Aturan Agar Kebersihan Rumah Terjaga

Bagaimana orang bisa memiliki rumah yang bersih sepanjang waktu? Terdapat beberapa aturan agar kebersihan rumah terjaga. Tidak peduli jam berapa Anda mengunjungi tempat mereka, Anda akan menemukan semuanya bersih dan berkilau. Tidak ada debu. Tidak ada bulu hewan peliharaan. Tidak ada kekacauan.

Bagaimana orang-orang ini melakukan ini? Bagaimana Anda memiliki rumah yang bersih? Berikut adalah hal-hal yang biasa dilakukan di pagi hari agar rumah selalu tetap terjaga.

1. Merapikan tempat tidur setiap pagi

Hal pertama di pagi hari, setelah bangun dari tempat tidur di pagi hari, luangkan waktu 90 detik dengan cepat untuk meregangkan seprai dan merapikan tempat tidur.

Tindakan sederhana 90 detik untuk merapikan tempat tidur Anda setiap hari memiliki dampak besar pada perasaan Anda tentang kamar Anda, ruang Anda, dan tentang tidur setiap malam.

Sering dikatakan bahwa merapikan tempat tidur bukan hanya cara yang bagus untuk mendapatkan lebih banyak motivasi di siang hari karena Anda melakukan sedikit tugas di pagi hari, tetapi juga memungkinkan Anda untuk tenang dan merasa santai.

Ketika Anda memasuki kamar Anda setelah hari yang panjang, Anda tidak merasakan kekacauan, melainkan memiliki rasa keteraturan dan kebersihan.

2. Mencuci pakaian setiap sehari

Aturan agar kebersihan rumah terjaga yang kedua adalah mencuci pakaian. Dengan mencuci pakaian setiap hari bisa mengubah kebiasan hidup.

Cobalah untuk membiasakan diri mengeluarkan banyak cucian di pagi hari dan tidak menimbunnya. Muat cucian sebelum pergi bekerja kedalam mesin cuci.

Jika Anda bekerja di luar rumah dan tidak sempat mengeringkannya sebelum Anda pergi, tunda mesin Anda sehingga siap untuk dimasukkan ke dalam pengering saat Anda tiba di rumah.

Atau, masukkan cucian ke dalam mesin di pagi hari dan nyalakan saja saat Anda tiba di rumah. Pastikan untuk menghemat waktu di suatu tempat dalam sehari untuk menyelesaikan unggahan, termasuk menyimpannya.

3. Mengganti handuk mandi dan handuk dapur secara teratur

Biasakan untuk mengganti handuk mandi dan menjemurnya setelah memakainya agar handuk yang basah jika dibiarkan akan lembab dan meninggalkan jamur.

Selain itu Anda tahu bau tak sedap dari lap piring yang sudah terlalu lama digunakan? Itu menyebalkan sampai ke wastafel dan membuat tangan Anda bau, dan siapa yang tahu apa yang mencuci piring dan meja yang seharusnya mereka bersihkan. Karena itu, bersihkan aturan maksimal 2 hari. Ini adalah hal kecil yang membuat perbedaan dalam perilaku kebersihan anda.

4. Menyapu lantai dengan rutin

Aturan agar kebersihan rumah terjaga yang ke empat adalah menyapu lantai dengan rutin.

Ketika Anda meninggalkan satu ruangan di rumah Anda untuk pergi ke ruangan lain, berjalanlah beberapa langkah lagi untuk mengambil apa pun yang bukan miliknya. Bawalah bersama Anda jika Anda menuju ke arah itu dan kembalikan ke tempatnya.

5. Membuang sampah yang sudah penuh

Saat tempat sampah di dalam rumah sudah mendekati kapasitas, luangkan waktu 30 detik berjalan 10 langkah membuang dan memasukkannya ke dalam wadah sampah di luar rumah.

6 Mencuci piring yang menumpuk setiap pagi

Pindahkan piring kotor yang biasa tergeletak di meja makan ke wastafel dan bersihkan dengan mencuci piring, dengan begitu akan menjaga kebersihan dapur rumah.

Jika Anda pernah mengatur waktu sendiri untuk melakukan ini, Anda tahu itu hanya akan memakan waktu 5 menit. Lakukan sambil membuat kopi atau sambil menunggu anak-anak bersiap-siap ke sekolah.

7. Membersihkan kamar mandi

Kamar mandi adalah salah satu area di rumah kita yang cenderung sangat sering kotor, dan jika tidak dibersihkan secara teratur dapat menyebarkan kuman dan infeksi ke seluruh rumah. Oleh karena itu, perawatan ekstra diperlukan untuk area rumah Anda ini.

