Solusi Kulkas Dingin Tapi Tidak Beku: Penyebab dan Cara Mengatasi

Bingung kulkas dingin tapi tidak beku? Masalah satu ini memang sering dikeluhkan pengguna lemari es. Hal ini tentu sangat menyebalkan, sebab kulkas tidak bisa difungsikan secara maksimal.

Contents

Penyebab Kulkas Dingin Tapi Tidak Beku

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kulkas tetap dingin namun tidak beku, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Coil Kondensor Kotor

Letak coil kondensor di freezer umumnya berbeda-beda. Ada yang di bagian bawah, belakang, maupun dinding. Coil yang berada di dalam tentu akan lebih terlindungi.

Oleh sebab itu, tidak mudah kotor dan tidak harus dibersihkan secara berkala. Namun, pada kulkas yang kumparannya ada di bagian belakang atau bawah, maka harus rutin dibersihkan.

Pasalnya, kedua sisi tersebut berada di area terbuka dan mudah diakses. Karenanya, memerlukan perawatan ekstra dengan dibersihkan minimal 6 bulan sekali.

2. Thermostat Pengontrol Suhu Tidak Berfungsi

Perlu diketahui, bahwa thermostat pengontrol suhu memiliki pengaruh besar terhadap kompresor, kipas kondensor, dan motor kipas evaporator.

Apabila thermostat tidak berfungsi dengan baik, sudah pasti akan menimbulkan masalah pada sistem pendingin. Kalau sudah begitu, maka harus dicari jalan keluarnya.

Untuk mengetahui apakah thermostat berfungsi secara normal atau tidak, maka bisa mengaturnya dari setting rendah ke tinggi sampai terdengar bunyi, seperti “klik”.

Kalau tidak terdengar bunyi “klik”, kemungkinan besar thermostat mengalami kerusakan. Sebaliknya, kalau bunyi tersebut terdengar, berarti thermostat dalam kondisi normal.

3. Kipas Kondensor Tidak Bekerja

Fungsi utama kipas kondensor adalah menarik udara dari kondensor. Apabila bagian motor kipas bermasalah maupun tidak berfungsi, maka udara tidak dapat ditarik kondensor.

Hal tersebut akan menyebabkan kulkas / freezer tidak bisa dingin. Karenanya, pemilik kulkas harus memeriksa bantalan motor kipas. Mungkin saja mengalami aus dan harus diganti.

4. Coil Evaporator Tertutup

Salah satu penyebab coil evaporator tertutup adalah sistem defrost mengalami masalah. Seperti diketahui, setiap hari sistem defrost (pemanas) menyala beberapa kali.

Pasalnya, fungsinya adalah mencairkan es yang mungkin telah menumpuk pada coil evaporator. Kalau sistem defrost tidak bekerja, maka akan terjadi penumpukan es.

Akibatnya, kulkas dingin tapi tidak beku. Untuk memastikan apakah defrost berfungsi atau tidak, maka dapat menguji kontinuitas sistem dengan menggunakan multimeter.

5. Start Relay Tidak Berfungsi

Komponen start relay berperan sebagai pemasok daya ke kompresor. Apabila tidak berfungsi, maka dapat dipastikan kalau kompresor juga tidak akan bekerja.

Kalau kompresor mogok kerja, dijamin kulkas akan kehilangan kemampuan secara signifikan. Hal tersebutlah yang membuat lemari es jadi kurang dingin atau tidak bisa beku.

Bagaimana cara memastikan start relay berfungsi atau tidak? Ikuti panduannya di bawah ini:

  • Cabut colokan listrik untuk menghentikan aliran arus.
  • Lepaskan bagian start relay dari kompresor.
  • Untuk menguji fungsi dari start relay, maka bisa menggunakan multimeter.
  • Apabila start relay mengeluarkan bau gosong seperti terbakar, maka harus segera diganti dengan yang baru.
  • Sebab itu adalah tanda pasti kalau start relay sudah rusak.
  • Motor Kipas Evaporator Bermasalah
  • Bagian motor kipas evaporator berfungsi untuk mengalirkan udara yang berada di coil evaporator supaya dapat diedarkan ke semua bagian kulkas atau freezer.

Jika komponen ini berhenti bekerja, maka freezer tidak akan dapat digunakan membekukan apapun. Secara sederhana, jika pintu kulkas dibuka, maka kipas evaporator berhenti bekerja.

Oleh sebab itu, untuk memeriksa kondisi dari kipas evaporator, pemilik kulkas hanya perlu membuka pintu freezer, lalu aktifkan saklar pintu manual.

Kalau saklar telah berada dalam posisi ON atau aktif, namun motor kipas evaporator tetap tidak berfungsi, maka sudah pasti rusak sehingga perlu diganti dengan yang baru.

Kompresor Tidak Berfungsi

Fungsi kompresor adalah sebagai pengompres refrigerant serta sirkulasi refrigerant melalui kondensor dan evaporator. Kalau kompresor tidak bekerja, kulkas akan sulit menjadi dingin.

Pemeriksaan keadaan kompresor dapat dilakukan dengan multimeter. Pengguna bisa menguji kontinuitas komponen pin listrik yang berada di sisi kompresor.

Cara Mengatasi Kulkas Dingin Tapi Tidak Beku

1. Jauhkan Kulkas dari Peralatan Penghasil Panas

Pemilik freezer atau kulkas sebaiknya mengetahui apa saja peralatan yang bisa menghasilkan panas, seperti oven listrik, kompor gas, pemanggang roti, rice cooker, dsb.

Meskipun kelihatannya sangat sepele, akan tetapi udara panas yang berada di sekitar lemari es akan mempengaruhi performanya, sehingga kulkas akhirnya jadi kurang dingin.

2. Memeriksa Tegangan Arus Listrik

Tegangan listrik kurang stabil bisa memicu gangguan terhadap alat-alat elektronik, termasuk kulkas. Sebab kondisi listrik yang tidak stabil dapat menurunkan performa lemari es.

Saat kulkas tidak dingin, maka bisa jadi terdapat masalah pada tegangan arus listrik. Jadi, tidak perlu panik berlebihan. Satu-satunya solusi adalah dengan menghubungi petugas PLN.

3. Tidak Menyimpan Makanan Panas Dalam Lemari Es

Siapa sangka, jika meletakkan makanan yang masih dalam keadaan panas ke dalam kulkas nyatanya dapat mengakibatkan terjadinya penurunan suhu cukup signifikan dalam kulkas.

Kalau dilakukan secara terus-menerus, bukan tidak mungkin akan membuat kulkas jadi cepat rusak, seperti mengalami masalah tidak bisa membekukan makanan atau minuman lagi.

4. Mengatur Suhu Kulkas

Saat pertama kali membeli sebuah kulkas baru, pastikan mengecek pengatur suhu terlebih dahulu. Sebab masalah yang muncul mungkin saja dikarenakan suhu kulkas tidak maksimal.

5. Hubungi Jasa Service Kulkas Profesional

Sudah melakukan ragam cara di atas namun suhu dalam kulkas tidak kunjung normal? Disarankan agar segera menghubungi jasa service kulkas berpengalaman di bidangnya.

Kulkas dingin tapi tidak beku adalah sebuah masalah klasik yang cukup umum dialami oleh pemilik lemari es. Namun, sekarang tidak perlu khawatir lagi karena sudah tahu solusi memperbaikinya.

Leave a Comment