Desain Jendela Rumah Minimalis

Salah satu bagian penting yang tidak boleh diabaikan dalam pembuatan rumah adalah jendela. Selain berperan sebagai ventilasi, jendela juga menjadi pencahayaan alami dalam rumah. Untuk memberikan kesan yang simpel dan elegan, desain jendela rumah minimalis modern cocok jadi pilihan.

Desain Jendela Rumah Minimalis Modern

Ada banyak desain jendela yang bisa diterapkan dalam rumah. Sayangnya, tidak semua model bersifat netral dan bisa diterapkan pada segala jenis rumah. Sebagai pertimbangan sebelum membangun rumah, beberapa jendela minimalis berikut bisa menjadi pilihan yang tepat:

1. Jendela Minimalis Sliding

Model Sliding Window Kaca
Sumber: stegbar.com

Hampir semua tipe rumah saat ini menggunakan jendela geser atau sliding door berbahan kaca. Selain terlihat elegan, aplikasinya juga sangat praktis dan tidak mudah rusak seperti model jendela yang menggunakan engsel.

Jendela geser kaca paling banyak ditemui di rumah minimalis hingga mewah. Pada rumah minimalis, biasanya menggunakan bahan alumunium berukuran standar untuk jendela rumahnya. Sedangkan pada rumah mewah, desain jendela ini berukuran sangat besar dan biasa diletakkan di lantai 2.

2. Jendela Pivot Minimalis

Desain Jendela Minimalis Pivot
Sumber: pinterest.com

Desain jendela yang kedua ini terbilang cukup unik dari cara aplikasinya. Sesuai namanya, jendela putar bisa dibuka dengan cara diputar dari segala arah. Biasanya jendela ini juga dikenal sebagai jendela pivot.

Engsel pada jendela ini berada di tengah daun jendela, sehingga bisa dibuka dari arah kanan ataupun kiri. Sangat cocok diaplikasikan pada rumah minimalis di lantai dua, agar tidak memenuhi ruangan saat dibuka total.

3. Desain Jendela Rumah Transom

Desain Jendela Rumah Transom
Sumber: Houzz

Kalau ingin menggunakan jendela yang sesuai untuk segala desain rumah, maka jendela transom bisa menjadi pilihan. Desain ini memadukan beberapa model dan bentuk dalam satu kesatuan. Perpaduannya juga bisa disesuaikan desain rumah, bisa berbentuk elips, persegi, ataupun bulat.

Peletakannya bergabung dengan jendela lain di bawahnya. Terkadang ada juga yang meletakkannya di atas kerangka pintu. Meskipun praktis dan fleksibel, pemasangan jendela model transom membutuhkan area yang lebih luas.

4. Jendela Single dan Double Hung

Jendela Single dan Double Hung
Sumber: harveybp.com

Di Indonesia pengguna jendela double hung masih sangat terbatas. Namun, bentuk jendela yang menjadi favorit warga Eropa ini juga cocok diaplikasikan pada rumah minimalis. Ciri khasnya terdapat dari cara membukanya yang bisa digeser ke atas atau ke bawah.

Untuk model single hung, bagian yang bisa dibuka hanya salah satu saja. Sementara double hung, bagian atas dan bawahnya sama-sama bisa dibuka serta memberikan ruang terbuka yang lebih banyak.

5. Desain Jendela Rumah Minimalis Model Swing

desain jendela rumah minimalis model swing
Sumber: aradas.lt

Model ini juga termasuk yang paling umum dan bisa digunakan pada segala material jendela. Pada zaman dulu orang menggunakan bahan kayu untuk membuat jendela swing. Namun saat ini, penggunaan bahan kaca akan membuat tampilannya tetap elegan dan modern.

Kekurangan jendela ini adalah sulit diaplikasikan pada rumah yang berdempetan dengan dinding pagar. Karena saat dibuka, jendela swing membutuhkan ruang yang agak lebar sebagai tempat daun jendelanya.

