Panduan Cara Mengatasi Kulkas Tidak Dingin

Cara mengatasi kulkas tidak dingin bervariasi, tergantung pada faktor apa yang menyebabkan kulkas mengalami kondisi tersebut. Oleh karenanya, perlu dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

Memeriksa Komponen Overload

Overload berfungsi sebagai pencegah saat terjadi panas berlebih atau overheat pada mesin kompresor. Apabila bimetal overload keropos, putus, atau terbakar, maka mesin akan mati.

Cara paling mudah untuk mengidentifikasi kondisi overload adalah dengan melakukan pemeriksaan langsung. Jika ada bagian yang rusak, maka segera ganti dengan yang baru.

Mengecek Kabel Power Supply dan Relay

Periksa bagian kabel power supply dan relay, apakah ada yang putus atau tidak. Pengecekan bisa dilakukan pakai multitester guna memastikan jika masih ada keterkaitan antar kabel.

Kalau ternyata ada kabel putus, maka sambungkan kembali menggunakan solasi. Namun, jika yang rusak adalah relay, pemilik kulkas perlu menggantinya dengan yang baru.

Setelah kabel selesai disambungkan. Sekarang colokkan kabel power ke listrik. Apabila mesin kompresor masih tidak mau hidup juga, bisa mencoba menerapkan cara lainnya.

Memeriksa Thermostat dan Timer Otomatis

Komponen kabel power supply, overload, dan relay sudah diperbaiki atau masih dalam keadaan normal, tapi mesin kulkas tetap mati? Sekarang coba cek bagian thermostat.

Thermostat terletak di bagian dalam kulkas. Sehingga untuk mengeceknya membutuhkan bantuan alat multitester. Pastikan posisi range-nya berada di oHm.

Selanjutnya, kaitkan kabel multitester pada socket thermostat sembari memutarnya searah dengan jarum jam. Jika ada hubungan, maka artinya masih bagus.

Namun, kalau tidak, berarti thermostat bermasalah dan perlu diganti dengan komponen baru. Khusus kulkas model 2 pintu, pemilik juga harus mengecek bagian timer otomatis.

Posisinya berada di dalam kulkas sisi bawah. Akan tetapi, ada juga kulkas yang timer otomatis terletak di belakang, tepatnya di dekat komponen mesin kompresor.

Memeriksa timer sangat mudah, tinggal putar benda tersebut ke arah kanan hingga terdengar bunyi “klik” dua kali. Kalau tidak ada bunyi sama sekali, bisa dipastikan timer rusak.

Memeriksa Kondisi Kompresor Kulkas

  • Siapkan multitester dengan range oHm.
  • Kaitkan socket ke kompresor menggunakan kabel multitester.
  • Lihat layar multitester. Jika jarum menunjukkan adanya hubungan, berarti kompresor bermasalah.

Kompresor kulkas sering mati hidup meskipun sudah diatur pada suhu paling rendah? Langkah pertama cara mengatasi kulkas tidak dingin akibat kompresor yang labil adalah melihat nilai amperenya. Nilai rata-rata ampere kulkas normal adalah 0,5 A – 1 A (Tergantung ukuran kompresor).

Kalau terjadi kerusakan di bagian mesin kompresor, maka akan sulit diperbaiki. Meskipun bisa, namun besar kemungkinan tidak tahan lama. Karenanya, lebih baik ganti dengan kompresor baru.

Cara Mengatasi Kulkas Tidak Dingin Setelah Dibersihkan

Ketika membersihkan bunga es, umumnya akan mematikan thermostat terlebih dahulu. Namun, tidak jarang orang yang kemudian lupa mengembalikan pengaturan bagian thermostat ke posisi semula.

Hal ini sudah tentu akan mengakibatkan kulkas jadi kurang dingin, bahkan tidak dingin sama sekali sebab kompresor tidak mau start. Karenanya, pastikan kalau settingan thermostat sudah sesuai.

Lemari es yang tidak dingin setelah proses pembersihan juga bisa disebabkan kesalahan pengguna. Salah satunya adalah, menggunakan benda tajam untuk menghilangkan bunga es membandel.

Meskipun terlihat sepele, namun hal tersebut berpotensi mencederai evaporator sehingga menyebabkan kebocoran pada freon. Kalau sudah begitu, maka harus ditambal dengan lem khusus.

Cara Mengatasi Kulkas Tidak Dingin Tapi Lampu Menyala

Untuk mengatasi masalah kulkas tidak dingin padahal lampu menyala pada lemari es 1 pintu, maka harus terlebih dahulu mengenali penyebabnya, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Terjadi penyumbatan pada sirkulasi freon.
  • Kompresor tidak menyala.

Kedua masalah tersebut akan menunjukkan ciri-ciri, seperti kulkas tidak dingin dan tidak menghasilkan bunga es. Hal tersebut umumnya terjadi karena kerusakan pada evaporator.

Untuk mengatasinya, maka evaporator harus diperbaiki terlebih dahulu. Setelah itu, lakukan pengisian freon mulai dari nol agar kulkas dapat berfungsi normal seperti sedia kala.

Sedangkan pada kulkas model 2 pintu, masalah umumnya disebabkan oleh:\

  • Kerusakan atau kebocoran freon.
  • Penyumbatan jaringan pipa.

Kedua masalah tersebut mengakibatkan kinerja defrost dan nofrost terganggu sehingga evaporator mengalami pembekuan. Untuk mengatasinya, perlu membersihkan evaporator dengan air panas.

Cara Mengatasi Kulkas Tidak Dingin Kompresor Normal

Kasus seperti ini biasanya terjadi karena penumpukan bunga es di freezer. Jadi, meskipun lemari es mempunyai fitur no frost, namun bukan berarti pemilik kulkas terbebas dari masalah tersebut.

Cara kerja no frost misalnya, saat kompresor bekerja 7 jam, maka akan dihentikan sekitar 30 menit. Pada saat itulah heater evaporator dihidupkan sehingga bunga es yang terbentuk bisa dicairkan.

Apabila timer no frost terganggu, evaporator dapat tertutup es dan suhu dingin tidak dapat berhembus maksimal. Untuk mengatasinya, maka harus memeriksa bagian timer.

Namun, harus mematikan kulkas terlebih dahulu. Setelah itu, carilah kotak berisi rangkaian listrik. Di bagian tersebut terdapat timur yang dapat diputar dengan menggunakan obeng pipih.

Kalau kompresor sudah mulai bekerja, putar perlahan hingga kompresor berhenti. Lalu biarkan beberapa saat. Jika tidak ada masalah serius, maka biasanya kulkas akan kembali dingin.

Namun, apabila cara tersebut tidak berhasil. Sebaiknya gantilah timer dengan yang baru. Dengan begitu, maka tidak perlu takut lagi kalau sewaktu-waktu kulkas akan mengalami masalah serupa.

Setelah mengetahui apa penyebab kulkas tidak dingin, maka beberapa cara mengatasi kulkas tidak dingin di atas bisa dijadikan sebagai alternatif solusi, agar lemari es menjadi dingin kembali.

Leave a Comment