Contoh Bangunan Yang Dapat Dibuat Maket

Banyak contoh bangunan yang dapat dibuat maket. Fungsinya bisa sebagai peta maupun sekadar penambah nilai estetika ruangan. Maket sendiri adalah bentuk tiruan dari sebuah objek yang ukuran aslinya besar, bisa berupa bangunan, benda atau yang lainnya.

Tujuan dari pembuatan maket, disesuaikan dengan kebutuhannya. Bahan maupun skala yang dibuat bisa juga disesuaikan tanpa mengurangi bentuk kemiripannya dengan benda yang asli. Jadi, sebisa mungkin detail kecil dari bangunan atau benda asli turut dihadirkan pada desain maket yang dibuat. Sebagai gambaran, berikut 8 contoh lebih dari bangunan yang bisa dibuat maket.

1. Lingkungan Akademik Perguruan Tinggi

Maket dari bangunan di lingkungan perguruan tinggi biasanya diletakkan pada ruangan depan atau pada halaman terbuka yang bisa dilihat oleh umum atau yang biasa dilewati mahasiswa. Umumnya pembuatan maket bisa berfungsi sebagai peta di perguruan tinggi tersebut, sehingga mahasiswa baru maupun tamu bisa dengan mudah menemukan tempatnya di kampus.

Selain itu, maket ini juga bisa menjadi daya tarik sendiri bagi siapa saja yang melihatnya, terlebih karena bisa melihat berbagai bentuk bangunan yang ada di tempat tersebut tanpa harus berkeliling.

2. Bangunan Sekolah

Seperti halnya perguruan tinggi, pada skala sekolah juga sering dibuat maket untuk menggambarkan bangunannya dengan skala yang kecil. Fungsinya pun memang untuk memudahkan dalam menemukan bangunan mana yang sekiranya akan dituju. Jika dinilai secara estetikanya, maket tentu akan memiliki nilai yang cukup tinggi. Seluruh penduduk sekolah akan dimudahkan oleh adanya maket ini. Terlebih bagi siswa yang masih baru.

3. Rumah

Contoh bangunan yang dapat dibuat maket selanjutnya adalah rumah. Bisa digunakan sebagai design 3D contoh rumah yang akan dibangun. Tidak heran jika banyak arsitek yang menggunakan cara ini karena bisa menggambarkannya secara detail dan jelas kepada klien.

Perumahan yang akan dibangun pun bisa menggunakan maket untuk contoh desainnya. Juga sebagai pembanding sebelum bangunan tersebut benar-benar direalisasikan untuk dibangun.

4. Jembatan

Landmark jembatan pun bisa dijadikan maket sebelum benar-benar dibuat. Apalagi jika jembatan tersebut menjadi ciri khas dari suatu daerah. Tentu mungkin akan lebih mudah membuat maket untuk jembatan dibanding dengan bangunan yang lain, hal ini karena detailnya yang tidak sebanyak bangunan gedung. Selain itu, tidak membutuhkan banyak bahan.

Jembatan dari maket akan sama terlihat indahnya. Bisa juga digunakan sebagai estimasi ukuran dari jembatan yang sebenarnya dengan pengukuran yang telat dan perbandingan skala yang juga benar.

5. Menara Ikon Suatu Daerah

Selain jembatan, ikon suatu daerah pun bisa juga dibuat maket. Nantinya, maket ini bisa disimpan di pusat administrasi wilayah tersebut. Sehingga bisa menjadi hiasan yang cantik untuk kantor pemerintahannya. Selain itu, membuat maket, bisa meminimalisir kesalahan desain saat menara tersebut dibangun.

Dengan begitu, desain yang sudah ada bisa langsung diaplikasikan dengan minim kesalahan. Selain menghemat anggaran, juga bisa menghemat waktu pengerjaannya.

6. Rumah Ibadah

Berbagai bangunan rumah ibadah pun bisa menjadi contoh bangunan yang dapat dibuat maket. Apalagi jika mempunyai lahan yang luas, maka pembuatan maket sangat penting untuk dilakukan. Terlebih rumah ibadah yang menjadi salah satu ikon di suatu daerah, maka pembuatan maket akan sangat menambah nilai estetikanya.

Rumah ibadah akan secara cantik bisa dilihat dari atas melalui maket yang telah dibuat. Tentu saja konsep ini menjadikannya lebih terlihat ikonik dan juga indah.

7. Pusat Pemerintahan

Tentu saja maket yang seharusnya dibuat adalah bangunan pusat pemerintahan. Selain fungsinya, maket ini bisa menjadi hiasan yang bagus diletakkan pada ruangan penerima tamu. Sehingga orang-orang yang berkunjung bisa mengetahui bentuk bagus dari bangunan di pusat pemerintahan tersebut.

Hal ini bisa dilakukan baik oleh pemerintah skala kota, daerah, maupun yang lebih tinggi lagi. Pusat pemerintahan ini meski telah dibuat maket, masih bisa jika ingin dilakukan renovasi. Hanya perlu mengganti ulang maket tersebut sesuai dengan bentuk bangunan barunya.

8. Taman

Taman kota juga bisa dijadikan maket yang indah. Terlebih karena dibalut dengan pohon dan bunga yang juga cantik. Tidak heran jika maket taman bisa menjadi keunikan dan memiliki nilai estetika yang cukup tinggi.

Taman ini bisa dari berbagai tempat, bisa taman kota, taman hutan, maupun yang lainnya. Dengan membuat maket taman, pengunjung taman bisa leluasa untuk mengitarinya berdasarkan susunan maket yang telah dihadirkan.

9. Gedung Perkantoran

Satu lagi untuk contoh bangunan yang dapat dibuat maket adalah lingkup dari wilayah gedung di perkantoran. Tujuannya tentu saja untuk memudahkan karyawan dan juga tamu saat berkunjung di kantor tersebut. Nilai estetikanya pun turut menjadi pertimbangan dalam pembuatan maket ini. Gedung Perkantoran yang modern akan sangat cantik dipandang dari atas yang digambarkan oleh maket tersebut.

Terlebih bagi Perkantoran yang sangat luas dan memiliki banyak gedung. Bahkan bisa juga satu gedung dibuat detail maketnya sendiri, untuk lebih memudahkan bagi pengguna gedungnya. Sehingga fasilitas di sana bisa lebih memanfaatkan dengan baik.

Masih banyak lagi bangunan yang bisa dijadikan maket. Hal penting dalam pembuatannya adalah kualitas bahan, desain yang sesuai, fungsi, serta peletakannya pada area yang banyak dilalui orang supaya lebih mudah dilihat. Ini dimaksudkan supaya maket yang telah dibuat memenuhi tujuan dan bisa bertahan lama juga tetap terlihat cantik. Itulah 9 dari contoh bangunan yang dapat dibuat maket.

Leave a Comment