Apa Itu Welder? Tugas, Tanggung Jawab, Kualifikasi, Gaji

Welder adalah jenis pekerjaan yang barangkali masih dianggap sepele bagi sebagian orang. Padahal menjadi seorang welder bisa berpeluang mendapatkan penghasilan tinggi.

Terlebih jika seorang welder bisa bekerja secara profesional dan telah mempunyai sertifikat pendukung yang bagus. Jadi, jangan pernah lagi menganggap sepele dari pekerjaan ini.

Welder akan selalu dibutuhkan dalam pembuatan konstruksi bangunan. Keterampilan yang dimiliki oleh pekerjaan ini akan sangat bermanfaat untuk pembangunan tertentu.

Terutama untuk pembangunan gedung-gedung pencakar langit. Welder akan menjadi semacam profesi yang sangat dibutuhkan.

Pengertian Welder

Welder adalah sebuah pekerjaan yang mempunyai keahlian khusus dalam hal pengelasan maupun menyambung benda yang terbuat dari aluminium, baja, besi maupun jenis logam lainnya.

Pada bidang industri, welder lebih dikenal sebagai juru las atau tukang las yang harus mempunyai keahlian khusus guna melakukan profesinya tersebut.

Bahkan juru las perlu mempunyai sertifikat yang berstandar baik itu AWS maupun ASME. Dengan adanya sertifikat tersebut, maka seorang welder bisa mendapatkan penghasilan yang banyak.

Dengan demikian, maka profesi ini tidak boleh dianggap sepele. Walaupun terkesan mudah, akan tetapi perlu keahlian khusus untuk melakoni pekerjaan ini.

Kualifikasi Welder

Welder adalah profesi yang tidak boleh diremehkan begitu saja. Untuk menjadi seorang welder, maka dibutuhkan kemampuan sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan.

Dengan demikian, maka welder bisa mendapatkan umpan balik yang menguntungkan dari pekerjaannya tersebut. Beberapa kualifikasi welder diantaranya:

1. Kualifikasi yang Dilihat Berdasarkan Kelas

Jika dilihat berdasarkan kelas yang diberikan oleh Kemenaker R1, maka kualifikasi seorang welder dapat diklasifikasikan ke dalam tiga kelompok yaitu:

Welder Kelas 1

Jenis welder ini memiliki kemampuan guna melakukan pengelasan terhadap sambungan yang mengalami suatu tekanan tertentu. Ini adalah tingkatan yang paling tinggi dari kualifikasi kelas welder.

Welder Kelas 2

Welder kelas 2 merupakan kelas welder yang diizinkan untuk melakukan pengelasan pada bagian tangan, penyangga, isolasi atau bagian dari dapur pengapian suatu ketel uap.

Welder Kelas 3

Terakhir adalah welder kelas 3 yang merupakan kelas terendah dari dua welder sebelumnya. Pekerjaan welder kelas 3 hanya boleh melakukan pengelasan pada bagian yang tidak memperoleh tekanan saja.

2. Kualifikasi yang Dilihat Berdasarkan Jenis Objek

Selain bisa dilihat berdasarkan kelasnya, welder juga dapat dilihat berdasarkan kualifikasi jenis objeknya. Beberapa kategori dari kualifikasi jenis objek welder tersebut diantaranya:

Welder Pipe

Kategori ini adalah kemampuan seseorang untuk melakukan pengelasan terhadap sambungan pipa dengan tinggi tingkatan kesulitan yang sangat luar biasa dibandingkan pengelasan pelat.

Welder pipe umum digolongkan ke dalam dua kategori yaitu ukuran diameter pipa yang telah disambung serta posisi pengelasan. Level tertinggi dari pengerjaan welder ini adalah 6G.

Welder Plate

Welder plate merupakan jenis welder yang hanya diperbolehkan untuk mengerjakan pengelasan terhadap sambungan plat. Namun, pada posisi ini sebetulnya juga bisa dibagi lagi ke beberapa kategori.

