6 Merk Cat Minyak untuk Tembok dan Cara Mengaplikasikannya

Ada banyak merk cat minyak untuk tembok di pasaran, dengan pilihan warna dan harga yang juga beragam. Cara pengaplikasiannya juga sedikit berbeda dari cat tembok biasa.

Contents

Rekomendasi Merk Cat Minyak untuk Tembok

Ada banyak sekali merk cat minyak yang bisa dibeli, termasuk dengan harga yang sangat murah. Tapi jika ingin mendapat kualitas terbaik, beberapa merk yang paling banyak direkomendasikan adalah berikut ini:

1. Cat Minyak Dulux V Gloss

Ada banyak pilihan warna menarik yang ditawarkan Dulux V Gloss, termasuk papillion red, old coral, golden brown, sunshine canary, apple grove, vermillion, victoria garden, dan banyak lagi.

Merk ini dipasarkan dengan ukuran kaleng 1 kg, dengan harga sekitar Rp 45.000, yang bisa digunakan untuk 12 m2 dan diklaim dapat mengering hanya dalam 2-3 jam dengan hasil akhir mengkilap.

2. Cat Minyak Avian High Gloss Enamell

Cat berkualitas tinggi berikutnya adalah Avian High Gloss Enamel yang dijual dengan harga sekitar Rp 55.000 untuk kaleng berukuran 1 kg.

Merk ini dikenal cepat kering dan memiliki daya tutup maksimal yang tahan cuaca dan dengan hasil akhir glossy alias mengkilap.

Tapi, hasil akhir maksimal dari merk ini hanya dapat diperoleh jika digunakan bersama Avian 5-10% Thinner Enamel. Selain untuk tembok, cat ini juga bagus untuk permukaan besi dan kayu.

3. Cat Minyak Avitex

Dua keistimewaan utama dari cat merk ini adalah memiliki tingkat ketahanan yang bagus sehingga warnanya tidak cepat pudar, dan cat yang diaplikasikan akan cepat kering.

Menurut keterangan dari situs resminya, cat Avitex akan mengering hanya dalam 60 menit, sehingga lapisan kedua bisa cepat diaplikasikan.

4. Cat Minyak Ftalit Synthetic Super Gloss Enamel

Sesuai namanya, yaitu Super Gloss, merk cat minyak yang satu ini memang akan memiliki hasil akhir yang sangat mengkilap.

Ada banyak pilihan warna yang tersedia mulai dari warna kayu gelap, coklat kemerahan, berbagai macam warna abu-abu, krem, dan banyak lagi. Ukuran yang tersedia adalah 1 kg dengan harga sekitar Rp 55.000.

5. Cat Minyak Propan Aqua Primtop APT-90 WB

Cat ini dibuat untuk permukaan besi agar memiliki warna yang lebih indah dan tidak mudah berkarat, tapi juga dapat diaplikasikan untuk permukaan tembok yang sebelumnya sudah dilapisi cat tembok biasa.

Meskipun acrylic water based, namun cat ini diklaim cepat kering dan bahkan memiliki daya rekat yang kuat. Merk ini juga dikenal ramah lingkungan karena tidak mengandung VOC.

Tidak heran jika merk ini dijual dengan harga lebih mahal dibanding beberapa merk lain yaitu sekitar Rp 93.000 per 1 kg.

6. Nippon Paint Vinilex

Cat ini dapat diaplikasikan untuk dalam dan luar ruangan, langit-langit, permukaan batako, mortar, dan juga papan kayu.

Kaleng ukuran 1 kg dari merk ini dapat digunakan untuk permukaan sekitar 10 m2, yang diklaim dapat mengering hanya dalam 15 menit untuk 1 lapisan.

Harganya sendiri sekitar Rp 30.000 dan memiliki hasil akhir matt, tidak mudah berjamur, anti pudar, dan tahan terhadap noda.

Cara Mengaplikasikan Cat Minyak untuk Tembok

Mengetahui beberapa merk cat minyak untuk tembok saja ternyata tidak cukup, karena hasil akhir yang bagus juga sangat dipengaruhi dengan cara pengaplikasiannya.

Secara keseluruhan cara mengaplikasikannya mirip seperti saat mengecat tembok dengan cat biasa, tapi ada beberapa poin tambahan penting yang perlu diperhatikan seperti berikut:

1. Bersihkan Tembok

Setelah membeli warna cat yang diinginkan dan menyiapkan berbagai peralatan yang dibutuhkan, seperti kuas, roll, wada, dan sudah menutup permukaan lantai, sekarang bersihkan dulu tembok yang akan dicat.

Pastikan tembok bersih dari jamur dan noda lain apapun serta sebisa mungkin ratakan permukaan tembok agar hasil akhir dari cat bisa bagus.

Cara membersihkannya bisa dengan dikerok atau dikelupas, lalu bisa menggunakan amplas untuk meratakan permukaan, dan jika ada tembok yang sudah berlubang, sebaiknya ditambal terlebih dahulu.

2. Aplikasikan Plamir

Plamir adalah material pelapis tembok berwarna putih kental yang terbuat dari campuran air, lem, dan kalsium.

Fungsi utama dari plamir adalah menutupi pori atau celah pada tembok sehingga permukaannya menjadi lebih rata, sekaligus menutup permukaan tembok dari warna cat yang lama.

Jadi bisa dibilang juga jika plamir adalah penghapus dari warna cat tembok lama agar tembok bisa diberi cat warna baru dengan hasil lebih sempurna.

Meskipun plamir sangat berguna, tapi pastikan untuk hanya menggunakannya seminimal / sesedikit mungkin. Mengapa?

Karena menggunakan banyak plamir pada tembok akan membuat daya rekat dari cat minyak menjadi berkurang, jadi nantinya cat akan lebih mudah mengelupas alias tidak tahan lama / awet.

3. Aplikasikan Cat Biasa

Setelah plamir mengering sempurna, jangan langsung mengaplikasikan cat minyak, tapi aplikasikan terlebih dulu cat tembok biasa sehingga cat minyak tidak bersentuhan langsung dengan plamir.

Selain itu, cat biasa ini juga berfungsi untuk memberikan warna dasar pada tembok, jadi nantinya warna cat minyak bisa rata sempurna. Warna dasar ini sebaiknya putih bersih, dan jangan terlalu encer.

4. Aplikasikan Cat Minyak

Pastikan bahwa seluruh permukaan tembok sudah kering sempurna sebelum akhirnya mengaplikasikan cat minyak.

Lalu saat proses mengecat, sebaiknya gunakan roll daripada kuas, karena hasilnya bisa lebih rata dan rapi. Prosesnya juga lebih cepat.

Kuas bisa digunakan hanya untuk bagian ujung atau tepi yang susah dijangkau oleh roll. Pengecatan bisa berhenti pada tahap ini jika dirasa warnanya memang sudah bagus.

Tapi jika ingin warna yang tidak cepat pudar, maka bisa mengaplikasikan lapisan kedua setelah lapisan pertama kering sempurna.

Pastikan hanya menggunakan merk cat minyak untuk tembok yang berkualitas seperti daftar di atas agar tampilan dinding tetap bagus meskipun sudah bertahun-tahun. Aplikasikan juga dengan cara yang benar.

Leave a Comment