Bersihkan dinding kamar mandi dengan produk pembersih setiap kali Anda mandi. Bersihkan meja dan letakkan semua barang di tempatnya. Usap di sekitar wastafel untuk menghilangkan rambut lepas, riasan, cincin air, atau sampah lainnya.

Ini hanya akan memakan waktu beberapa menit dan akan membantu menjaga kebersihan kamar mandi yang akan memudahkan rutinitas pembersihan mingguan atau bulanan Anda.

Percikan pasta gigi dan rambut di wastafel kamar mandi terlihat menjijikkan. Simpan wadah tisu desinfektan di bawah wastafel agar mudah dijangkau. Bersihkan wastafel dan keran setelah Anda selesai bersiap-siap untuk hari itu.

9. Merapikan tumpukan kertas dan buku

Surat, buku bacaan, brosur toko, koran, dan lain sebagainya jika kita melihat tumpukan itu dan merasa terlalu banyak, segera rapikan atau sortir mana yang layak digunakan dan mana yang harus dibuang. Bersihkan tumpukan kertas agar tidak terkesan penuh.

10 Melepas sepatu / alas kaki

Sederhana dan efektif, melepas sepatu atau alas kaki akan mengurangi kotoran, pasir, dan bakteri tidak masuk ke dalam rumah. Kita semua memiliki sandal atau alas kaki dalam ruangan untuk dipakai di dalam ruangan agar ruangan di dalam rumah tetap bersih

11. Menggunakan keset rumah

Semakin sedikit kotoran yang terseret ke dalam, semakin jarang Anda perlu membersihkan lantai. Gunakan keset di setiap pintu luar. Bersihkan atau kocok di luar setiap beberapa hari.

12. Jangan pernah meninggalkan piring semalaman

Ini akan menimbulkan bau, dan kotoran pada ruanga. Selain itu Anda tidak akan merasa lebih bersemangat untuk mencuci piring di pagi hari ketika Anda mencoba keluar untuk bekerja. Jadi berjanjilah pada diri sendiri untuk segera mencucinya setelah makan malam.

13. Membersihkan dapur secara rutin.

Merapikan dapur di penghujung hari mengarah ke awal yang lebih menyenangkan untuk hari berikutnya. Siapkan pembuat kopi Anda, simpan makanan dan barang-barang berantakan di atas meja, dan buang sampah dapur. Melakukan hal-hal ini juga membantu mencegah hama rumah tangga.

Membersihkan microwave Setelah memanaskan sesuatu dalam microwave, gunakan kain mikrofiber atau lap disinfektan untuk membersihkan bagian dalam dengan cepat.
Matikan lampu: Saat meninggalkan ruangan, matikan lampu untuk menghemat biaya energi.

14. Vakum karpet Anda seminggu sekali

Karpet tampaknya mengumpulkan kotoran berat dan partikel debu di bagian dalam kain. Jika Anda membiarkannya kotor selama lebih dari dua minggu, itu akan kehilangan kilau dan terlihat berantakan.

Untuk mengembalikan kilau penutup lantai Anda yang hilang, vakumlah seminggu sekali. Ini adalah aturan praktis untuk semua orang yang tinggal di Southbank dan tidak memiliki cukup waktu untuk pembersihan menyeluruh.

15. Buang debu kering, lalu sapu

Saat membersihkan kamar Anda, mulailah dengan proses yang membutuhkan metode kering seperti membersihkan debu dan menyedot debu. Setelah selesai, bersihkan noda dengan pembersih serbaguna. Gosok noda, pel lantai, dan kembalikan kilau yang hilang ke lantai dan permukaan lainnya.

Gunakan penyedot debu untuk menyedot debu kering, jepit rambut, dan kotoran dari karpet, furnitur, dan lantai. Banyak pembersih obligasi profesional di Southbank melakukan hal yang sama untuk hasil yang lebih baik dalam waktu singkat.

16. Pertahankan jadwal membersihan rumah

Bayangkan betapa sulitnya membersihkan cangkir kopi yang tumpah di lantai dapur jika Anda membiarkannya semalaman. Bersihkan segera, di sisi lain, hanya beberapa detik.

Hal yang sama berlaku untuk rumah Anda. Apakah Anda memutuskan untuk membersihkannya sepanjang hari dalam seminggu atau satu ruangan dalam sehari, mengikuti jadwal yang konsisten adalah salah satu rahasia terpenting untuk menjaga kebersihan rumah. Jadi, jangan menunggu rumah Anda terlihat berantakan sebelum melakukan pekerjaan rumah tangga.

Leave a Comment