Desain Cafe Lesehan

Ide bisnis cafe memang masih menjadi primadona saat ini. Banyak dari pebisnis muda yang mencoba membuka cafe dengan berbagai macam konsep. Salah satunya adalah desain cafe lesehan. Desain ini banyak diminati pengunjung karena mereka dapat duduk santai.

Jika Anda juga salah satu orang yang ingin membuka cafe dengan konsep lesehan, mungkin beberapa contoh dibawah ini bisa menjadi referensi. Pemilihanya bisa disesuaikan dengan lokasi, pangsa pasar, dan juga target yang hendak dicapai.

Contoh Desain Cafe Lesehan

1. Desain Sederhana

desain cafe lesehan sederhana
Sumber: TripAdvisor

Konsep sederhana benar-benar tergambar dari desain cafe yang satu ini. ruangan yang masih luas dibuat petak-petak kecil dengan menggunakan sekat dari anyaman bambu atau ukiran kayu. Bagian atas masing-masing petak diberikan penutup dari kayu atau bambu batangan.

Di dalam petak terdapat meja kecil dan beberapa bantal sebagai alas duduk. Agar tampak lebih menarik, gantungan lampu hias yang berbentuk kerucut dari anyaman rotan. Lesehan ini cocok untuk pengunjung yang ingin lebih privat.

2. Desain Kekinian

desain cafe lesehan kekinian
Sumber: pinterest.com

Cafe lesehan bukan berarti tampak jadul dan kuno. Saat ini sudah mulai banyak berkembang cafe kekinian dengan konsep lesehan. Contohnya adalah cafe kekinian ini. Area lesehan ditempatkan di sebuah panggung sehingga lebih tinggi dari lantai bawah.

Pelengkapnya adalah meja dan juga busa sebagai alas duduk. Tanaman gantung minimalis dengan model panjang bisa menjadi tambahan ornamen yang unik. Di bagian dinding dibuat jendela besar memanjang agar ruangan lebih terang. Dominan warna putih pada dinding menyatu dengan lantai motif kayu.

3. Model Saung

lesehan model saung
Sumber: yourbandung.com

Cafe dengan konsep saung ini juga tidak kalah menarik. Saung dibuat dari bahan dasar bambu, baik untuk alas, dinding hingga atapnya. Agar pengunjung semakin tertarik, Anda bisa membuat kolam dibagian bawah saung. Berikan ikan hias agar pengunjung dapat bermain-main dengan ikan.

4. Desain Cafe Lesehan Minimalis Modern

desain cafe lesehan minimalis
Sumber: opentable.com

Beberapa pebisnis memilih mengusung konsep lesehan karena lebih praktis. Lesehan ini juga bisa menampung orang yang lebih banyak dibanding model kursi. Tempatnya lebih fleksibel dan tidak terbatas pada ketersediaan kursi.

Konsep lesehan minimalis modern ini membuat cafe lebih rapi. Sekat antar kotak menggunakan anyaman bambu. Untuk memberikan nuansa romantis, pilihlah lampu gantung berbentuk tabung dengan sinar warna putih.

5. Desain Cafe Lesehan Outdoor

desain cafe lesehan konsep taman
Sumber: pinterest.com

Cafe dengan konsep ini sedang banyak digandrungi para pemilik cafe. Memanfaatkan area terbuka menjadi sebuah taman yang diberikan tikar atau alas sebagai tempat duduk. Bisa juga menggunakan rumput sintetis dan beberapa tanaman di sekelilingnya.

Tempatkan beberapa alas duduk yang dilengkapi dengan meja pendek. Anda bisa juga memberikan bantal duduk atau bean bag yang sedang hits. Untaian lampu hias bisa dipasang di dinding cafe dengan memilih lampu dengan warna kuning temaram.

6. Konsep Unik

desain cafe lesehan unik
Sumber: shelterness.com

Model cafe ini sangat unik dan lain dari biasanya. Setiap ruangan dibuat dengan lantai kayu lesehan. Pada bagian dinding yang menghadap ke luar, dibuat bukaan dengan hiasan tirai yang bermotif. Alas untuk duduk dibuat agak tinggi dari lantai seperti panggung ditambahkan dengan bantal bantal bermotif.

