika liburan telah tiba.
Melakukan rekreasi bersama keluarga termasuk bentuk quality time yang sangat recommended sekali. Terlebih, untuk berkunjung ke RTH ini tidak membutuhkan biaya karena termasuk kedalam fasilitas umum yang bebas dinikmati oleh siapapun.

3. Edukasi

Mengetahui pengertian ruang terbuka hijau saja belum cukup karena masyarakat juga harus mengerti manfaat dibuat RTH tersebut, salah satunya sebagai ruang untuk edukasi. Adanya beberapa tanaman bunga dan buah-buahan yang ada di dalam taman tersebut mampu dijadikan sebagai bahan edukasi untuk anak-anak.

Pengelola taman juga bisa mengajak serta anak-anak dalam pengelolaan RTH sehingga mampu memberikan pembelajaran yang baik dan belum tentu didapat di bangku sekolah. Membekali mereka dengan menjaga kelestarian lingkungan sangat penting sekali sebagai bekal di masa mendatang agar peduli lingkungan.

4. Planologi

Perlu adanya sekat untuk memisahkan antara ruang satu dengan lainnya. Fungsi dari RTH juga bisa dijadikan sebagai sekat yang mampu membatasi antar ruang yang ada. Setiap ruang tentu memiliki fungsinya masing-masing sehingga harus dibatasi agar kepentingannya tidak saling terganggu.

5. Estetis

Kehadiran RTH mampu memberi angin segar bagi lingkungan sekitarnya. Tak hanya itu saja, RTH pun mampu memperindah pemukiman warga, sekolah, mall, dan wilayah yang ada disekitarnya.

Cuaca perkotaan yang panas pun bisa diinginkan dengan adanya ruang yang hijau dan terbuka dengan lebarnya ini. Siapapun akan merasa betah ketika berlama-lama di tempat ini.
Pikiran menjadi dingin dan mudah untuk berpikir secara jernih. Berfoto-foto ria pun sangat dianjurkan karena view yang ditampilkan begitu hijau sehingga terlihat cantik ketika ditangkap oleh kamera. Terlebih lagi jika kameranya sangat mendukung untuk selfie.

6. Ekonomis

Tanaman bunga, buah, dan kayu-kayuan yang dikelola pada taman ini tidak hanya menampilkan sisi estetis saja, melainkan juga bernilai ekonomi. Pengelola pun bisa memanfaatkannya untuk dijual kepada para pengunjung yang nantinya menghasilkan keuntungan. Bagaimana, berminat untuk menjual tanaman tersebut?

7. Pelestarian Air Tanah

Wilayah dengan permukaan tanah yang dilengkapi tanaman hijau mampu membuat air tanah menjadi lebih berkualitas. Tak masalah jika musim penghujan tiba karena sudah ada penahannya yang mencegah terjadi banjir. Apabila terjadi musim kemarau, cadangan air yang berkualitas mampu memberi manfaat bagi masyarakat.

8. Arsitektural

Mungkin pengertian ruang terbuka hijau tak asing lagi di telinga. Namun fungsi dari RTH tersebut sebagai salah satu fungsi arsitektural pasti belum banyak yang mengetahui. Keindahan konsep dari RTH mampu membuat kota terlihat lebih indah dan juga sejuk.

Pohon yang ada di tempat ini mampu memberi kesan lembut pada kota yang kaku. Masyarakat pun mengakui bahwa adanya RTH mampu memberi warna tersendiri bagi perkotaan yang begitu ramai.

Suasana yang ditampilkan pun tidak lagi gersang karena tanaman tumbuh subur dan rapi. Kerja keras pengelola untuk mendesain, merealisasikan, serta mengelola wilayah tersebut patut diapresiasi.

9. Ameliorasi Iklim

Pada siang hari, cuaca di perkotaan cenderung sangat panas sehingga banyak orang lebih memilih berdiam diri di rumah dengan menyalakan AC. Hal tersebut tentu sangat miris sekali karena pasti kualitas udaranya buruk.

Adanya tanaman mampu menurunkan suhunya sehingga tidak terlalu panas dan udaranya semakin sejuk. Pada malam hari, RTH ini mampu memberikan kehangatan karena tajuk pohonnya mampu menahan radiasi bali dari bumi. Memang banyak fungsi dari RTH ini sehingga wajar jika setiap daerah membuatnya.

Itulah pengertian ruang terbuka hijau beserta fungsinya yang patut untuk diketahui oleh masyarakat. Beragam fungsi dari RTH ini mampu memberikan dampak yang baik bagi masyarakat sehingga alangkah lebih baik jika diberi dukungan dan membantu perawatannya. Cukup dengan tidak membuang sampah semaunya sendiri.

Leave a Comment