Macam Macam Mata Bor Besi Baja, Beton, Kayu dan Fungsinya

Jenis Mata Bor – Mata Bor adalah suatu alat yang berfungsi untuk membuat lubang pada kayu, plastik, dinding, besi, logam dan kaca. Ada banyak jenis dan ukuran lubang yang bisa dibuat dengan mesin bor, dengan fungsi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kita perlu menggunakan mata bor yang tidak hanya bagus tetapi dapat mengebor permukaan apa saja, baik itu besi, beton, kayu, dengan cepat dan mudah.

Pengertian Mata Bor

Mata bor adalah salah satu alat bantu pertukangan yang pertama kali dikenalkan oleh Steven A. Morse dari Bridgewater, Massachusetts pada tahun 1861. Mata bor ini memiliki empat bagian penting yaitu the spiral, the point angle, the lip angle dan functional length. Saat ini, dalam kehidupan sehari hari alat ini sangat membantu sekali dalam berbagai kebutuhan khususnya dalam dunia konstruksi.

Fungsi Mata Bor

Fungsi dari mata bor pada umumnya adalah untuk mempermudah dan membantu dalam pengerjaan pengeboran di berbagai bidang dan bahan material agar menghasilkan bentuk lubang yang presisi sesuai kebutuhan kegunaan. Bidang tersebut bisa berupa matrial bangunan yang keras seperti tembok batu bata, kayu, besi, kuningan, baja, dan material lainnya.

Jenis Jenis Mata Bor

1. Twist Drill Bits

Twist Bist / Jobber / Spiralbohrer adalah mata bor yang paling banyak digunakan dari semua jenis mata bor. Jenis mata bor ini akan memotong apa saja mulai dari kayu dan plastik hingga baja dan beton. Jenis mata bor ini paling sering digunakan untuk pemotongan logam, sehingga umumnya terbuat dari baja berkecepatan.

Twist- Bits ini bukan hanya yang termurah dari semua jenis mata bor yang dapat digunakan tukang kayu, tetapi juga menawarkan pilihan ukuran terluas. Meskipun dirancang untuk memotong logam, bor ini akan bekerja cukup baik di kayu.

2. Hole Saw Bit

Hole Saw bit ini biasanya digunakan untuk diameter yang cukup besar pada metal dengan diameter tertentu.

3. Masonry Bits

Masonry Bits merupakan mata bor yang digunakan untuk mengebor lubang di dinding, beton dan material batu bata. Mata bor ini terbuat dari bahan yang mempunyai karakteristik sangat keras, karena penggunaan mata bor ini tidak hanya berputar tetapi juga memukul. Mata bor ini pada umumnya memiliki ukuran 4 hingga 15 mm.

4. Spur Bits

Mata bor yang kedua yaitu mata bor Spur Bits. Mata bor ini dikenal dengan sebutan mata bor kayu karen sering digunakan untuk kebutuhan melubangi kayu. Terdapat bor runcing yang terletak pada bagian ujung mata bor ini, dan juga terdapat pisau pengiris di bagian sekelilingnya. Fungsi bagian ujung yang runcing pada mata bor ini adalah untuk menjaga mata bor agar selalu lurus sehingga menghasilkan lubang yang presisi. Mata bor ini memiliki ukuran mulai dari 6 sampai 15 mm.

5. Countersink Bits

Jenis mata bor yang umumnya digunakan dalam pembuatan lubang pada kayu untuk kepala sekrup agar permukaan memiliki ukuran sama rata. Mata bor ini memiliki ujung yang bersudut 90 derajat yang memiliki guna untuk membuat lubang 45 derajat di permukaan kayu.

5. Forster Bit

Forster Bit, adalah mata bor yang berguna untuk membuat lubang engsel pada sendok. Jenis mata bor ini akan lebih baik digunakan dengan mmemakai esin bor duduk agar penggunaannya lebih stabil.

Apabila mata bor ini digunakan menggunakan mesin bor tangan, maka akan mengalami kesulitan dalam mengendalikan kestabilan posisi mata bor dan akan menghasilkan bentuk lubang yang kurang berkualitas.

6. Chisel Bit

Chisel Bit, adalah mata bor yang digunakan untuk membuat lubang berbentuk kotak pada permukaan material kayu. Jenis ini biasanya digunakan pada mesin Hollow Chisel Mortiser.

7. Mortiser Bit

Mortiser Bit, adalah salah satu mata bor yang digunakan untuk membuat lubang geser pada kayu dan biasanya digunakan pada mesin Mortising.

8. Router Bit

Jenis mata bor ini difungsikan dalam pembentukan profile pada kayu / material lunak yang lain, mata bor ini digunakan pada mesin Router atau Trimmer.

