Kapasitas dan Ukuran Mesin Cuci: 1 Tabung, 2 Tabung

Menjadi salah satu benda paling penting bagi setiap orang, mesin cuci dibutuhkan hampir setiap hari. Tapi, sudahkah Anda tahu ukuran mesin cuci yang paling tepat untuk ditempatkan di rumah Anda?

Contents

Macam-Macam Ukuran Mesin Cuci

Mencuci pakaian memang tidak harus menggunakan mesin cuci, karena bisa juga digosok atau dikucek manual. Namun, mesin cuci sangat memudahkan para pemilik pakaian untuk mencuci.

Selain tangan tidak perlu lecet karena menggosok atau mengucek, pakaian kotor dalam jumlah banyak juga bisa bersih dalam waktu lebih cepat hanya satu kali putaran saja.

Namun, jenis dan ukuran mesin cuci tidak hanya satu. Oleh sebab itu, calon pemilik harus memahami dulu cara yang benar dalam memilih ukuran.

Hal penting pertama yang harus diperhatikan dalam memilih ukuran mesin cuci adalah jumlah anggota keluarga di rumah.

Semakin banyak orang di rumah, maka semakin banyak juga pakaian yang harus dicuci, sehingga mesin cuci ukuran besar lebih direkomendasikan. Begitu juga sebaliknya.

Setelah melihat jumlah anggota keluarga, sekarang perhatikan berbagai macam ukuran dan kapasitas mesin cuci yang tersedia di pasaran berikut ini:

Mesin Cuci Satu Tabung

Seperti namanya, mesin cuci ini hanya memiliki satu tabung dan umumnya memiliki pintu di bagian atas. Fungsi mesin cuci ini adalah mengucek pakaian kotor, membilas, dan juga mengeringkan.

Tapi jangan salah, meskipun tabungnya hanya satu, namun ukurannya masih terbagi lagi menjadi beberapa macam. Terdapat mesin cuci dengan kapasitas 5 kg hingga 20 kg.

Mesin cuci kapasitas 5 kg cocok untuk keluarga kecil dengan dua orang. Mesin cuci ini kira-kira dapat memuat sekitar 25 pakaian.

Jika jumlah orang di rumah sedikit lebih banyak, misalnya tiga atau empat orang, maka mesin cuci dengan kapasitas 6 atau 7 kg bisa dipilih. Mesin cuci jenis ini dapat menampung sekitar 35 pakaian.

Khusus untuk keluarga dengan jumlah anggota lima atau enam orang, maka mesin cuci berkapasitas 8 kg akan lebih tepat untuk dibawa pulang. Mesin cuci ini bisa diisi sekitar 40 pakaian kotor.

Namun jika jumlah orang di rumah lebih banyak lagi alias keluarga besar, misalnya 7 orang atau bahkan lebih, maka mesin cuci terbaik adalah yang berkapasitas 10 kg atau di atasnya.

Sekitar 50 pcs pakaian bisa dimasukkan sekaligus ke dalam mesin cuci 10 kg ini, sehingga nantinya kegiatan mencuci tidak akan boros waktu.

Mesin Cuci Dua Tabung

Jenis mesin cuci yang satu ini memiliki dua tabung yang diberi sekat atau pemisah di bagian tengahnya, dan masing-masing tabung memiliki fungsi yang tidak sama.

Misalnya tabung kiri khusus untuk mengucek dan membilas pakaian, sedangkan tabung kanan khusus untuk memeras agar saat dijemur bisa cepat kering bahkan saat tidak ada sinar matahari.

Biasanya, tabung untuk mengeringkan memiliki ukuran yang lebih kecil daripada tabung untuk mengucek dan membilas, namun hal ini juga tergantung dari merk mesin cuci.

Sedangkan untuk pintu, mesin cuci ini biasanya juga memiliki pintu di bagian atas seperti mesin cuci satu tabung. Untuk hal kapasitas, mesin cuci dua tabung tersedia dalam kapasitas 6-15 kg.

Dari segi dimensi mesin cuci, panjangnya bisa sekitar 75-90 cm, tingginya di antara 85-102 cm, dan lebarnya bisa berkisar dari 45-53 cm.

Mesin Cuci Front Loading

Mesin cuci jenis ini memiliki pintu di bagian depan dan biasanya hanya satu pintu, namun lengkap dengan ketiga fungsi yang sama seperti dua jenis sebelumnya.

Ukuran fisik dan kapasitas mesin cuci jenis ini juga beragam sama seperti mesin cuci pintu atas. Tetapi, beberapa merk premium hadir dengan kapasitas lebih banyak hingga 17 kg.

Sedangkan minimal kapasitasnya sekitar 6 kg. Dalam hal dimensi, panjangnya mulai dari 59-69 cm, lebarnya mulai dari 44-82 cm, dan untuk tinggi mesin cuci sekitar 85-98 cm.

Satu-satunya perbedaan antara mesin pintu depan dan pintu atas adalah mesin pintu depan memiliki sistem pemutar vertikal dan mesin pintu atas hadir dengan sistem pemutar gerakan horizontal.

Perbandingan Mesin Cuci Satu Tabung dan Dua Tabung

Jika ditanya tentang mesin cuci mana yang terbaik? Sebenarnya, jawabannya tergantung pada preferensi masing-masing pengguna.

Namun sebagai gambaran, mesin cuci dua tabung biasanya lebih direkomendasikan. Mengapa? Berikut perbandingan kedua jenis mesin cuci yang bisa menjadi bahan pertimbangan:

Proses Cuci dan Pengeringan

Mesin cuci dua tabung lebih memudahkan pekerjaan mencuci karena satu tabung bisa mencuci atau membilas dan tabung lainnya untuk mengeringkan.

Sementara itu, mesin cuci satu tabung harus melakukan tiga tugas tadi secara bergantian. Pengeringan mesin dua tabung juga diklaim lebih cepat karena tingkat keringnya bisa mencapai 90%.

Penggunaan Air

Mesin cuci dengan model pintu atas lebih banyak dicari karena air lebih mudah dimasukkan. Bahkan saat tidak ada selang, bisa memasukkan air dengan menggunakan ember.

Sedangkan mesin dengan pintu depan hanya bisa memasukkan air dengan selang, bukan ember. Tak heran jika mesin pintu atas lebih tersedia dalam berbagai model di pasaran.

Kerusakan

Menurut sejumlah informasi yang ada, spare part dari mesin cuci satu tabung diklaim lebih mahal daripada mesin cuci dua tabung dan juga lebih sulit untuk ditemukan.

Namun, dalam hal ini tergantung juga dari merk mesin cuci yang digunakan. Ada juga merk yang onderdilnya mudah dicari, meskipun harganya mahal.

Ukuran mesin cuci cukup beragam begitu juga dengan model pintu dan jumlah tabungnya. Apapun pilihan Anda, pastikan saja bahwa kapasitas mesin cuci sesuai dengan jumlah anggota keluarga.

Leave a Comment