Apa Itu Kursi? Sejarah, Pengertian, Fungsi, Jenis, Kegunaan

Kursi adalah perabot multifungsi yang selalu kita gunakan dalam kehidupan sehari hari. Kursi telah dikenal sejak Mesir Kuno dan telah tersebar luas di dunia Barat dari Yunani dan Romawi. Mereka umum digunakan di Cina dari abad ke-12 dan digunakan oleh suku Aztec. Di Afrika sub-Sahara, kursi tidak digunakan sebelum diperkenalkan oleh orang Eropa

Contents

Pengertian Kursi

Kursi adalah perabot dengan permukaan terangkat yang digunakan untuk duduk, biasanya digunakan oleh satu orang. Kursi biasanya ditopang oleh empat kaki dan memiliki punggung; Namun, kursi dapat memiliki tiga kaki atau dapat memiliki bentuk yang berbeda tergantung dari jenis dan fungsinya.

Fungsi Kursi

Kursi adalah perabotan yang memiliki fungsi penting. Adapun fungsi dari kursi adalah sebagai alas duduk sehingga penggunanya merasa nyaman. Selain untuk duduk, apa kegunaan kursi yang terbaik? Anda dapat menggunakan kursi Anda sebagai objek dekoratif, objek estetika. Ada kursi cantik yang bisa digunakan hanya sebagai objek untuk dilihat, dan lain sebagainya.

Jenis Jenis Kursi

Secara umum, kursi memiliki empat buah kaki sebagai penyangga dan alas duduknya berbentuk rata. Meski demikian, bentuk dan jenis kursi juga memiliki perbedaan satu sama lain. Berikut penjelasan apa itu kursi berdasarkan jenis-jenisnya:

1. Armchair

Jenis kursi pertama yang sudah banyak diketahui adalah armchair atau disebut juga kursi berlengan. Apa itu kursi berlengan? Diketahui kursi berlengan adalah kursi yang memiliki sandaran di bagian kiri dan kanannya. Fungsinya adalah untuk menyandarkan tangan penggunaannya saat duduk di kursi tersebut supaya lebih nyaman dan tidak pegal.

Kursi yang satu ini sangat mudah ditemui karena sering digunakan oleh banyak orang. Biasanya, kursi berlengan akan diletakkan di ruangan dalam rumah. Selain digunakan untuk bersantai, kursi berlengan juga dapat dipakai di bagian ruang tamu, ruang kerja dan sebagainya.

2. Dining Chair

Berikutnya adalah dining chair atau kursi khusus untuk ruang makan. Dining chair ini memiliki bentuk yang berbeda-beda namun biasanya cenderung simpel, tidak memiliki aksen tambahan yang mencolok. Ada dining chair yang terbuat dari plastik dan ada pula yang terbuat dari logam dan kayu.

Seringkali, kursi untuk ruang makan ini tidak memiliki lengan, lebih ramping dan bobotnya pun lebih ringan. Hal tersebut dikarenakan dapat memudahkan penggunanya untuk menggeser kursi tersebut saat hendak digunakan. Selain itu, kursi yang tidak memiliki lengan juga bisa dimasukkan ke bawah meja saat tidak digunakan. Dengan begitu, ruang makan pun terlihat lebih rapi dan juga lebih luas.

Namun, ada pula dining chair yang memiliki lengan dan desain yang ramai. Tentunya hal tersebut tergantung dari kesukaan masing-masing orang.

3. Office Chair

Selanjutnya adalah penjelasan mengenai apa itu office chair. Diketahui, office chair merupakan kursi kerja. Kursi ini memang didesain secara khusus bagi pekerja yang menghabiskan banyak waktu duduk di depan monitor. Kursi ini memiliki alas duduk yang cukup nyaman dengan bantalan yang empuk. Hal ini dimaksudkan supaya para pekerja tidak kelelahan saat bekerja sambil duduk dalam waktu yang lama.

Selain itu, kursi kerja biasanya juga memiliki kaki dengan tambahan roda sehingga pengguna lebih mudah bergeser. Lalu ada pula pengatur ketinggian yang terbuat dari hidrolik untuk menyesuaikan tinggi masing-masing pekerjanya dan juga meja yang dipakai. Kemudian, ada lagi tambahan senderan yang empuk sehingga punggung pekerja tidak cepat pegal.