9. Mata Bor Kaca

Jenis mata bor ini berbentuk tombak yang biasanya digunakan untuk pengeboran kaca. Mata bor ini mirip sekali dengan bentuk tombak, itulah mengapa mata bor ini sering disebut bor tombak.

10. Core Drill Bit

Jenis mata bor yang digunakan untuk membuat lubang pada beton, granit, dinding, marmer, dan jenis batuan lainnya dengan diameter yang berbeda-beda sesuai kebutuhan.

11. Hole Saw Bits

Jenis mata bor yang biasa disebut juga sebagai gergaji lubang karena bentuk mata bor ini seperti gergaji. Mata bor ini memiliki multifungsi untuk pengeboran metal, besi, kayu yang memiliki ukuran diameter 25-60mm yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

12. Mata Bor Metal Standar

Mata bor ini memiliki dua tipe yang ada di pasaran, yang pertama adalah High Speed Steel (HSS) dan yang kedua adalah jenis HSS-Co ( Cobalt ). Jenis mata bor HSS-Co ini memiliki tingkat kekerasan lebih daripada HSS, sehingga dalam penggunaannya lebih tahan lama, untuk harganya tentu lebih mahal daripada mata bor HSS.

13. Auger Bit

Jenis mata bor ini biasanya digunakan untuk mesin bor dengan putaran rendah. Memilik diameter lebih besar dari mata bor kayu standar lainnya.

14. Flat Bit

Jenis yang satu ini memiliki kesamaan seperti Auger Bit. Jenis ini digunakan untuk pengeboran aneka jenis kayu dan material yang lunak. Flat bit ini memiliki bentuk pipih rata atau flat. Jenis ini biasa digunakan menggunakan bor manual dengan putaran mesin sangat rendah. Untuk jenis ini tidak disarankan menggunakan bor listrik.

15. Hinge Borring Bit

Hinge boring bit berdiameter cukup besar, salah jenis mata bor yang umumnya dipakai untuk membuat lubang pada kayu yang mana jenis mata bor ini berbeda dengan diameter mata bor kayu pada umumnya.

16. Mata bor besi

Artinya, mata bor yang biasa digunakan untuk menusuk benda yang terbuat dari besi atau logam. Jenis ini mencakup bor twist, bor tengah, dan bor gergaji lubang.

17 Mata bor untuk beton

Artinya, bit yang biasa digunakan untuk menusuk benda seperti beton, tembok, dan bebatuan. Yang termasuk dalam jenis ini antara lain mansory bits dan drill bits.

18. Mata Bor kayu

Artinya, agak digunakan untuk menusuk benda kayu. Yang termasuk dalam jenis ini antara lain spur bits, countersink bits, forstner bits, router bits, flat bits, screw bits, dan chisel bits.

19. Mata Bor Granit dan Kaca

Yakni, mata bor khusus yang digunakan untuk mengebor benda kaca, keramik, atau granit.

Mata bor ini dibuat khusus agar pada saat pengeboran kaca atau keramik tidak pecah selama proses pengeboran. Termasuk dalam jenis ini adalah bit kaca standar dan bit berlian.

Artinya, mata bor digunakan untuk proses pembuatan sumur atau pondasi sumur pada bangunan. Jenis ini mencakup bit tarik, kerucut rol, dan bit berlian.

Ukuran Mata Bor untuk Baut

Ukuran mata bor untuk tap baut 10

Apabila kita ingin me ngetap baut 10, maka mengunakan mata tap M6 lalu kita gunakan mata bor yang kurang dari 1 mm yaitu mata bor M5

Ukuran mata bor untuk tap baut 12

Untuk mengetap baut 12 maka menggunakan mata tap M8, lalu untuk ukuran mata bornya yaitu menggunakan mata bor M7.

Ukuran mata bor untuk tap baut 14

Untuk mengetap baut 14 yaitu menggunakan mata tap M10, lalu untuk ukuran mata bornya yaitu menggunakan mata bor M9.

Pada intinya setiap membeli mata tap untuk ukuran baut tertentu misal baut 17 itu harus menggunakan mata bor kurang dari 1 mm dari mata tap.

Cara Memilih Mata Bor yang Tepat

Saat memilih mata bor yang tepat untuk operasi pengeboran, ada beberapa parameter yang perlu diperhatikan. Dengan banyaknya jenis mata bor yang ada di pasaran saat ini, membuat proses pemilihannya agak sulit. Oleh karena itu, ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk memilih mata bor untuk operasi pemboran. Namun secara umum, beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya

  1. Beban Pada Mata Bor
  2. Putaran Mata Bor atau RPM
  3. Diameter Mata Bor

Leave a Comment