Kelebihan dan Kekurangan Lantai Vinyl

Saat ini dekorasi rumah dan gedung mengalami banyak kemajuan, mulai dari kualitas bahan hingga tampilannya. Salah satu interior ruangan yang cukup modern dan banyak digunakan adalah lantai vinyl. Keberadaan jenis lantai ini membuat sebagian orang meninggalkan lantai keramik.

Apa itu Lantai Vinyl?

Lantai vinyl adalah lantai sintetis berbahan PVC yang digunakan sebagai interior ruangan khususnya pada lantai. Lantai ini bisa digunakan sebagai alternatif pengganti keramik lantai.

Selain mudah dalam pemasangan, daya tahan jenis lantai ini sudah tidak diragukan lagi, ditambah harganya yang tidak terlalu mahal dipasaran.

Bahan ini juga unggul pada permukaannya yang lebih halus dibandingkan bahan lainnya. Inilah yang menyebabkan banyak orang langsung tertarik menggunakannya.

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Vinyl

kelebihan dan kekurangan lantai vinyl
Sumber: flooringinc.com

Sebagai jenis lantai modern yang merupakan hasil olahan pabrik, lantai jenis vinyl tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk membantu Anda mengenal lebih jauh tentang jenis lantai ini, ada beberapa kelebihan dan kelemahan yang harus diketahui sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli, di antaranya:

Kelebihan

1. Daya Tahan Maksimal

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, vinyl adalah jenis lantai yang menggunakan bahan dasar PVC. Bahan ini sangat terkenal daya tahannya, baik terhadap benturan ataupun cuaca ekstrem. Tidak heran jika penggunaannya bisa bertahan sampai belasan tahun.

2. Perawatannya Mudah

Cara perawatannya juga sangat mudah, yakni hanya dipel beberapa kali serta disapu secara rutin. Hal inilah yang membuat vinyl menjadi pilihan banyak orang yang mementingkan kualitas dibandingkan harga.

3. Memiliki Beragam Motif Menarik

Sebagai salah satu lantai yang diproduksi menggunakan mesin pabrik, maka desain dan motif lantai bisa disesuaikan dengan selera konsumen. Jadi, ada banyak motif beragam yang bisa dipilih dari lantai berbahan PVC ini.

Walaupun demikian, pilihan motif yang ditawarkan dari lantai ini tetap bersifat natural dan mirip dengan beragam warna batang kayu yang ada di alam.

4. Harga Ekonomis

Meskipun sekilas harga lantai ini tampak mahal, tetapi jika dilihat dari ketahanannya yang mencapai belasan hingga puluhan tahun, tentu tidak sebanding dengan harganya. Bahkan jika dibandingkan dengan pelapis lantai lainnya, harga vinyl justru terjangkau untuk semua kalangan.

5. Mengganti dan Pemasangan Mudah

Penggunaan vinyl ini juga berguna untuk menjaga lantai di bawahnya tanpa harus merusaknya saat dilapisi vinyl. Dengan demikian, saat vinyl mengalami kerusakan bisa menggunakan lantai dasarnya sementara waktu sebelum membeli yang baru.

6. Permukaannya Halus

Selain unggul dari segi tampilan, lantai jenis vinyl juga unggul dari segi kenyamanannya. Ini dibuktikan dari permukaan lantai yang sangat halus saat dipegang. Namun kesan halus yang ditimbulkan tidak bersifat licin, sehingga penggunanya tetap aman.

Saat digunakan, lantai ini juga sangat nyaman di kaki karena bagian bawah lantai sudah dilapisi dengan busa dan tidak bersifat keras. Ketika seseorang tidak sengaja terbentur lantai, maka tingkat cedera lebih ringan dibandingkan terbentur keramik yang sangat keras.

