Apa itu Teknologi Konstruksi? Pengertian Fungsi, Jenis, Peran, Contoh

Teknologi konstruksi mengalami perkembangan yang pesat mengikuti kemajuan infrastruktur dan pembangunan berbagai gedung bertingkat. Mengapa teknologi semacam ini sangat dibutuhkan?

Apa itu Teknologi Konstruksi?

Teknologi konstruksi adalah sebuah cara baru pemanfaatan teknologi di bidang konstruksi yang mempunyai peranan yang disesuaikan dengan keperluan penggunaannya, biasanya di bidang sarana serta prasarana.

Teknologi konstruksi ini selalu berkembang seiring dengan peradaban dan ilmu pengetahuan.

Teknologi ini mempunyai bentuk berupa ilmu praktik atau ilmu terapan yang digabung dengan berbagai ilmu yang lainnya dan bertujuan untuk menyelesaikan berbagai masalah.

Ada berbagai hasil akhir dari teknologi yang satu ini. Salah satunya adalah hunian atau tempat tinggal. Ada berbagai gedung bertingkat, villa yang berdiri dengan megah di tengah gunung, dan hotel mewah.

Fungsi Teknologi Konstruksi

Teknologi ini memang sangat penting untuk menunjang sarana serta prasarana, tapi bukan itu saja satu-satunya fungsi dari teknologi yang satu ini.

Teknologi ini juga mampu menyediakan dukungan terutama terhadap berbagai pekerjaan serta berbagai hal lain yang berkaitan dengan kegiatan umat manusia.

Berikut ini adalah berbagai fungsi utama yang dimiliki oleh teknologi dalam bidang konstruksi ini.

  1. Membantu mempermudah proses pembuatan atau pembangunan apartemen, gedung, serta rumah dengan hadirnya teknologi yang jauh lebih baik dan bisa diandalkan.
  2. Mempermudah serta mendukung pekerjaan serta berbagai kegiatan manusia, misalnya ketika membangun toko, lapangan, kantor dan gedung.
  3. Mempermudah komunikasi dan transportasi, misalnya dalam membangun rel kereta, jembatan, dan infrastruktur jalan.
  4. Penerapan dari teknologi ini diharapkan bisa menyediakan kemudahan terhadap berbagai bentuk konstruksi misalnya rel kereta api, jembatan, dan jalan raya.
  5. Memanfaatkan teknologi ini seharusnya menyediakan nilai tambah terutama bagi pelaksanaan program pembangunan infrastruktur. Jadi tidak hanya mengikuti trend saja.

Jenis Teknologi Konstruksi

Teknologi yang bisa membantu pekerjaan proyek konstruksi terbagi dalam 4 jenis yang berbeda. Keempat jenis tersebut adalah:

#1 Residential construction atau proyek pembangunan untuk perumahan atau pemukiman

Berbagai proyek pembangunan untuk tempat tinggal misalnya hotel, villa, apartemen, atau perumahan adalah proyek pembangunan yang membutuhkan keterlibatan teknologi.

Ada dua cara untuk melakukan kegiatan pembangunan tersebut yaitu secara pribadi dan secara massal. Proyek pembangunan perumahan membutuhkan perencanaan wilayah yang matang.

Hal ini karena proyek tersebut akan berhubungan dengan berbagai penyediaan jaringan infrastruktur dan fasilitas berupa listrik, telepon, air bersih, jalan, serta berbagai sarana yang lainnya.

#2 Building construction atau proyek pembangunan gedung

Berikutnya ada proyek konstruksi atau pembangunan gedung yang menjadi jenis proyek atau pekerjaan yang banyak dikerjakan. Tipe proyek yang satu ini fokus pada berbagai pertimbangan.

Dalam proyek ini ada berbagai pertimbangan konstruksi yang harus dipikirkan, termasuk pertimbangan terhadap teknologi yang sifatnya praktis serta terhadap peraturan pembangunan setempat.

#3 Heavy engineering construction atau proyek pembangunan terhadap teknik sipil

Kelompok pemerintah adalah salah satu pemilik dari proyek konstruksi yang berkaitan dengan teknik sipil. Kelompok tersebut bisa jadi pemerintah pusat (tingkat nasional) atau pemerintah daerah.

Berbagai pertimbangan khusus untuk pengerjaan proyek ini mencakup elemen desain, serta pertimbangan hukum dan keuangan. Proyek ini cenderung bersifat nonprofit.

Artinya, proyek pembangunan yang satu ini sifatnya tidak mencari keuntungan dalam jumlah banyak karena berfokus pada pelayanan terhadap masyarakat umum atau public services.

Berbagai bentuk proyek konstruksi ini merupakan serangkaian proses untuk memberikan tambahan infrastruktur di lingkungan yang berbangunan. Istilah lainnya adalah built of environment.

Berbagai penerapan jenis proyek yang satu ini bisa dilihat dalam bentuk proyek pembangkit listrik, jalan raya, jalan kereta api, pertambangan, dan proyek bendungan.

#4 Industrial construction atau proyek pembangunan untuk bangunan industri

Jenis proyek berikutnya tidak bisa asal dilakukan oleh sembarang orang. Dibutuhkan keahlian tertentu yang ada hubungannya dengan perencanaan terutama untuk konstruksi dan desainnya.

Meskipun bersifat relatif kecil, jenis proyek yang satu ini mempunyai komponen penting terutama dalam bidang pengembangan terhadap suatu bangunan industri.

Biasanya pemilik proyek yang satu ini berasal dari suatu industri atau perusahaan yang cukup besar seperti perusahaan kimia, perusahaan farmasi, dan perusahaan minyak.

Mengapa Teknologi Konstruksi Dibutuhkan dalam Kehidupan Manusia

Ada banyak alasan mengapa teknologi ini sangat dibutuhkan dalam pembangunan terutama dalam kehidupan manusia. Alasan pertama adalah teknologi ini bisa meningkatkan kualitas kerja.

Teknologi ini akan membantu meningkatkan efisiensi tenaga konstruksi yang sudah profesional. Hal ini bisa membantu menghasilkan berbagai manfaat bagi tenaga konstruksi dan bagi proyek itu sendiri.

Selain itu, teknologi yang selalu meningkat dan berkembang juga bisa membuat para pekerja konstruksi terutama yang punya pengalaman dalam menggunakan perangkat teknologi jadi lebih paham.

Mereka pun bisa menggunakan teknologi yang baru dengan lebih mudah untuk mengerjakan berbagai pekerjaan. Konstruksi merupakan sektor yang perlu didukung oleh sistem teknologi yang inovatif.

Rangkuman

Teknologi konstruksi punya peranan yang sangat penting untuk dunia konstruksi. Salah satu contohnya adalah drone yang merupakan sebuah gadget berguna untuk perusahaan konstruksi.

Alat ini bisa memenuhi banyak persyaratan serta membantu memodernisasi cara beroperasi dari berbagai industri. Misalnya, drone bisa membantu membuat laporan tentang inspeksi lokasi.

Teknologi lain seperti augmented reality juga bisa sangat berguna untuk membantu mempermudah proyek yang lebih rumit. Teknologi ini bisa menyoroti potensi masalah yang belum terwujud.

Sehingga AR bisa mencegah terlambatnya penyelesaian suatu proyek yang diakibatkan oleh komplikasi tidak terduga. AR juga bisa membuat kehidupan arsitek dan perencana lebih sederhana.

Singkatnya, berbagai teknologi konstruksi sangat membantu dalam dunia konstruksi atau pembangunan dan benar-benar berguna serta mudah untuk diterapkan atau digunakan.

Leave a Comment