Desain Rumah Industrial Low Budget

Desain Rumah Industrial – Selain rumah modern, beberapa rumah memiliki tampilan industrial dengan desain modern yang ramping.

Rumah-rumah ini juga modern, tetapi eksteriornya menggunakan bahan-bahan seperti batu, baja, logam, dan lmaterial lain yang memberikan kesan industrial.

Dan ketika kita mengatakan industrial, tampaknya meminjam beberapa karakteristik dari pabrik dan struktur industri lainnya.

Desain rumah pada umumnya menggambarkan karakteristik si penghuninya.

Jika Anda menggunakan gaya Skandinavian, sebenarnya penghuni rumahnya tidak jaug adalah sekelompok orang minimalis dan mereka tidak menyukai pernak-pernik yang berlebih pada dekorasi rumah.

Jika Anda sedang dalam menggunakan gaya Shabby Chic, tentu penguninya menyukai “keramaian” dengan warna-warnanya yang soft.

Apa Itu Industrial Design?

Industrial design adalah konsep desain arsitektur yang memanfaatkan bahan daur ulang atau bahan indsutri yang digunakan sebagai material utama dalam desain interior maupun eksterior bangunan.

Material daur ulang yang digunakan itu seperti kaca, besi, alumunium, dan material lainnya.

Lalu bagaimana perkembangan konsep desain industrial saat ini? Pada umumnya pemilik rumah jarang mengaplikasikan desain rumah ini.

Karena pada dasarnya konsep rumah industrial menuntut penghuni rumah untuk lebih berupaya dalam membangun dan selalu merawatnya secara rutin.

Meski sulit, namun masih ada yang mengusung konsep industrial house di era sekarang.

Mereka yang mengusung konsep rumah industrial mengharapkan lingkungan yang hangat secara alami di rumah mereka.

Kehangatan ini bisa hadir melalui material yang biasanya selalu hadir pada rumah industri seperti kayu, besi dan tembok unfinished.

Sebagai inspirasi, mari kita intip 5 desain rumah industrial berikut ini.

1. Desain Rumah Industrial Low Budget, Rumah Lestari

Desain Rumah Industrial Low Budget - Rumah Lestari
Credit: SPOA Arsitek

Dengan luas 150 meter persegi, “rumah lestari” adalah bagian dari rangkaian reduhouse.

Rumah industrial ini menyediakan ruang untuk keluarga beranggotakan empat orang dengan area seluas itu.

Lantai pertama rumah ini didesain dengan konsep open plan. Dengan menggunakan dinding transparan, ruangan terasa lebih lega dan terhubung dengan area luar.

Dengan ruang outdoor sebesar itu, penghuni akan merasa terhubung dengan alam.

Desain Rumah Industrial Low Budget Sederhana
Credit: SPOA Arsitek

Dengan menggunakan konsep redu house dengan tempa industrial biaya konstruksi berkurang hampir 40 persen dibandingkan dengan sistem konvensional pada umumnya. Desain rumah ini bisa menjadi pilihan perumahan yang terjangkau untuk kelas menengah di Indonesia.

Baca juga : Model Rumah Minimalis Sederhana Karya Arsitek Indonesia

2. Desain Rumah Industrial Modern, Breeze Blocks House

Desain Rumah Industrial Modern - Breeze Blocks House
Credit: Tamara Wibowo Architects

Bentuk rumah berupa atap bersudut curam membuat bingkai A dengan kulit sekunder yang terbuat dari blok cinder yang dirancang khusus sebagai fasad bersama dengan bingkai Corten yang menonjol di sekitar rangkaian bukaan di seluruh rumah.

Selain bertindak sebagai pendingin pasif, blok angin juga berfungsi untuk mengurangi koneksi visual dari luar ke dalam dengan tetap menjaga privasi di dalam rumah.

Unsur-unsur alam juga mengambil bagian penting dari fasad, karena sepasang pohon ditempatkan di ruang di antaranya, sehingga cabang dan daunnya tumbuh melalui lubang kecil di blok angin, yang membuat Fasad akan terus berubah dengan pepohonan yang tumbuh secara alami.

Kehadiran pepohonan menyatu dengan arsitektur rumah dan memberikan karakter dinamis dan energi yang hidup pada rumah.

3. Desain Rumah Indutrial Sederhana, SN-House

Desain Rumah Indutrial Sederhana - SN-House
Credit: RUANGRONA Arsitek

SN-House di desain oleh RUANGRONA yang merupakan hunian urban yang dipadukan dengan showroom butik yang terletak di lantai dasar hunian industrial ini.

Bentuk rumah yang tidak begitu luas dan memanjang ke belakang ini disesuaikan dengan kebutuhan klien yang membutuhkan tempat tinggal serta tempat kerja dan showroom butik yang nyaman dan sangat luas.

Dengan bukaan samping ke area taman menambah kesan lapang pada hunian.

Konsep industrial ini terlihat dari penggunaan material unfinished pada eksterior rumah. Sungguh sangat menyegarkan bukan?

4. Desain Industrialis Perpaduan Tropis, AA Residence

Desain Industrialis Perpaduan Tropis - AA Residence
Credit: Bitte Design Studio

Desain rumah yang mengusung konsep industrial memang menarik perhatian, apalagi dipadukan dengan sentuhan tropis.

Desain yang luar biasa dari Bitte Design Studio dalam memadukan desain industrial dan tropis telah menghasilkan AA Residence, sebuah hunian nyaman yang tampak hebat.

AA Residence adalah hunian yang berada di daerah Jakarta Selatan tepatnya di daerah Cimanggis.

Hunian ini dibanguna pada tahun 2016 yang dibangun dengan konsep Industrial.

5. Desain Industrialis Dengan Gaya Natural

Desain Industrialis Dengan Gaya Natural
Credit: SPOA Arsitek

Sebagai negara yang sedang berkembang, Indonesia memiliki pertumbuhan masyarakat dengan tingkat ekonomi menengah yang cukup tinggi.

Untuk kelas menengah, sulit memiliki hunian yang terjangkau dan sesuai kebutuhan, apalagi di kota besar seperti Jakarta.

Untuk menjawab permasalahan tersebut, Studio Arsitek SPOA mengembangkan Reduhouse, sebuah rangkaian hunian yang menerapkan konsep reduksi dan desain yang fungsional.

Dengan perhitungan yang cermat, Reduhouse menerapkan konsep dari hulu ke hilir sehingga dapat mencapai efisiensi material, memanfaatkan potensi tukang dan menentukan modul spasial.

Leave a Comment