Warna Cat Rumah Bagian Luar Yang Bagus, Sejuk, Elegan

Warna cat rumah bagian luar menimbulkan kesan pertama bagi siapa saja yang melihatnya karena sangat berpengaruh pada visual rumah. Pemilihan cat eksterior yang tepat akan membuat tampilan bangunan menjadi lebih indah.

Bingung memilih warna cat rumah bagian luar? Berikut ada sejumlah opsi yang bisa digunakan ketika ingin menghiasi bagian eksterior rumah dengan cat yang berwarna cerah.

Putih

Putih mampu memberikan kesan yang bersih dan cerah. Selain itu, putih adalah warna netral sehingga cocok dikombinasikan dengan material apapun baik untuk interior maupun eksterior.

Karena kesan bersih yang ditimbulkannya, menggunakan warna putih di dinding luar rumah tentu membutuhkan perawatan ekstra. Ketika dipakai pada eksterior rumah, warna putih akan lebih mudah kotor karena terkena hujan, tanah, atau cipratan lumpur.

Untuk aplikasi pada dinding luar rumah, warna putih akan lebih baik jika dikombinasikan dengan warna gelap terutama di bagian bawah dinding. Selain sebagai aksen, perpaduan ini akan mencegah bagian bawah tembok cepat kotor.

Abu-abu

Masih di kelompok warna netral, ada abu-abu yang menawarkan kesan kalem dan elegan. Tidak jauh dengan warna putih, penggunaan abu-abu pada area yang tepat dapat memberikan kesan yang lebih luas.

Warna ini juga cocok dipadukan dengan berbagai macam material seperti kayu, batu alam, maupun aci biasa. Untuk mengurangi tampilan monoton terutama pada dinding yang luas, abu-abu sebaiknya diaplikasikan dengan warna lain untuk memberi aksen.

Cream

Warna cream bisa menjadi pilihan cocok jika ingin menghadirkan tampilan luar rumah yang simpel. Tak hanya menimbulkan kesan kalem, jika dipadukan dengan material tradisional warna cream akan menawarkan kesan klasik.

Warna ini juga bisa dengan mudah dikombinasikan dengan warna lain terutama yang memiliki tone hampir sama seperti coklat. Contohnya warna cream akan terlihat sangat elegan ketika dipadukan dengan warna coklat dan diberi aksen batuan granit pada dinding eksterior.

Biru Langit

Jika ingin memakai warna cat rumah bagian luar yang cerah, biru langit bisa menjadi pilihan yang tepat. Warna ini menjadi pilihan favorit banyak orang karena mampu menimbulkan kesan cerah dan ceria.

Selain itu, warna biru langit sangat identik dengan kesan tenang sehingga mempu menciptakan suasana nyaman tersendiri. Untuk semakin meningkatkan tampilan visual rumah, warna biru langit bisa dipadukan dengan warna putih atau warna cerah yang lain.

Ungu

Untuk kesan elegan dan daya tarik yang berbeda, warna ungu bisa digunakan untuk dinding rumah bagian luar. Warna yang satu ini juga mampu menciptakan kesan mewah dan spesial.

Warna ungu juga akan tampak cantik jika dikombinasikan dengan warna cerah yang lain misalnya seperti putih, kuning, atau merah muda.

Hijau

Selain warna biru langit, pilihan warna cerah lainnya yang tak kalah populer adalah warna hijau. Hijau identik dengan warna pohon dan tanaman sehingga mampu menawarkan kesan sejuk seperti di alam.

Kesejukan warna hijau di bagian dinding luar rumah akan semakin terasa jika rumah dilengkapi dengan lahan taman yang dipenuhi dengan berbagai tanaman.

Merah Muda

Meskipun warna merah muda sangat identik dengan wanita, namun penggunaannya untuk dinding eksterior rumah juga bisa menjadi pilihan yang menarik.

Warna yang juga sering disebut pink ini menyuguhkan kesan feminis dan kalem secara bersamaan. Agar kesan yang ditimbulkannya lebih netral, warna merah mudah bisa dipadukan dengan warna lain seperti putih atau abu-abu.

Warna merah muda pun cocok dikombinasikan dengan material maupun dekorasi seperti tanaman dan hiasan dinding.

Kuning

Kuning menggambarkan keceriaan sehingga bisa menjadi pilihan bagi pemilik rumah yang memiliki karakter periang. Warna ini menimbulkan kesan bahagia, ceria, serta bersemangat.

Selain itu, warna kuning terlihat menarik ketika digunakan dengan warna lainnya baik itu warna netral seperti putih atau abu-abu maupun warna cerah yang lain seperti orange dan hijau.

Merah

Warna cerah lain yang juga banyak digunakan sebagai warna cat rumah bagian luar adalah merah. Penggunaan warna ini pada eksterior rumah akan menimbulkan kesan yang meriah dan berwarna.

Warna merah juga menyuguhkan kesan elegan dan mewah terlebih jika ditambah dengan aksen dari warna merah marun.

Jingga

Warna yang tak kalah menarik untuk untuk diaplikasikan di dinding luar rumah adalah jingga. Kesan yang ditimbulkan warna ini tak jauh berbeda dengan warna kuning karena membuat suasana yang ceria dan bersemangat.

Kombinasi Warna Cat Eksterior Rumah

Untuk tampilan dinding luar rumah yang tidak terlalu monoton, kombinasi warna bisa digunakan. Berikut adalah beberapa opsi kombinasi warna yang bisa diaplikasikan untuk bagian luar rumah.

Biru dan Putih

Perpaduan warna cerah dari biru dan warna putih yang netral mampu menimbulkan suasana yang tenang. Tone biru yang disarankan untuk penggunaan di bagian eksterior adalah biru langit.

Biru langit memiliki tingkat kecerahan yang tinggi sehingga terlihat cukup kontras dengan warna putih dan mampu menyuguhkan perpadauan warna yang optimal.

Kuning dan Abu-abu

Warna kuning dengan kesan ceria yang ditimbulkannya berpadu apik dengan warna abu-abu yang netral. Sebagai kombinasi untuk warna kuning, sebaiknya gunakanlah warna abu-abu muda.

Cream dan Coklat

Untuk kesan eksterior yang lebih kalem, perpaduan warna cream dan coklat menjadi pilihan yang cocok. Meskipun secara warna tidak jauh berbeda, namun perpaduan keduanya membuat rumah terlihat modern.

Warna cat rumah bagian luar perlu dipilih dengan hati-hati. Baik satu warna dan kombinasi bisa digunakan sesuai dengan kesan atau tampilan yang ingin diciptakan oleh penghuni rumah.

Leave a Comment