Konsep Rumah Minimalis: Karakteristik, Prinsip, Elemen

Konsep rumah minimalis adalah salah satu konsep desain paling populer di abad ini. Ini adalah desain yang paling efektif, efisien, dan berpengaruh saat ini.

Sesuai dengan namanya, desain minimalis tentu bukan gaya yang mewah, tetapi juga bukan berarti konsep ini menghilangkan kemewahan desain dan gayanya.

Tujuan utama dari desain minimalis adalah untuk memecah bentuk dan struktur menjadi elemen dasarnya. Sifat sederhana dari desain Asia, khususnya desain klasik Jepang, telah menjadi salah satu inspirasi untuk minimalis.

Apa itu Konsep Rumah Minimalis?

Konsep rumah minimalis adalah konsep desain yang menyampaikan pesan kesederhanaan. Kesederhanaan berupa bentuk geometris, penampilan elegan, warna dan tekstur, elemen tanpa dekorasi, bahan sederhana, dan pengulangan struktur mewakili rasa keteraturan dan kualitas yang esensial.

Dalam desain interior, minimalis berarti ruangan yang luas dengan perabotan dan barang yang minimal. Elemen utama dari desain ini adalah memperhatikan bentuk, warna, dan tekstur.

Karakteristik Konsep Rumah Minimalis

Konsep Rumah Minimalis telah menjadi populer akhir-akhir ini sesuai dengan gaya hidup dan filosofi desain masyarakat. Arsitektur minimalis adalah tentang mencapai desain yang lebih baik melalui kesederhanaan, yaitu kesederhanaan dalam garis, bentuk, ruang, detail, dekorasi, lampu, warna, dan materialitas.

Ada beberapa ciri desain rumah minimalis modern. Fitur-fitur ini meliputi:

1. Kesederhanaan dalam bentuk dan fungsi

Desain rumah minimalis harus sederhana, efisien, dan lugas. Menyediakan volume ruang yang ditumpuk. Minimalis menciptakan kejelasan dan kesederhanaan dalam desain dan membuat area dan ruang menjadi polos dan dapat diprediksi.

Bangun dan bentuk yang sederhana, dinding interior minimal, lantai terbuka yang besar, area penyimpanan yang sederhana, sederhana dan layak, serta penekanan dan kepentingan yang besar pada pemandangan dan cahaya matahari adalah karakteristik yang menentukan dari desain minimalis.

2. Satu warna

Minimalis menghindari warna-warna cerah, berani dan umumnya menempel pada selera warna-warna netral seperti putih, krem, dan abu-abu. Skema warna monokromatik ini adalah konsep mereduksi sesuatu menjadi esensinya.

3. Ruang yang bersih, terbuka, dan dipenuhi cahaya

Desain minimalis selalu memiliki ruang yang bersih, terbuka dan dipenuhi cahaya yang menjadi dasar dari desain ini. Penggunaan palet warna netral, nada warna terang untuk dinding, detail dan aksesori modern yang bersih, dan ruang yang rapi memberikan desain minimalis daya tarik yang tenang, atraktif, dan menarik.

Kamar-kamar berdesain minimalis berukuran luas, penuh cahaya, rapi, dan memiliki cita rasa artistik. Kamar-kamar ini hanya memiliki benda-benda yang diperlukan, sehingga ruangan menjadi lapang dan bernapas. Cahaya alami di area tersebut membantu membuatnya terasa hangat dan mengundang daripada dingin dan steril.

4. Mementingkan Kebutuhan bukan Keinginan

Salah satu ciri utama minimalis adalah menghilangkan pemborosan. Jika barang tersebut tidak diperlukan, singkirkan. Untuk mencapai desain rumah minimalis, Anda harus terlebih dahulu memeriksa harta benda dan memutuskan mana yang berguna sesuai dengan kebutuhan dan kebutuhan dan membuang sisanya.

Minimalis tidak berarti bahwa seseorang harus benar-benar praktis. Konsep minimalis memang unik. Ia memiliki keindahan yang melayani suatu tujuan. Ornamen dan asesoris yang digunakan dalam minimalis harus bagus, tidak boleh terlalu luas.

