Apa Itu Sanitary Ware? Pengertian, Jenis, Fungsi

Jika ada kehidupan serta tatanan dari suatu masyarakat, tentunya sanitary ware akan selalu ada juga. Adapun jenis jenisnya itu beragam. Dari yang mungkin terbilang sederhana sekali, sampai yang sangat sulit untuk dimiliki oleh orang biasa juga ada. Pengertian sanitary ware merupakan bagian pokok dalam manusia.

Contents

Pengertian Sanitary Ware

Secara pengertian, sanitary ware adalah erat dengan kebersihan manusia. Sebagai contoh, untuk buang kotoran manusia memerlukan kloset. Nah, ini disebut sanitary ware. Dalam arti lain, sanitary ware bisa diartikan sebagai segala sesuatu yang ada kaitanya dengan sarana kebersihan dan pembuangan limbah manusia.

Walaupun begitu, sangat disayangkan juga jika saat ini begitu banyak sanitary ware yang dihiraukan begitu saja dan jadi rusak. Tidak hanya rusak namun jadi tidak dapat berfungsi serta sarang dan sumber penyakit. Oleh karena hal ini, kebersihan dari sebuah sanitary ware merupakan bagian pokok yang begitu urgent.

Jenis Jenis Sanitary Ware

1. Kloset

Pertama dan yang akan selalu ditemukan adalah alat untuk buang air besar. Lebih tepatnya ini disebut kloset. Jadi fungsi dari alat ini adalah untuk sarana pembuangan kotoran dari limbah manusia ke sebuah penampungan yang disebut lubang sanitasi. Mengapa demikian? Pastinya karena manusia mengeluarkan kotoran.

2. Bath Up

Pengertian sanitary ware sebetulnya tidak Cuma berkaitan dengan pembuangan sisa kotoran manusia saja. Lebih dalamnya lagi adalah sarana untuk membersihkan diri dari segala kotoran yang mungkin menempel. Namun, tidak banyak orang juga yang memakai bathub ini.

Apalagi untuk daerah yang rural, tentu penggunaan bathup mungkin mustahil untuk ditemui. Orang orang yang pada kawasan pedesaan lebih memilih untuk membersihkan diri di sebuah kali, sendang atau bahkan sungai. Hal tersebut untuk orang orang sekitar desa tidak asing atau bahkan aneh.

3. Shower

Berikutnya masih saja seputar pengertian sanitary ware serta jenis jenisnya. Shower menjadi salah satu untuk diperhatikan ketika membicarakan sanitary ware. Mengapa? Shower kerap dijadikan untuk alat yang dipergunakan dalam mengalirkan air ketika mandi. Namun, pengganti shower ini bisa keran air saja.

Walaupun lumayan terkenal apabila pada perkotaan, shower di desa juga tidak gampang untuk ditemukan. Hanya orang kaya atau mungkin beberapa orang yang memang dasarnya memiliki privilege saja. Rasa shower ini seperti mandi dan berada di bawah air terjun yang bisa diatur debitnya.

4. Wastafel

Ketika membersihkan diri pasti juga pernah mendapati alat atau tempat yang disebut wastafel. Dalam kaitanya dengan cuci tangan atau juga membersihkan wajah. Wastafel tidak dapat dipergunakan untuk mencuci kaki. Tetapi, fungsinya sangat fleksibel dan praktis tidak menguras banyak ruang dalam rumah.

Hal itu karena wastafel memang didesain untuk membersihkan secara sederhana bukan untuk mandi atau yang lebih besar. Kelebihan wastafel ini selain juga praktis, tapi bisa untuk membersihkan diri atau cuci tangan di ruang terbuka. Apalagi ketika covid, semua tempat tentu memiliki wastafel di dalamnya.

5. Floor Drain

Selanjutnya berkaitan dengan pengertian sanitary ware yang untuk buang limbah, floor drain sangat berkaitan dengan hal tersebut. Dalam suatu kamar mandi, aka nada kran, floor drain dan juga gayung atau semacamnya. Setiap bagian fungsinya masing masing dan tentu selalu bermanfaat.

Tanpa Adanya alat atau disebut benda juga yang bernama floor drain, maka kemana air akan menuju selanjutnya. Dengan bantuan floor drain yang menyambungkan air kotor menuju pembuangan, maka kebersihan dapat terjaga begitu keren. Jalannya limbah ini akan diteruskan pada tempat selanjutnya untuk diproses.

6. Kran Air

Bagian terakhir, dari jenis serta pengertian sanitary ware ada yang namanya keran air. Kran air tersebut sangat familiar dan tidak ada yang tidak tahu akan hal itu. Fungsinya tentu saja berkaitan dengan Mensuplai air. Akan tetapi disini hanya untuk mengalirkan air bersih yang kiranya akan digunakan untuk keperluan.

Dalam penggunaanya, keran ini selalu berdampingan dengan alat yang lain. Sebagai contoh, di samping kloset akan selalu ada keran. Karena dua hal tersebut akan saling memiliki ketergantungan sama lain. Namun keran air bisa fungsi walaupun tidak berdampingan dengan peralatan lain.

7. Bak Mandi

Dalam kehidupan apabila memungkinkan tidak ada benda bak mandi, maka akan terjawab bahwa kebersihan bisa dinilai nol saja. Sanitary ware begitu membantu dalam proses menghilangkan kuman serta menjadikan individu lebih bersih dan akan selalu sehat tentunya. Maka, keberadaan sanitary ware ini mudah diketahui.

8. Paralon Air

Sanitary ware yang ini tentu akan selalu ada pada setiap rumah. Akan sangat mustahil apabila untuk kondisi zaman sekarang sebuah rumah tidak memiliki sanitary ware. Mengingat pengertian sanitary ware adalah berkaitan dengan pembuangan sebuah limbah, maka paralon ini tentunya ada.

9. Pengering Tangan

Untuk selanjutnya, sanitary ware ini juga banyak jenis serta memiliki fungsi sendiri sendiri. Beberapa sebutan lain juga kerap menjadikan sanitary ware ini lebih banyak diketahui. Pengering tangan jarang dipunyai juga tapi begitu bermanfaat.

10. Gayung

Gayung memang bukan satu satunya sanitary ware yang dikatakan urgent, tapi manfaat sekali Tidak akan ada kehidupan pada tatan manusia yang damai dan bersih apabila tidak ada sanitary tersebut. Walaupun betul jika pada kenyataannya banyak sekali sanitary ware yang jauh dari apa yang sudah ditentukan untuk kesehatan manusia.

Setelah tau akan pengertian sanitary ware dan juga segala jenisnya, pasti penasaran bagaimana cara mempergunakannya. Pada bacaan di atas sudah dirincikan begitu jelas akan bagaimana fungsi dari setiap benda. Benda yang terkait serta juga yang bisa berdiri untuk sendiri.

Leave a Comment