Pengertian Snei: Fungsi, Jenis, Perbedaan Dengan Tap

Tap atau snei adalah salah satu alat atau perkakas yang banyak digunakan dalam dunia pertukangan. Biasanya alat ini berhubungan dengan perbaikan pada baut ataupun ulir dalam dan luar yang mengalami masalah.

Contents

Pengertian Snei

Snei adalah alat yang biasanya digunakan untuk membuat ulir di bagian luar baut. Bagian ulir ini sangat penting untuk melakukan proses sambungan pada baut sehingga dua komponen yang terpisah bisa menyatu dengan sempurna.

Sayangnya karena beberapa sebab seperti sering digunakan, terkadang oleh bagian luar pada baut sering mengalami kerusakan. Bentuknya jadi tidak sempurna sehingga bisa mengalami gangguan ketika dipakai.

Untuk memperbaiki biasanya digunakan snei yang memiliki bentuk seperti bulatan baja yang di bagian tengahnya terdapat lubang penuh dengan ulir. Apabila ingin dipakai biasanya baut akan dimasukkan ke dalamnya untuk diproses.

Jenis Snei

Secara umum Snei yang banyak digunakan terdiri dari:

1. Split Die

Seperti namanya, alat ini bisa dipisah menjadi 2 sehingga baut yang nantinya akan diperbaiki bisa langsung dimasukkan ke dalamnya dengan mudah.

Tetapi diperlukan cara khusus untuk bisa memasukkan ke dalamnya. Karena alat ini termasuk sangat kuat sehingga sulit untuk dipakai dengan menggunakan tangan secara kosong.

Biasanya alat ini digunakan oleh para teknisi dengan bantuan mesin atau pengukit. Jadi proses pembuatannya bisa berjalan dengan lebih cepat dan juga mudah. Hasilnya juga akan sempurna dan memiliki aliran luar yang tegas.

2. Solid Die NPT & BSPT

Sedikit berbeda dengan alat yang sebelumnya. Apabila menggunakan alat ini kemungkinan besar bisa dibuat lebih dari satu baut dengan aliran bagian luar.

Artinya dalam satu kali waktu anda bisa membuat atau memperbaiki baut yang mengalami masalah atau kerusakan pada ulir.

Untuk bisa menggunakan material logam yang akan dibentuk, bagian ulir harus dimasukkan dengan sangat kuat. Selanjutnya alat akan diberikan tekanan yang cukup tinggi selama beberapa saat untuk membuat pola uliran.

Untuk bisa membuat pola aliran dibutuhkan alat bantu khusus sehingga tidak bisa dikerjakan secara mandiri oleh tangan manusia. Tetapi pengguna bisa melakukan kontrol dengan baik agar hasilnya sempurna.

3. Hexagon Die Nut

Sebenarnya secara konsep fungsi dari alat ini hampir sama dengan 2 yang sudah dibahas sebelumnya. Alat ini bisa dibuat untuk menciptakan uliran atau memperbaiki uliran yang ada pada berbagai jenis baut.

Perbedaannya hanya terlihat pada bagian sisi luar yang berbentuk hexagonal. Jadi alat ini bisa dipakai untuk memberikan tekanan yang kuat agar hasil dari pembuatan ulir luar bisa berjalan dengan sempurna.

Untuk fungsi lain sebenarnya tidak ada perbedaan yang sangat mendasar. Semuanya membutuhkan kerja sama antara mesin/pengukit dan juga manusia sebagai kontrol.

Pengertian Tap

Tap adalah alat yang digunakan untuk membuat ulir pada bagian dalam dan biasanya dimanfaatkan untuk pembuatan atau memperbaiki mur. Uliran dalam ini nantinya akan bersatu dengan uliran luar sehingga memberikan cengkraman yang sempurna.

Alat ini akan memberikan tekanan pada logam yang berbentuk bulat. Lalu di sisi bagian dalamnya akan dibuat pola sesuai dengan standar atau kebutuhan.

Tap biasanya berbentuk seperti baut panjang yang terdiri dari 3 atau 4 parit. Jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan apakah ulir yang dibuat menjadi agak rapat atau bisa dibuat sedikit renggang.

Perbedaan Tap dan Snei

Perbedaan yang cukup mendasar dari tap dan snei bisa disimak selengkapnya di bawah ini.

1. Bentuk

Perbedaan yang cukup mendasar dari keduanya bisa dilihat dari bentuk. Bentuk dari tap memanjang dan terdapat bagian ulir di bagian permukaannya yang nantinya dipakai untuk memberikan pola di bagian dalam.

Selanjutnya pada snei bentuknya seperti mur yang nantinya digunakan untuk memberikan pola. Bentuk ini mampu untuk memberikan pola. Jadi alat akan disisipkan di bagian dalamnya.

2. Fungsi

Secara fungsi juga terlihat sangat jelas snei dipakai untuk memberikan pola di bagian luar sehingga apabila dipegang terasa bergerigi. Pola ini sangat penting untuk memberikan cengkraman yang kuat ketika disatukan.

Tap juga memiliki fungsi yang sama yaitu memberikan pola. Tetapi polanya pada bagian dalam sehingga tap dan snei memiliki fungsi yang saling berkaitan satu dengan yang lain.

Biasanya teknisi akan memiliki 2 alat ini secara bersamaan. Jadi, mereka bisa menggunakan dua alat ini secara bersamaan.

3. Kemudahan Pakai

Untuk kemudahan cara pakai sebenarnya dua alat ini sama-sama sulit untuk digunakan khususnya mereka yang masih sangat pemula. Kesulitan ini terjadi karena seseorang membutuhkan tenaga yang cukup tinggi untuk melakukan putaran.

Tanpa adanya putaran yang sangat baik, seseorang akan sulit untuk membuat pola dengan sempurna. Bahkan alat yang seharusnya diperbaiki bisa saja mengalami kerusakan yang cukup parah.

4. Kecepatan Hasil

Kecepatan hasil juga dipengaruhi oleh kemampuan seseorang ketika akan melakukan proses pembuatan pola. Selama mereka bisa membuat pola dengan baik, penggunaan snei atau tap sama-sama menghasilkan sesuatu dengan cepat.

Tetapi secara umum pembuatan pola pada Snei kemungkinan besar bisa dilakukan dengan cepat. Jadi, bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

Tap dan snei adalah salah satu alat yang banyak dimanfaatkan untuk membuat suatu konstruksi khususnya pada sambungan. Umumnya alat ini dipakai untuk membuat semacam ulir baik itu untuk ulir luar ataupun ulir dalam.

Selain digunakan untuk melakukan proses pembuatan. Alat ini juga dimanfaatkan untuk kebutuhan lain yaitu memperbaiki berbagai jenis ulir yang biasanya sudah tidak teratur. Jadi setelah diperbaiki bisa berfungsi kembali.

Dua alat ini memiliki jenis yang cukup beragam sehingga sebelum menggunakannya harus memahami tipe terlebih dahulu. Dengan begitu alat bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Leave a Comment