Dapur Minimalis Ukuran 2×1

Menata dapur adalah salah satu aktivitas penting agar rumah tampil nyaman dan indah. Dapur yang bersih dan tertata secara apik akan memberikan kesan untuk pemilik rumahnya. Namun luasan dapur sering menjadi kendala. Hal ini bisa teratasi dengan membuat dapur minimalis ukuran 2×1.

Banyak konsep yang bisa diadopsi dalam memilih desain dapur minimalis ini. Hal yang perlu diperhatikan agar tampilan dapur terlihat rapi adalah penempatan perabot dan pemilihan perabot yang sesuai dengan ukurannya.

Dapur 2×1 Desain Minimalis Sederhana

model 1 desain dapur minimalis 2x1 sederhana
model 1 dapur ukuran 2×1 sederhana via pinterest.com
model 2 desain dapur minimalis 2x1 sederhana
model 2 desain dapur minimalis 2×1 sederhana via pinterest.com
model 3 desain dapur minimalis 2x1 sederhana
model 3 desain dapur minimalis 2×1 sederhana via pinterest.com
model 4 desain dapur minimalis 2x1 sederhana
model 4 desain dapur minimalis 2×1 sederhana via pinterest.com
model 5 desain dapur minimalis 2x1 sederhana
model 5 desain dapur minimalis 2×1 sederhana via pinterest.com

Desain ini sangat minimalis, baik ukuran maupun macam perabotan yang digunakan. Dapur kecil ini terlihat luas dan tidak sesak karena penempatan furnitur yang tidak terlalu berlebihan. Anda cukup menggunakan kitchen set tanpa kabinet dinding.

Sebagai gantinya, Anda bisa menempatkan kabinet pada bagian bawah yang telah disesuaikan dengan ukuran meja pada dapur. Kabinet ini paling tidak terdiri dari satu kabinet besar yang memungkinkan gak elpiji ukuran 12 kg bisa masuk. Selain itu gunakan warna netral dan jendela untuk pencahayaan.

Dapur 2×1 Dengan Keramik Dinding Putih

gambar 1 dapur ukuran 2x1 modern minimalis
gambar 1 dapur ukuran 2×1 modern minimalis via pinterest.com
gambar 2 dapur ukuran 2x1 modern minimalis
gambar 2 dapur ukuran 2×1 modern minimalis via facebook.com
gambar 3 dapur ukuran 2x1 modern minimalis
gambar 3 dapur ukuran 2×1 modern minimalis via facebook.com
gambar 4 dapur ukuran 2x1 modern minimalis
gambar 4 dapur ukuran 2×1 modern minimalis via facebook.com
gambar 5 dapur ukuran 2x1 modern minimalis
gambar 5 dapur ukuran 2×1 modern minimalis via pinterest.com

Ruangan ukuran 2 x 1 sudah bisa loh untuk membuat dapur dengan konsep modern. Anda bisa membuat dapur bentuk L yang menarik ini. Dengan warna dominan yang digunakan adalah putih, membuat ruangan terlihat lebih luas.

Perabotan yang digunakan antara lain kabinet dinding, meja dapur yang dilengkapi dengan kabinet untuk memasukkan oven, serta wastafel pada sudutnya. Agar terlihat lebih modern, gunakan kompor listrik serta permukaan meja dengan corak kayu.

Dapur 2X1 Dengan Konsep Industrial

desain 1 dapur industrial 2x1
desain 1 dapur industrial 2×1 via instagram
desain 2 dapur industrial 2x1
desain 2 dapur industrial 2×1 via instagram
desain 3 dapur industrial 2x1
desain 3 dapur industrial 2×1 via instagram
desain 4 dapur industrial 2x1
desain 4 dapur industrial 2×1 via instagram
desain 5 dapur industrial 2x1
desain 5 dapur industrial 2×1 via instagram

Dalam konsep dapur berdesain industrial ini, elemen yang paling banyak digunakan adalah aluminium, baja, besi, dan sejenisnya. Material ini bisa dijadikan material utama atau sebagai pendukung perabot yang sifatnya dekoratif. Meja dapur cukup sederhana untuk menempatkan kompor.

Pada sisi atas meja dapur terdapat beberapa baris ambalan sebagai tempat menyimpan peralatan makan dan minum. Tepat di depan meja dapur terdapat meja dan kursi untuk menyantap hidangan. Lampu gantung dari material keras akan kontras dengan ruangan tersebut.

Desain Dapur Minimalis 2×1 Kombinasi Lantai Kayu

gambar 1 dapur kecil ukuran 2x1
gambar 1 dapur kecil ukuran 2×1 via pinterest.com
gambar 2 dapur kecil ukuran 2x1
gambar 2 dapur kecil ukuran 2×1 via pinterest.com
gambar 3 dapur kecil ukuran 2x1
gambar 3 dapur kecil ukuran 2×1 via pinterest.com
gambar 4 dapur kecil ukuran 2x1
gambar 4 dapur kecil ukuran 2×1 via pinterest.com
gambar 5 dapur kecil ukuran 2x1
gambar 5 dapur kecil ukuran 2×1 via pinterest.com

Dapur dengan desain natural bisa diadopsi dari konsep dapur skandinavian. Pada desain ini perabotan yang digunakan lebih banyak menggunakan material kayu. Dapur bentuk L ini menggunakan meja dapur dengan kabinet dan laci-laci dibawahnya.

