Model Plafon PVC

Model Plafon PVC – Sebuah plafon menjadi bagian konstruksi yang berfungsi sebagai penahan percikan air hujan, rembesan, dan sistem kelistrikan pada sebuah rumah.

Salah satu jenis plafon yang mulai dilirik saat ini adalah model plafon PVC yang memiliki karakteristik tersendiri.

Pada dasarnya, material yang umum digunakan sebagai bahan dasar plafon adalah fiber semen dan gypsum. Padahal, plafon PVC juga bisa digunakan untuk bangunan rumah yang estetik.

Untuk lebih jelasnya, simak ulasan mengenai bahan plafon PVC berikut ini:

Pengertian Plafon PVC

PVC merupakan salah satu jenis polimer dari tipe Polyvinyl Chloride. Mungkin Anda lebih sering mendengar bahan ini digunakan sebagai pipa air.

Dahulu PVC memang sudah sering digunakan untuk pipa air, namun pembuatannya untuk plafon sedikit berbeda.

Produksi PVC secara garis besar dibagi menjadi dua, yaitu produksi menjadi bahan keras dan plastik fleksibel.

Bahan yang fleksibel inilah yang cocok digunakan sebagai struktur rumah hunian, sekolah, rumah sakit, dan bangunan lainnya.

Penggunaan bahan PVC untuk plafon rumah semakin menarik banyak orang karena bisa menambah nilai estetika dalam ruang.

Model Plafon PVC Ruang Tamu

1. Model Unik

model plafon pvc ruang tamu unik
isibangunan.com

Plafon PVC ini tampak unik memiliki bentuk seperti bibir yang tersenyum. Anda bisa membuat kombinasi PVS persegi panjang coklat tua dan putih dengan memberikan aksen melintang di tengahnya.

2. Model Waffle

model plafon pvc waffle
isibangunan.com

Modal waffle ini bisa dipilih karena memiliki tampilan tebal dengan tampilan kotak-kotak yang timbul. Motif ini cocok dipasang di ruang tamu.

3. Model Timbul

model plafon pvc timbul
isibangunan.com

Model timbul bisa menjadi pilihan motif yang unik untuk ruang tamu Anda. Terdapat bagian berbentuk lingkaran yang timbul dan mengeluarkan cahaya biru. Sedangkan bagian bulat kecil di tengahnya justru tidak dipasang lampu apapun.

Model Plafon PVC Kamar Tidur

1. Model Plafon Indirect

model plafon kamar tidur
isibangunan.com

Plafon model indirect menjadi plafon yang menggunakan teknik penerangan tidak langsung. Model ini tidak menggunakan lampu tempel atau lampu gantung. Lampu dipasang di bagian dalam, sehingga menghasilkan efek cahaya berpendar.

2. Model Drop Ceiling Semu

model  plafon pvc kamar tidur drop ceiling
ruangarsitek.id

Model plafon jenis PVC untuk kamar tidur ini biasanya memiliki bagian sisi yang lebih maju dibanding tengahnya. Konsep ini dibuat semu karena adanya garis timbul, sehingga disebut model drop Ceiling semu.

Model Plafon PVC Teras

Model Kombinasi Putih dan Coklat

plafon teras Kombinasi Putih dan Coklat
pinterest.com

Plafon PVC untuk teras perlu dibuat kuat dan tahan lama. Hal ini untuk melindungi dari rembesan air, panas, dan kelembaban yang tinggi. Jadi, bagi Anda yang mencari referensi model plafon dari PVC untuk teras, gambar di atas bisa menjadi pilihan.

Plafon PVC Natural Motif Kayu

Plafon Natural Motif Kayu
pinterest.com

Plafon PVC dengan motif kayu yang natural menjadi salah satu primadona dan banyak dipilih. Plafon ini memberikan kesan sederhana, sehingga membuat rumah menjadi lebih nyaman dan hangat.

Model plafon PVC memang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk plafon rumah Anda. Sifat plafon ini lentur sehingga memudahkan Anda membuat desain yang diinginkan. Selain itu, ketahanan dan keawetannya pun tidak perlu diragukan lagi.

Kelebihan dan Kekurangan

Plafon PVC mulai banyak konsumen saat ini. Sebelum memilih PVC sebagai material plafon, sebaiknya Anda memahami kelebihan dan kekurangannya beriktu ini:

Kelebihan

1. Awet

Plafon yang terbuat dari bahan PVC bisa bertahan hingga puluhan tahun, lho. Hal ini menjadikannya tidak kalang dengan bahan lain seperti gipsum. Model plafon PVC tahan terhadap serangan rayap dan tidak rembes terhadap air.

2. Ringan

Bahan PVC untuk plafon ini dikenal berkualitas dan tahan lama. Selain itu, material ini juga cenderung lebih ringan dibanding bahan lainnya. Karakteristiknya yang ringan ini tentu membuatnya akan lebih mudah dipasang.

3. Mudah Dirawat

Karakteristik plafon PVC yang tidak mudah pecah membuatnya lebih mudah dirawat. Hal ini berbeda dengan bahan lain seperti bahan semen atau triplek yang lebih rentan.

Kekurangan

1. Mengandung Klorin

Seperti yang disebutkan di atas, bahan utama dari PVC adalah polimer klorin. Bahan tersebut seringkali dianggap berbahaya bagi manusia jika sudah berubah bentuk zatnya. Bahan klorin berbahaya jika sudah menjadi gas yang terhirup.

2. Kurang Menarik tanpa Warna

Tanpa modifikasi motif atau warna, model plafon jenis PVC akan terlihat kurang estetik. Bagi Anda yang menyukai tampilan estetik di rumah, penggunaan PVC sebagai plafon akan lebih baik jika disertai warna menarik.

4. Sulit Didaur Ulang

Walau bagaimanapun juga PVC merupakan bagian dari polimer termoplastik yang banyak digunakan di dunia. Bahkan berada di urutan ketiga setelah polietilena dan polipropilena. Bahan ini dikenal sulit untuk didaur ulang.

Jenis Plafon PVC

Plafon PVC memiliki motif yang bervariasi sehingga bisa mempercantik rumah Anda. Beberapa varian yang bisa dipilih antara lain sebagai berikut:

1. Plafon PVC Motif Kayu

Bagi Anda yang suka tampilan rumah tampak berkesan alami, penggunaan plafon PVC motif kayu ini bisa dipilih. Motif kayu ini masih terbagi menjadi beberapa model yang menarik, di antaranya adalah flat gloss brown wood grain, flat doff rose wood, dan flat dove walnut rose.

2. Plafon PVC Motif Garis

Motif garis yang banyak dipilih untuk plafon PVC adalah red peach hybrid, silver hybrid , hologram line, dan hologram wood. Anda bisa membuat kombinasi warna yang estetik dengan pilihan warna tersebut. PVC memiliki sifat yang lentur, sehingga memudahkan Anda membuat desain motif.

3. Panel PVC untuk Plafon

Pembuatan model plafon dari PVC ini membutuhkan panel yang bisa disesuaikan secara kondisional, yaitu sebagai berikut:

  • Panel sambungan setelah perakitan, yaitu berupa selokan berukuran kecil-kecil sejalur.
  • Panel polos pada permukaan, yaitu panel yang tidak ada tempat yang terlihat dari sambungan strip yang dibuat.

Biasanya, plafon PVC banyak yang dibuat dengan permukaan glossy. Apabila Anda tidak menyukai tekstur tersebut, hasil akhir bisa dibuat matte.

Leave a Comment