Bagian dinding dan lantai menggunakan kombinasi warna dengan motif kayu. Tempatkan meja persrgi panjang dan bantalan duduk mengelilinginya. Bagian luar cafe lebih sejuk jika dibuat taman dengan tanaman hijaunya.

7. Desain Cafe Lesehan Model Rumah Jepang

desain cafe lesehan model jepang
Sumber: pinterest.com

Seperti yang kita tahu bahwa sebagian besar rumah di Jepang menggunakan konsep lesehan. Konsep inilah yang diusung pada pembuatan cafe ini. Dengan interior yang dibuat hampir mirip dengan rumah asli Jepang, membuat tampilan cafe ini menjadi lebih unik.

Antar pengunjung tidak diberikan sekat pembatas. Hanya disediakan beberapa meja dan bantalan duduk. Pintu cafe menggunakan model geser seperti rumah Jepang pada umumnya. Dinding berwarna putih tanpa tambahan ornamen yang mencolok.

8. Konsep Instagramable

desain cafe lesehan instagramable
Sumber: pinterest.com

Konsep instagramable menjadi magnet yang kuat untuk menarik pengunjung agar datang ke cafe yang Anda kelola. Cukup simpel saja dengan menutup seluruh dinding dan lantai menggunakan karpet warna hijau seperti rumput.

Pada bagian langit-langit digantungkan beberapa pot tanaman yang menjuntai ke bawah. Untuk tempat duduk menggunakan beanbag berwarna cerah agar lebih mencolok dibandingkan dengan tembok, ujung dinding dibuat bentuk setengah lingkaran dan diberi kaca sebagai akses melihat ke luar cafe.

9. Model Warung Kopi

desain cafe lesehan warung kopi
Sumber: indomedia.com

Nongkrong di warung kopi menjadi pilihan asyik yang bikin betah. Konsep warung kopi bisa juga diterapkan untuk cafe Anda. Meja bar ditempatkan di ujung cafe paling dalam. Bagian depannya dibuat panggung yang tidak terlalu tinggi.

Antar panggung digunakan sebagai akses jalan untuk menuju meja order. Pada masing-masing disediakan meja dari bambu dengan ukuran pendek. Alas duduk menggunakan busa panjang. Dinding cafe diberikan aksesoris papan kayu dengan ketinggian sekitar 1-1,5 m.

10. Konsep Modern Minimalis

lesehan modern minimalis
Sumber: pinterest.com

Jika Anda memiliki modal yang cukup bisa mengadopsi konsep cafe modern minimalis ini. Ruangan didesain dengan perabotan modern. Area lesehan menggunakan karpet berwarna putih berish, sebagai alas duduk menggunakan sofa lesehan berwarna coklat.

Meja dibuat menggunakan material kayu yang menyatu dengan pagar di sisi luar area lesehan. Di bagian langit-langit terlihat luas bersih dan lega. Untuk memisahkan area lesehan dalam dan luar menggunakan sekat kaca transparan.

11. Desain Pagar Kayu

lesehan pagar kayu
Sumber: pinterest.com

Konsep ini sangat cantik. Pilihan warna untuk furniture dan interiornya sangat pas. Ruang cafe ini terbagi menjadi dua bagian. Pada area lesehan, dibuat kotak-kotak yang dipisahkan menggunakan pagar dari kayu.

Pada masing-masing kotak terdapat meja panjang dan bantal duduk dengan warna senada. Dinding area lesehan dibuat graffiti atau tempatkan lukisan berukuran besar dengan gambar alam. Sedangkan sisi dinding yang lain cukup di cat putih saja.

Desain cafe lesehan sebenarnya masih bisa dikembangkan menjadi banyak model lainnya. Namun setidaknya beberapa contoh diatas mampu memberikan gambaran akan konsep cafe yang akan dibuat.

Leave a Comment