Kekurangan

1. Gampang Tergores dan Membekas

Memang saat terkena benturan, vinyl tidak gampang hancur atau rusak. Tapi ketika ada benda tajam yang tidak sengaja mengenai vinyl, bisa meninggalkan goresan yang tidak bisa dihilangkan. Akibatnya, lantai yang sudah rusak atau tergores harus diganti dengan yang baru.

2. Gampang Mengelupas

Sebenarnya kekurangan ini jarang terjadi pada lantai jenis vinyl. Namun, kemungkinan lantai mudah mengelupas dan terlepas bisa saja terjadi. Kondisi ini dipengaruhi oleh proses pemasangan yang dilakukan pertama kali.

Oleh sebab itu, pastikan pemasangan lantai dilakukan oleh pekerja profesional. Jangan sekali-kali melakukan pemasangan secara mandiri. Jika proses persiapan dasar lantai tidak maksimal, maka vinyl tidak akan merekat dengan sempurna.

3. Mengandung Bahan Dasar VOC yang Sensitif Bagi Sebagian Orang

VOC atau Volatile Organic Compound adalah unsur kimia yang dikeluarkan oleh bahan PVC dalam kondisi tertentu. Kandungan ini dikenal beracun dan sangat berbahaya bagi mereka yang sensitif dengan zat asing.

Jadi, pastikan terlebih dahulu kalau seluruh penghuni rumah atau gedung tidak ada yang sensitif terhadap kandungan ini. Selain itu, sebisa mungkin untuk melindungi lantai dari zat kimia yang membuat bahan ini bereaksi dan mengeluarkan kandungan racun.

Lihat juga : Rekomendasi Merk Lantai Vinyl Terbaik di Pasaran

Jenis Lantai Vinyl

Jika dilihat dari bentuk dan cara mengaplikasikannya, lantai vinyl bisa dibedakan menjadi 3 jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut adalah bentuk-bentuk vinyl yang digunakan sebagai lantai:

1. Vinyl Roll

vynil roll
Sumber: made-in-china.com

Sesuai namanya, lantai ini dijual dalam bentuk gulungan-gulungan yang cukup lebar. Bahkan sekilas lantai ini mirip seperti karpet, sehingga orang menyebutnya karpet vinyl. Proses pemasangannya jauh lebih mudah karena bisa dipasang sekaligus.

Karpet vinyl banyak dipilih karena motifnya sangat beragam. Biasanya dijual dengan harga setiap meternya, sehingga Anda bisa membeli dengan segala ukuran sesuai kebutuhan.

2. Vinyl Tile

vinyl tile
Sumber: thisoldhouse.com

Bentuk lantai yang satu ini sama dengan lantai keramik pada umumnya, yakni potongan persegi kecil-kecil. Ukurannya juga sama dengan keramik biasanya, yakni berkisar antara 25 cm sampai 30 cm.

Vinyl model ini bisa menjadi pilihan alternatif bagi mereka yang suka dengan model lantai keramik, tapi menginginkan ketahanan yang lebih maksimal. Sayangnya, proses pemasangannya jauh lebih lama dibandingkan menggunakan vinyl bentuk roll.

3. Vinyl Plank

vinyl plank
Sumber: flooringamerica.com

Vinyl plank biasanya menjadi pilihan bagi mereka yang menginginkan lantai parket dengan ketahanan yang lebih baik. Hal ini disebabkan karena bentuk lantai menyerupai parket kayu yang berupa persegi panjang.

Namun, pilihan motif lantai tidak semuanya berwarna kayu. Ada beragam motif lain yang bisa dipilih sesuai selera. Kisaran ukuran lantai jenis vinyl plank ini berkisar 15 cm x 91 cm atau lebih. Sementara tebalnya bisa mencapai 2 mm.

Demi meningkatkan kenyamanan dan nilai estetika di rumah, tidak ada salahnya mencoba jenis lantai ini untuk melapisi lantai rumah. Untuk menyesuaikan budget yang dimiliki, Anda bisa memilih jenis vinyl yang paling terjangkau dan sesuai kebutuhan.

Leave a Comment