5. Detail sederhana tanpa dekorasi

Desain minimalis selalu populer karena penggunaan objek minimal saja. Tidak ada kekacauan dan kelimpahan ornamen, aksesoris dan benda-benda. Ini juga untuk menghindari kerumitan dan memotong detail, serta mengurangi hanya apa yang diperlukan.

6. Penggunaan material yang strategis berdasarkan minat visual, tekstur, dan kepribadian

Sebuah desain rumah minimalis yang baik dapat dicapai melalui strategi yang baik. Demi menciptakan kesederhanaan dalam bahan, bentuk dan detail beberapa elemen minimalis ini perlu diperhatikan.

7. Penutup dan Finishing Dinding Polos:

Dalam desain minimalis, penggunaan pelapis dan pelapis veneer yang sederhana, lugas dan mudah dilapisi serta mudah memberikan kejelasan, daya tarik visual dan daya tarik dengan menyampaikan dan mengekspresikan karakteristik fisik bahan yang digunakan dan teksturnya.

Prinsip Konsep Rumah Minimalis

1. Berinvestasi dalam kualitas

Saat membuat konsep rumah minimalis, pastikan untuk berinvestasi dalam kualitas daripada kuantitas. Pilih lampu dan aksesori, ruang penyimpanan berkualitas tinggi, dll. untuk menghias rumah tanpa kekacauan.

2. Pilih beberapa bahan

Gaya desain rumah minimalis harus menarik bagi orang-orang. Perpaduan bentuk dan fungsi yang dapat dicapai dengan tekstur yang ada dalam rumah fungsional adalah ciri khas gaya desain ini.

3. Pilih perabot unggulan

Temukan dan pilih perabot yang luar biasa untuk ruangan, biarkan menekankannya. Sekarang pilih aksesori dan dekorasi yang dipadukan dengan furnitur.

4. Biarkan sebuah karya seni mendominasi

Di sebuah ruangan, biarkan karya seni mendominasi. Di ruangan dengan perabotan sederhana dan modern, aksesori, dekorasi, dan palet warna netral, tambahkan karya seni yang menawan, baik itu warna, tekstur, atau pola yang cerah.

5. Tambahkan penekanan elemen

Saat mendesain rumah minimalis, tambahkan elemen yang ditekankan pada ruangan. Misalnya, padukan dengan warna netral seperti krem, putih, atau abu-abu, dll. dengan warna kontras yang merupakan bagian dari furnitur, karya seni, aksen atau dinding fitur, bagian dekorasi besar, dll. Anda harus menarik perhatian seseorang untuk memasuki ruangan dengan menarik perhatian pada sesuatu yang sangat istimewa dan unik.

6. Pertahankan furnitur sederhana

Ada berbagai macam furnitur yang tersedia di pasaran. Lebih baik dan lebih bijaksana untuk memilih furnitur yang minimalis dan sederhana dalam desain. Kemudian hal-hal lain dapat menjadi sorotan seperti karya seni, dll.

7. Biarkan pandangan berbicara sendiri

Jika rumah dengan minimalis menghadirkan pemandangan yang luar biasa dan luar biasa, minimalkan atau kurangi ukuran dan jumlah kerumitan ruang interior. Biarkan titik fokus menjadi pandangan itu sendiri. Pertahankan furnitur sederhana, singkirkan barang-barang yang tidak perlu atau tidak diinginkan. Pilih satu atau dua tanaman dalam ruangan yang melengkapi karya seni.

8. Berikan banyak ruang terbuka

Dalam minimalis ada banyak ruang terbuka di rumah. Hindari keinginan untuk mengisi seluruh ruang di dalam ruangan dengan furnitur dan aksesori karena ada begitu banyak ruang ekstra yang harus diisi.

9. Gunakan cahaya sebagai dekorasi

Penting juga dalam minimalis untuk menggunakan cahaya sebagai dekorasi. Selalu gunakan lampu bergaya dan desainer di rumah minimalis. Hindari lampu gantung karena merupakan mimpi buruk terburuk dari desain rumah minimalis. Pilih lampu hias dan mengesankan yang tersedia di pasar. Lampu-lampu tersebut merupakan karya seni tersendiri dan dapat melengkapi desain interior minimalis.

