Interior Kantor: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Contoh, Unsur Penataan

Penelitian menunjukkan bahwa pakaian yang Anda kenakan benar-benar mengubah cara Anda bertindak. Hal yang sama berlaku di tempat kerja kita, karena kita menghabiskan hampir sepertiga dari hidup kita bekerja di sana.

Meskipun budaya kantor memainkan peran penting dalam menciptakan lingkungan yang baik, hal itu tidak dapat diubah dalam waktu singkat. Solusi yang lebih mudah adalah menciptakan lingkungan kerja yang ideal dengan mendirikan kantor dengan desain interior yang baik.

Sebelum lebih jauh, sebenarnya apa yang dimaksud interior kantor? apa saja fungsi interior kantor? Mengapa kantor perlu merancang interior kantor dengan baik? dan bagaimana prosedur penataan interior kantor? mari kita ulas semuanya.

Pengertian Interior Kantor

Interior Kantor adalah segala macam elemen yang mempunyai fungsi untuk mendekorasi ruang kantor, guna menciptakan ruangan yang serasi dan enak dipandang, serta ruangan yang menyenangkan, nyaman dan menyemangati untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

Fungsi Interior Kantor

Meningkatkan Produktivitas

Salah satu alasan utama perusahaan cenderung beralih ke profesional untuk mendesain ulang kantor adalah dorongan yang dapat mereka berikan untuk produktivitas mereka.

Baik itu furnitur ergonomis atau peningkatan efisiensi melalui solusi penyimpanan baru, ruang kantor yang tertata rapi telah terbukti dapat mempercepat waktu kerja berkali-kali.

Semakin banyak ruang Anda dapat bekerja bersama dengan staf Anda, dan tidak bertentangan dengan mereka, semakin produktif bisnis Anda. Beberapa proyek paling menonjol terjadi di Auckland dan Wellington.

Mengurangi tingkat stress

Selain meningkatkan produktivitas, kantor yang nyaman dan mengurangi stres juga akan membuat karyawan lebih bahagia. Ini memiliki manfaat selain meningkatkan produksi tenaga kerja, seperti mengurangi pergantian karyawan dan menumbuhkan loyalitas dengan staf Anda.

Ini adalah cara yang bagus untuk mengembangkan merek Anda karena staf yang bahagia lebih cenderung terlibat dengan merek Anda dan menjadi duta merek di luar tempat kerja.

Penggunaan lahan yang efisien

Banyak kantor meremehkan ruang lantai mereka, hampir tidak menyadari potensi yang dapat mereka miliki jika mereka hanya memindahkan beberapa elemen / dinding atau furnitur utama. Meskipun tidak selalu semudah itu, laba atas investasi dari keuntungan ini bisa sangat besar, bergantung pada ruang yang dipermasalahkan.

Interior Desainer memahami bagaimana ruang dan cahaya bekerja pada tingkat teknis yang dalam, dan kami dapat mengidentifikasi cara untuk menyempurnakan kantor Anda yang mungkin tidak Anda sadari.

Meningkatkan citra merek / brand

Penampilan sebuah perusahaan sangat penting dan terkadang diremehkan. Estetika yang Anda pilih untuk mewakili diri Anda sendiri mengirimkan pesan tidak hanya kepada pelanggan Anda, tetapi juga kepada karyawan Anda. Elemen desain yang Anda prioritaskan dapat berdampak besar pada jenis budaya internal yang akhirnya dikembangkan kantor Anda.

Tujuan Interior Kantor

Memberikan kenyamanan karyawan

Karyawan cenderung menghabiskan lebih banyak waktu di kantor daripada di rumah. Dengan pemikiran ini, masuk akal bahwa kantor yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan semangat kerja, produktivitas, efisiensi, dan sikap keseluruhan karyawan di rumah.

Idenya adalah membuat kantor menjadi tempat yang mereka inginkan, bukan di tempat yang seharusnya.

Memberikan kesan baik kepada tamu / klien

Kedatangan tamu atau klien bisnis juga bisa menerima pesan / kesan dari desain interior kantor. Jika sebuah kantor terlihat berantakan, ketinggalan zaman, dan dirancang dengan buruk, tamu ataupun klien mungkin juga akan berpikiran sama tentang bisnis tersebut.

Di sisi lain, desain interior kantor yang dirancang dengan bagus dan dipikirkan dengan baik akan memberi tahu orang-orang tentang merek / brand, apa artinya, tingkat kesuksesannya, dan tingkat kepercayaan dalam bisnis.

Dalam pengertian ini, desain interior kantor mirip dengan gambaran kesuksesan suatu perusahaan.

Mengenalkan Identitas Bisnis

Desain kantor juga menunjukkan jenis bisnisnya. Misalnya, kantor pengacara bisa tampil lebih canggih dan profesional dengan warna lebih gelap dan garis lurus, sedangkan kantor desain grafis bisa lebih asyik dan kreatif dengan warna dan desain cerah.