4. Wing Chair

Lebih lanjut yaitu wing chair atau kursi bersayap. Kursi ini sebenarnya agak mirip dengan arm chair sebelumnya yakni memiliki tambahan di bagian kanan dan kirinya. Namun bedanya adalah bentuk sandaran tersebut. Wing chair memiliki sandaran tangan berbentuk mirip sayap sehingga lebih besar. Sedangkan arm chair biasanya memiliki sandaran yang datar saja.

Lalu, kursi ini juga memiliki sandaran tinggi yang nyaman digunakan. Dengan demikian, kursi ini seringkali dipakai untuk bersantai. Misalnya saja saat membaca buku di ruangan baca pribadi, atau bagi orang-orang barat seringkali diletakkan di depan perapian untuk menghangatkan diri.

5. Rocking Chair

Apa itu rocking chair? Diketahui, rocking chair adalah kursi yang bisa berayun atau disebut juga dengan kursi goyang. Kursi ini memiliki kaki yang melengkung sehingga dapat digerak-gerakkan penggunanya. Pengguna dapat mengayunkan kursi ke bagian depan dan belakang tanpa takut terjatuh.

Kursi goyang seringkali dipakai oleh orang-orang tua yang ingin duduk bersantai sambil membaca buku ataupun merajut kain tertentu. Meskipun demikian, kursi ini juga bisa dipakai oleh orang yang masih muda untuk keperluan bersantai.

6. Chaise Lounge

Ada lagi kursi yang bisa digunakan untuk bersantai yaitu chaise lounge. Kursi ini memiliki bentuk yang sedikit berbeda dari sebelum-sebelumnya. Biasanya, kursi hanya muat diduduki satu orang saja dan digunakan untuk duduk tegak. Namun, chaise lounge memiliki bentuk yang panjang sehingga pengguna dapat meluruskan punggung serta kaki.

Selain digunakan untuk duduk beristirahat, pengguna juga dapat memakainya sebagai alas tidur. Hal ini dikarenakan chaise lounge bisa dipakai untuk merebahkan tubuh yang telah lelah bekerja seharian. Selain itu desainnya pun disesuaikan menurut tubuh manusia dan kelenturannya.

7. Slipper Chair

Kemudian jenis kursi selanjutnya adalah slipper chair. Kursi ini berbentuk kecil dan memiliki kaki yang pendek mendekati lantai. Adapun fungsi dari slipper chair yaitu untuk diletakkan di kamar pada saat berdandan.

Selain itu, kursi ini juga bisa dipakai saat hendak memakai kaus kaki dan juga sepatu. Dengan demikian, pengguna tidak perlu membungkuk ataupun nongkrong. Kursi ini juga bisa digunakan oleh anak-anak yang belum bisa menjangkau kursi tinggi dan juga orang tua yang kesulitan membungkuk karena rematik atau penyakit lainnya.

8. Club Chair

Diketahui, club chair adalah kursi yang memiliki sandaran lengan dan juga sandaran belakang. Kedua sandaran tersebut memiliki tinggi yang sama sehingga bagian belakangnya terlihat pendek. Kemudian, kursi ini juga dilapisi dengan bahan kulit ataupun kain yang halus. Kursi ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti membaca, menerima tamu dan lainnya.

9.Bar Stool

Jenis kursi lainnya yang harus diketahui adalah bar stool atau kursi bar. Kursi ini memiliki alas duduk yang lebih kecil dibandingkan kursi sebelumnya. Kemudian, bagian kakinya pun lebih panjang dibanding yang lainnya serta terdapat tambahan berupa penumpu kaki. Kursi bar stool biasanya dipakai di kafe ataupun di ruang makan dengan meja yang tinggi.

10. Eames Lounge Chair

Berikutnya yaitu eames lounge chair. Pengertian mengenai apa itu kursi eames lounge adalah kursi yang memiliki ukuran lumayan panjang, berbentuk melengkung dan digunakan untuk bersantai. Selain itu, kursi ini juga dilengkapi dengan sandaran untuk meletakkan kaki.

Itulah penjelasan mengenai apa itu kursi menurut jenis-jenisnya. Tiap-tiap kursi ini tentunya dapat digunakan pada situasi yang berbeda berdasarkan bentuknya. Selain kursi-kursi di atas, tentunya masih ada kursi lainnya misalnya kursi panjang tanpa sandaran yang biasa digunakan di taman ataupun warung, kursi bulat dan sebagainya.

Leave a Comment