Elemen Konsep Rumah Minimalis

Berikut ini adalah unsur-unsur desain rumah minimalis:

1. Warna

Warna adalah elemen utama dari desain minimalis. Skema warna sangat penting dalam desain minimalis. Pemilihan corak warna mencolok tidak cocok untuk minimalis, hanya warna netral seperti putih, abu-abu, krem yang dapat digunakan konsep rumah minimalis.

2. Pencahayaan

Cahaya juga merupakan salah satu elemen utama dari minimalis. Cahaya membantu ruangan terlihat lebih besar dan lebih luas.

3. Tekstur

Biasanya tekstur yang digunakan pada dinding dan lantai harus polos dan sederhana dalam desain minimalis. Menambahkan tekstur pada dinding juga merupakan elemen visual yang bagus. Tekstur dapat ditambahkan dengan bantuan ubin seperti kayu atau batu buatan. Nada warna netral akan dengan mudah cocok dengan tekstur ini.

4. Bentuk dan ruang

Bentuk dan ruang adalah elemen penting dari desain minimalis. Ruang dan bentuk geometris paling sering digunakan dalam minimalis. Bentuk dan bentuk menyiratkan ruang, pada kenyataannya, keduanya tidak dapat eksis tanpa ruang. Ruang desain minimalis mengacu pada area yang bersih dan luas. Semakin banyak ruang, semakin minimalis desainnya.

5. Garis

Garis adalah elemen penting dari minimalis. Penggunaan garis yang berlebih tidak menampakan konsep rumah minimalis, tetapi maximalis.

6. Arsitektur

Arsitektur dalam desain minimalis adalah dasar dan sederhana. Bentuk geometris digunakan untuk mendesain dinding dan langit-langit. Atapnya datar bukan miring. Penggunaan dinding dibatasi untuk menciptakan ruang tamu yang terbuka. Hasil akhir yang digunakan pada lantai, dinding, dan meja sederhana dan halus dan dibiarkan pada atau mendekati keadaan alaminya.

7. Furnitur

Pilih furnitur untuk minimalis yang sederhana, terbuat dari bahan alami seperti kayu, dan berbentuk geometris. Perabotan besar yang besar dan berat tidak diperlukan.

8. Aksesoris dan dekorasi

Aksesori harus menciptakan minat visual pada ruang. Warna dan desain yang berani dapat digunakan dalam aksesori karena ukurannya kecil dan tidak mengganggu. Kenakan aksesori dalam jumlah minimal untuk menghindari kekacauan.

Tips Desain Konsep Rumah minimalis

Ada beberapa tips desain rumah minimalis yang dibahas di bawah ini:

1. Tetap sederhana

Saat menggunakan desain minimalis di rumah, selalu jaga agar tetap sederhana, lugas, efisien, dan praktis. Itu harus bersih dan tidak berantakan.

2. Bentuk dan fungsi masing-masing bagian

Selalu gunakan bentuk geometris dalam desain minimalis. Segala sesuatu yang digunakan sebagai bentuk, aksesori, furnitur, dll. itu harus fungsional. Mereka harus untuk tujuan menggunakannya.

3. Gunakan palet warna yang menenangkan

Selalu gunakan palet warna netral dan terang seperti putih, krem, dan abu-abu, karena keduanya merupakan warna yang tenang dan sejuk serta membantu konsep visual ruang yang lebih banyak di dalam ruangan. Selalu gunakan dua warna untuk mempertahankan penampilan yang seragam di seluruh rumah.

4. Ruang Penyimpanan yang baik

Dalam desain minimalis, ruang penyimpanan harus cerdas dan tersembunyi. Minimalis tidak berarti memiliki jumlah barang yang minimal. Dengan mengadopsi minimalis, membuat ruang penyimpanan di lantai, membuat palka dan sandaran penyimpanan, dll.

5. Aksesoris dan dekorasi minimal

Aksesori dan dekorasi dalam desain minimalis sederhana dan minimalis. Mereka bisa berwarna cerah dan mencolok karena ukurannya kecil dan jumlahnya.

6. Furnitur Sederhana

Furnitur yang digunakan harus sederhana dalam warna, tekstur, dan bentuk. Warna terang atau efek alami seperti kayu, bentuk dan bentuk geometris, serta pola dan tekstur sederhana adalah yang terbaik untuk minimalis.

Leave a Comment