Ini merupakan faktor penting untuk dipertimbangkan karena menunjukkan fungsi dan tujuan bisnis.

Memberikan Potensi yang lebih besar untuk menarik pelanggan baru

Memiliki reputasi untuk kantor yang bersih dan elegan merupakan aset besar bagi bisnis. Dari mulut ke mulut adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan daya tarik, dan mendorong ruang yang Anda banggakan adalah investasi yang efisien, Anda tidak hanya mendedikasikan sumber daya untuk meningkatkan produktivitas Anda sendiri dan memberi kembali kepada karyawan Anda, Anda juga juga memberikan peluang pemasaran.

Unsur-unsur Penataan Interior Kantor

Unsur pencahayaan

Desain pencahayaan memainkan peran penting dalam desain interior kantor. Terlepas dari jenis tata letak yang Anda pilih, pastikan mereka memasang sistem pencahayaan yang tepat di kantor Anda.

Pencahayaan mendefinisikan suasana kantor. Jadi pilihlah dengan hati-hati. Pencahayaan yang tepat dapat membuat karyawan Anda merasa nyaman untuk bekerja.
Temukan perusahaan desain interior kantor profesional yang dapat memberi Anda pencahayaan hemat biaya.

Pilih pencahayaan berdasarkan desain interior kantor lainnya untuk menghindari ketegangan mata. Penggunaan bola lampu hemat energi juga disarankan. Menggunakan sumber daya pencahayaan yang murah bisa sangat bermanfaat bagi Anda.

Unsur warna pada dinding kantor

Warna dinding adalah bagian penting dari desain interior kantor. Pilih warna yang bisa menambah kilau ruangan.

Beberapa warna yang bisa Anda pilih untuk dinding kantor adalah biru pucat, hijau lembut, krem, dll. Ini adalah warna yang sangat halus dan dapat menciptakan lingkungan kerja yang baik. Gunakan foto atau karya seni yang berani untuk mempercantik tampilan dinding.

Unsur penataan barang / perabot

Rancang interior kantor Anda dengan sistem rak yang tepat. Rak yang tepat sangat penting untuk menempatkan buku atau jenis barang dekoratif apa pun.

Anda juga dapat mengatur keranjang penyimpanan di kantor Anda untuk menyimpan barang-barang yang membuat kekacauan. Jika printer dan mesin faks digunakan, buat rak yang sesuai.

Unsur pemilihan furnitur yang ergonomis

Pemilihan furnitur ergonomis sangatlah penting. Pastikan area tempat duduk di kantor jauh dari ruang kerja.

Di area tempat duduk Anda dapat menempatkan meja, sofa, meja, kursi, dll. Buat workstation yang diperlukan untuk pekerjaan komputer dan atur alat utama.

Pemilihan meja harus didasarkan pada kebutuhan karyawan Anda. Untuk memenuhi persyaratan khusus, Anda juga dapat menyesuaikan ketinggian kursi dan meja.

Pilih kursi dan meja yang dapat memberikan tampilan profesional pada kantor Anda. Pilih kursi ergonomis untuk meningkatkan tampilan ruangan secara keseluruhan.

Unsur tanaman dalam ruangan

Dekorasi kantor tidak lengkap tanpa tanaman. Tanaman umumnya mendinginkan udara dan mencerminkan penampilan yang lembut.

Penggunaan tanaman tahan sangat disarankan karena dapat tumbuh di dalam ruangan dengan cara dibilas dengan benar. Desain interior kantor tidak lengkap tanpa kehadiran tanaman, jadi jangan abaikan aspek ini.

Contoh Perabot Interior Kantor

  • Kursi
  • Meja staf
  • Meja Resepsionis
  • Meja Rapat
  • Rak buku
  • Loker
  • Lemari Arsip

Prosedur Penataan Interior Kantor

Desain kantor sangat penting bagi karyawan dan klien. Bagi karyawan yang menghabiskan sebagian besar waktunya di kantor, menciptakan ruang yang fungsional, menarik secara visual, nyaman, dan mengundang sangat penting, yang semuanya mendorong produktivitas dan efisiensi.

Untuk klien, desain kantor menentukan nada untuk bisnis dan menceritakan kisah tentang branding, profesionalisme, dan kesuksesan.

Mirip dengan desain berbasis bukti dalam pengaturan perawatan kesehatan, desain interior, terlepas dari lokasinya, memengaruhi suasana hati, sikap, inspirasi, momentum, dan segala sesuatu di antaranya.

Itulah mengapa membangun ruang yang kondusif bagi pemilik, karyawan, dan klien tidak lagi dianggap sebagai kemewahan, tetapi sudah menjadi kebutuhan.

Leave a Comment