6. Jendela Awning

desain jendela rumah minimalis awning
Sumber: IndiaMART

Jendela awning paling sering digunakan di sekolah tepatnya di ruang kelas. Ciri khas jendela ini terdapat pada posisi engsel yang ada di bagian atas. Sementara bagian bawahnya bisa dibuka dan ditutup.

Jendela awning cukup minimalis, sehingga cocok untuk segala ukuran rumah, termasuk yang ruangannya terbatas. Sayangnya, banyak yang tidak menyukai jendela ini karena area jendela tidak bisa terbuka sepenuhnya, akibat daun jendela bersandar pada penahannya.

7. Jendela Lengkung

jendela lengkung
Sumber: safestyle-windows.co.uk

Sesuai namanya, jendela ini berbentuk melengkung pada bagian atasnya. Model ini sangat banyak ditemui pada jendela rumah zaman kuno. Namun, penggunaannya saat ini masih terlihat menarik dan bisa memberikan kesan romantis.

Jendela melengkung ini sering dipadukan dengan bahan kaca dan aksen garis di bagian tengahnya. Saat ini, desain jendela lengkung digunakan pada rumah yang sudah cukup ventilasi karena model ini tidak bisa dibuka. Fungsinya hanya memberi pencahayaan dan memperindah dekorasi.

8. Jendela Kaca Stationary

Jendela Kaca Stationary
Sumber: pinterest.com

Bagi Anda yang membutuhkan jendela hanya untuk pencahayaan, maka desain ini sangat cocok di aplikasikan di rumah. Sekilas jendela ini terlihat biasa saja dengan beberapa aksen garis di belakangnya.

Padahal, model ini memiliki kelebihan dari penggunaannya yang bisa diletakkan di segala ruangan termasuk bagian sudut. Rumah yang menggunakan konsep kontemporer biasanya memilih model jendela ini sebagai pilihan dekorasi.

9. Jendela Krepyak

jendela krepyak
Sumber: windownesia.com

Jendela krepyak saat ini mulai sedikit peminat. Padahal, pada awal kemunculannya sangat populer dan banyak digunakan kalangan atas. Salah satu faktor kurangnya peminat jendela nako atau krepyak adalah karena perawatannya yang lebih rumit.

Padahal, model jendela ini bisa memberi kesan klasik yang cocok untuk rumah sederhana. Selain itu, jika dirawat dengan baik, tampilannya juga bernilai estetik dari ruas garis yang menjadi penyangganya. Dari segi keamanan, jendela krepyak juga jauh lebih aman dan sulit dibobol.

10. Folding Window

desain jendela rumah minimalis lipat
Sumber: broadviewwindows.com

Penggunaan jendela folding atau lipat banyak ditemukan pada rumah mewah. Biasanya diletakkan pada area yang berbatasan langsung dengan taman ataupun kolam renang.

Ukuran jendela lipat ini sangat besar, sehingga terlihat seperti pintu. Penggunanya juga lebih banyak sebagai pembatas ruangan yang memisahkan halaman dengan ruangan dalam rumah.

11. Jendela Kaca Patri

jendela kaca patri
Sumber: pinterest.com

Sesuai namanya, jendela ini menggunakan kaca patri sebagai daun pintunya. Penggunaannya sebagai jendela rumah memang agak jarang karena ukurannya yang identik besar.

Jendela ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin menggunakan jendela sebagai pencahayaan dan dekorasi yang sifatnya lebih privasi. Motif dan warna kaca patri bisa dipilih sesuai desain yang diinginkan.

Model jendela minimalis akan lebih menarik jika bisa disesuaikan dengan desain rumah yang Anda miliki. Kalau dekorasi rumah terkesan klasik, bisa memilih model jendela yang memberikan kesan klasik. Sebaliknya, pada rumah modern akan lebih tepat dipadukan dengan jendela yang simpel.

Leave a Comment