Pada satu sisi meja dibuat agak rendah untuk menempatkan kompor agar sejajar dengan permukaan meja sekelilingnya. Wastafel dipasang pada sisi L yang lain menghadap ke jendela. Pada bagian atas terdapat ambalan besar sebagai penyimpanan perabotan dapur lainnya.

Dapur 2×1 Desain Simple

desain 1 dapur 2 x 1 sederhana
desain 1 dapur ukuran 2×1 sederhana via instagram
desain 2 dapur 2 x 1 sederhana
desain 2 dapur ukuran 2×1 sederhana via instagram
desain 3 dapur 2 x 1 sederhana
desain 3 dapur ukuran 2×1 sederhana via instagram
desain 4 dapur 2 x 1 sederhana
desain 4 dapur ukuran 2×1 sederhana via instagram
desain 5 dapur 2 x 1 sederhana
desain 5 dapur ukuran 2×1 sederhana via instagram

Penggunaan ambalan dinding, ternyata mampu membuat sebuah dapur mungil terlihat luas. Untuk bisa mengadopsi desain dapur simpel ini, Anda perlu menempatkan meja dapur dengan kabinet dibawahnya. Masing-masing meja digunakan sebagai tempat kompor dan wastafel.

Dapur ini hanya menggunakan ambalan dinding tanpa kabinet dinding. Sebagai gantinya, Anda bisa menyimpan beberapa perabotan pada kabinet meja atau rak minimalis di sekitarnya. Agar lebih cantik gantungkan lampu yang unik dengan kesan klasik.

Desain Dapur Minimalis Ukuran 2×1 Warna Putih

desain 1 dapur 2 x 1 putih
desain 1 dapur 2×1 minimalis putih via pinterest.com
desain 2 dapur 2 x 1 putih
desain 2 dapur 2×1 minimalis putih via pinterest.com
desain 3 dapur 2 x 1 putih
desain 3 dapur 2×1 minimalis putih via pinterest.com
desain 4 dapur 2 x 1 putih
desain 4 dapur 2×1 minimalis putih via renoquotes.com
desain 5 dapur 2 x 1 putih
desain 5 dapur 2×1 minimalis putih via pinterest.com

konsep ini sangat cocok untuk dapur minimalis ukuran 2×1. Seperti yang telah diketahui bahwa warna putih menjadi warna yang membuat ruangan terasa lebih luas. Hal ini bisa dikombinasikan dengan pemilihan perabot dapur yang sederhana.

Meja dapur dibuat lurus menempel pada dinding dengan kabinet dan laci dibawahnya. Anda bisa menempatkan rak sedang pada pojok dinding dapur. Bagian depan area memasak terdapat meja panjang dengan kursi bulat. Tentunya semua menggunakan warna putih dari dinding hingga perabotnya.

Tips Agar Dapur Minimalis Ukuran 2×1 Terlihat Luas

1. Bermain Warna

Langkah pertama agar dapur sempit terlihat luas adalah dengan permainan warna. Berikan sentuhan seperti warna putih, abu-abu, kuning, hingga merah. Trik lainnya adalah aplikasikan warna yang lebih terang pada bagian tertentu yang dipadukan dengan warna netral.

2. Dekorasi Dapur Natural

Elemen tekstur kayu menjadi salah satu elemen yang bisa digunakan pada trik ini. Agar ruangan tidak terlalu penuh, terapkan pola tekstur yang tidak terlalu ramai. Berikan juga sentuhan natural dengan menempatkan tanaman indoor di area dapur.

3. Desain Dapur dengan Sentuhan Batu

Sentuhan batu alam yang berwarna putih, bisa menjadi alternatif dalam membuat dapur mungil menjadi lebih luas. Jika Anda tidak terlalu suka dengan material ini, bisa juga dengan mengaplikasikan material spotless pada table top dan back splash.

Apabila ingin menggunakan batu alam, lebih baik memilih pola yang sederhana dan ukuran yang kecil. Jangan memasang batu alam dengan ukuran besar dan corak yang penuh. Saat ini corak batu alam juga bisa didapatkan dari keramik yang memiliki corak tersebut.

4. Dapur Konsep Terbuka

Tips selanjutnya adalah membuat dapur dengan konsep yang terbuka. Karena ruangan yang disediakan sangat terbatas, maka dapur lebih baik dibuat tanpa sekat. Jika dapur berada didalam ruangan yang berpintu atau bersekat akan membuat ruangan terasa lebih sempit.

Konsep open space ini juga akan membantu dalam pergerakan selama menggunakan dapur. Untuk mengatasi aroma masakan yang bisa menyebar kemana-mana di area terbuka, gunakan cooker hood pada bagian atas kompor. Sebisa mungkin dapur memiliki jendela atau space yang menghadap keluar agar pandangan bisa jauh keluar.

5. Pastikan Pencahayaan Bagus

Fungsi jendela selain untuk efek luas, juga sebagai instalasi pencahayaan. Selain itu sirkulasi udara juga semakin baik. Jendela membuat dapur lebih lapang dan bebas dari suasana sumpek. Untuk mendukungnya, tempatkan juga lampu dinding atau lampu gantung minimalis.

Kegiatan memasak akan terasa lebih menyenangkan jika dikerjakan pada dapur yang nyaman dan indah. Tidak harus dapur dengan ukuran yang luas dan besar namun bisa didapatkan dari dapur minimalis ukuran 2×1. Dengan konsep tepat, dapur sempit pun akan terlihat luas.

Leave a Comment