Kategori tersebut berdasarkan posisi plat yang disambung serta tingkat ketebalannya. Kelas tertinggi dari welder ini adalah kemampuan untuk mengerjakan pengelasan 1G, 2G, 3G serta 4G secara baik.

Sertifikasi Welder

Untuk bisa mendapatkan penghasilan yang maksimal dari profesi welder, maka dibutuhkan sertifikat terlebih dahulu. Sertifikasi yang dikeluarkan untuk profesi ini diberikan oleh LSP dan BNSP.

Setidaknya ada dua jenis sertifikat welder yang mesti dipahami yaitu sertifikasi berdasarkan mesin las yang dipakai serta posisi pengelasan.

Perlu diketahui bahwa menjadi seorang welder berbeda dengan welder operator. Walaupun terlihat sama akan tetapi keduanya jelas berbeda. Welder lebih mengarah kepada pengelasan secara manual.

1. Program Sertifikasi Welder

Untuk mendapatkan sertifikat welder, maka perlu mencermati terlebih dahulu program yang ditawarkan. Beberapa pengelompokannya diantaranya:

Welder Kelas 1

  • Plate: 1G, 2G, 3G dan 4G.
  • Pipe: 1G, 2G, 5G dan 6G.

Welder Kelas 2

  • Plate: 1G, 2G, 3G dan 4G.
  • Pipe: 1G, 2G dan 5G.
  • Welder Kelas 3
  • Plate: 1G dan 2G.
  • Pipe: 1G dan 2G.

2. Tempat Pelatihan serta Sertifikasi Welder

Untuk urusan tempat pelatihan serta pengadaan sertifikasi welder berlaku secara internasional maupun nasional dan dikeluarkan oleh sejumlah lembaga resmi seperti:

  • BNSP.
  • Migas.
  • Kemenaker.
  • IIW.

Gaji Seorang Welder

Bicara tentang pekerjaan tentu tidak akan terlepas dari gaji. Seperti halnya ketika membicarakan welder. Welder adalah pekerjaan yang memungkinkan siapapun bisa mendapatkan gaji berlimpah.

1. Skala Nasional

Gaji seorang welder dengan skala nasional bisa dimulai dari Rp.3.500.000,00 hingga Rp.10.000.000,00. Hal ini bergantung dengan jumlah lembur yang dilakukan. Gaji juga bisa berbeda tergantung daerah.

2. Skala Luar Negeri

Untuk skala luar negeri, gaji profesi seorang welder mampu berkisar antara Rp.25.000.000,00 sampai Rp.30.000.000,00. Cukup besar, bukan?

3. Kualifikasi Khusus

Untuk welder dengan kualifikasi khusus seperti keahlian pengelasan bawah laut, jembatan, konstruksi pipa air dan gas serta lainnya berkisar mulai dari Rp.2.200.000,00/jam. Bagaimana jika dibayangkan?

Tips Menjadi Welder Profesional

Tertarik untuk menjadi seorang welder? Setidaknya setiap orang yang ingin menjalani profesi ini perlu menerapkan beberapa tipsnya terlebih dahulu. Misalnya:

  1. Perlu memahami serta mengerti tugas seorang welder dengan sangat baik. Bahkan pekerjaan ini juga membutuhkan fisik yang fit serta mental tangguh.
  2. Mau mengikuti berbagai macam pelatihan welder baik lewat perguruan tinggi, pemerintah maupun tempat kursus tertentu.
  3. Mau belajar mulai fase mudah sampai sulit sekalipun.
  4. Mau mengikuti training yang diberikan untuk mendapatkan sertifikat.
  5. Sering berkomunikasi dengan para welder lainnya. Khususnya yang sudah berpengalaman untuk menambah ilmu.

Welder adalah profesi yang bukan hanya saja terdengar anti mainstream, akan tetapi juga mampu memberikan penghasilan lumayan. Cocok sekali bagi orang yang ingin menjalani profesi menantang.

Leave a Comment