Pengertian Arsitektur Modern: Teori, Sejarah, Karakteristik, Contoh

Arsitektur modern adalah arsitektur yang mengarah pada gaya modern. Tentunya sangat identik dengan bangunan masa depan atau memberikan kesan futuristik.

Contents

Pengertian Arsitektur Modern

Arsitektur modern adalah konsep maupun gaya bangunan yang mengutamakan bentuk bangunan dibandingkan dengan ornamen hiasan lainnya.

Jadi, dapat dikatakan bahwa estetika modern merupakan semacam upgrade yang berasal dari bangunan penuh dekorasi yang ada pada tempo lalu. Contohnya, vintage, victorian, maupun gothic.

Desain modern datang bersamaan dengan banyaknya SDM yang diganti dengan mesin industrial. Arsitek memfokuskan pada desain yang mampu memberikan kenyamanan untuk setiap penghuni.

Elemen yang diciptakan oleh para arsitek sangat penting sebagai upaya membangun kenyamanan rumah. Pastinya tanpa menghapus nilai keindahan pada hunian tersebut.

Gaya arsitektur modern tidak sentimental layaknya geo-klasik. Alih-alih demikian, justru gaya arsitektur ini lebih condong ke bentuk yang inovatif, minimalis, dan eksperimental.

Sejarah Arsitektur Modern

Tentunya setiap gaya arsitektur memiliki sejarah tersendiri. Tanpa terkecuali arsitektur dengan gaya modern. Gaya arsitektur ini sebetulnya sudah diterapkan sejak lama yaitu sekitar 60 tahun silam.

Secara umum, gaya seperti ini mengedepankan art deco maupun kesenian dalam nuansa kesenian kontemporer modern.

Sementara itu, beberapa arsitektur lainnya hanya melibatkan sejumlah elemen sederhana. Misalnya, furnitur minimalis hingga pemilihan warna-warna netral.

Ide arsitektur ini sebetulnya dicetuskan oleh seorang arsitektur legendaris dunia bernama Louis Sullivan pada tahun 1893 ketika ia merancang bangunan Chicago World Fair.

Kemudian, muncul beberapa arsitektur-arsitektur dengan gaya serupa di dunia. Mulai dari Le Corbusier, Frank Lloyd Wright, Ludwig Mies Van der Rohe, Staatliches Bauhaus dan lainnya.

Karakteristik Arsitektur Modern

Gaya arsitektur seperti ini memunculkan banyak tipe dan gaya. Tentu saja desain ini cukup berbeda dari desain klasik dengan karakter yang sangat unik.

Tentunya tidak akan dijumpai pada arsitektur lainnya. Beberapa karakteristik dari arsitektur ini adalah sebagai berikut:

Denah Terbuka dan Sangat Fungsional

Salah satu karakteristik yang khas dari arsitektur ini adalah memiliki denah terbuka dan sangat fungsional. Tentunya hal ini sangat berbeda dari jenis arsitektur lainnya.

Desain ini begitu fokus kepada fungsi dan bentuknya. Misalnya, desain ruang dapur yang menyatu dengan ruang makan tanpa adanya pembatas apapun.

Penyatuan desain dua ruangan tersebut nantinya akan menciptakan alur rumah yang terlihat begitu lapang dan mulus. Bahkan, untuk rumah minimalis sekalipun bisa terlihat lebih luas.

Pastikan juga penataan furnitur yang ada di dalam ruangan dilakukan dengan sesuai supaya terlihat lebih baik.
Memiliki Dinding Bagian Luar dengan Jendela Cukup Besar

Selain itu, gaya arsitektur ini juga dilengkapi dengan dinding bagian luar dan jendela cukup besar. Jendela tersebut bisa berupa instalasi kaca transparan.

Kaca seperti ini akan mampu menggantikan dinding ruangan sehingga mempermudah cahaya alam masuk ke dalam ruangan dengan maksimal.

Selanjutnya, ruangan akan terasa kian hidup dan menyala. Ruangan akan jauh terlihat lebih luas dari pada bangunan lainnya yang tidak mengusung desain arsitektur seperti ini.

Bahkan, jika dilihat dari luar hunian bisa terlihat jauh lebih cantik. Tidak jarang yang beranggapan bahwa desain hunian ini terlihat mahal. Padahal belum tentu semahal yang orang-orang pikirkan.

Atap Luas dan Cenderung Tinggi

Karakteristik berikutnya dari arsitektur modern adalah mempunyai atap luas sekaligus tinggi. Ciri ini sangat umum sekali diterapkan di berbagai hunian dengan konsep ini.

Atap luas dan cenderung tinggi ini nantinya sangat berguna sebagai tempat membangun mezzanine serta menciptakan kesan yang jauh lebih terbuka dan luas.

Mungkin bangunan seperti ini akan sering ditemukan di perumahan modern perkotaan. Arsitektur ini sangat umum dijumpai di perumahan dekat pinggiran jalan.

Cobalah berjalan-jalan di pemukiman tersebut dan perhatikan bagaimana desainnya, mungkin bisa dijadikan inspirasi desain hunian terbaik.

Memiliki Garis Bangunan yang Minimalis

Selanjutnya, rumah dengan gaya arsitektur seperti ini juga mempunyai garis bangunan yang minimalis. Bentuk bangunannya cenderung berbentuk kotak atau persegi panjang.

Pastinya sangat khas dan gampang sekali dibedakan dengan bangunan rumah lainnya. Hanya dengan melihatnya sekilas saja, orang-orang sudah bisa mengenali kesan minimalis.

Seolah tidak perlu mencermatinya dua atau tiga kali, siapapun bisa langsung melihatnya sebagai rumah dengan gaya modern.

Hunian juga bisa terlihat lebih berkelas dibandingkan dengan hunian biasa. Setiap ruangan memiliki kesan tersendiri dan sangat nyaman untuk ditinggali.

Dibangun Memakai Kombinasi Material Tradisional dan Modern

Rumah dengan gaya arsitektur modern juga senantiasa menggunakan kombinasi material tradisional dan modern. Misalnya, beton, besi, dan baja. Tidak jarang juga yang menggunakan kaca transparan.

Tentunya pemilihan kaca juga perlu dicermati dengan baik. Tidak boleh sembarangan dalam memilih elemen ini. Pastikan harus yang pas dan sesuai kebutuhan.

Selain sejumlah material modern tersebut, umumnya akan dipadukan dengan material tradisional. Misalnya, kayu, bambu, dan sebagainya.

Kombinasi seperti ini tentu mampu menciptakan kesan bangunan yang bagus. Arsitektur rumah pasti tidak akan terlihat membosankan.

Berhubungan Baik dengan Alam

Terakhir, karakteristik dari arsitektur ini adalah senantiasa berhubungan dengan alam. Bisa dikatakan bangunan dengan arsitektur ini sangat identik dengan alam dan lingkungan sekitar.

Rumah dengan nuansa seperti ini senantiasa harus tetap terlihat asri. Misalnya, dengan cara menambahkan beberapa ornamen berbau alam.

Mulai dari tanaman hias, bunga, atau memasang jendela yang cukup besar. Jendela tersebut nantinya bisa membuat udara masuk dengan mudah ke dalam ruangan.

Untuk pemilihan tanaman hias, pastikan tanaman mampu menghasilkan banyak oksigen. Jika ingin memilih tanaman bunga, maka pilihlah dengan warna-warna cantik.

Arsitektur modern menjadi ide gaya hunian paling bagus saat ini dan sudah banyak contohnya di lingkungan sekitar. Konsep hunian dengan gaya modern mengutamakan keasrian dan kebersihan.

Leave a Comment