Desain Interior Cafe Ruko

Aneka jenis cafe saat ini banyak bermunculan. Mulai dari konsep klasik hingga modern. Bisnis cafe ini semakin menarik minat para pebisnis karena peluangnya yang besar. Mencoba membuat cafe di ruko juga bisa kok, dengan konsep desain interior cafe ruko yang sesuai bisa menjadi tempat nongkrong yang laris.

Ruko bukan hanya bisa dipergunakan sebagai bisnis pertokoan saja. Saat ini justru banyak bergeser menjadi tempat menarik seperti warung kopi, cafe, tempat makan, dan lainnya. Bagi Anda yang ingin bisnis ini bisa mengikuti beberapa model dibawah ini.

1. Desain Interior Cafe Ruko Minimalis

interior cafe ruko minimalis
Sumber: pinterest.com

Ruko ini disulap menjadi sebuah cafe dengan warna dasar adalah warna putih. Pada area pelayanan pelanggan atau meja racik ditempatkan di bagian tengah ruangan mepet dengan tembok.

Meja dibuat natural dengan warna pastel agar terlihat mencolok dibanding tembok yang gelap. Berikan juga aksesoris seperti lampu gantung dengan sinar warna putih terang. Untuk bagian lantai gunakan warna coklat dengan motif garis atau motif kayu.

2. Interior Cafe Ruko Modern

interior cafe ruko modern
Sumber: pinterest.com

Bagi Anda yang lebih menyukai konsep modern, bisa mencontoh model ini. Furniture menggunakan kursi yang dilengkapi dengan busa. Warnanya pilihlah putih dan abu-abu. Sedangkan mejanya bisa menggunakan meja kayu atau bahan lain dengan corak coklat.

Area dinding diberikan pemanis seperti poster yang berisi tentang kata-kata Mutiara atau tulisan lain yang dapat menarik perhatian pengunjung. Tidak lupa lampu gantung dengan desain modern beserta lampu yang berwarna putih terang.

3. Desain Interior Cafe Ruko Konsep Klasik

interior cafe ruko vintage
Sumber: theloophk.com

Klasik memang akan selalu mendapat tempat di hati pengunjung. Cafe ruko ini dibuat dengan menempatkan meja kursi klasik yang terbuat dari kayu. Bisa juga menggunakan kursi dengan anyaman rotan. Sedangkan meja dapat menggunakan semi modern dari bahan selain kayu.

Dinding-dindingnya terpasang lukisan dan juga pajangan gambar-gambar ornamen klasik. Tempatkan beberapa tanaman hias di sudut ruangan agar lebih terkesan hommy. Untuk pilihan lampu, bisa menggunakan lampu bentuk geometri yang indah.

Baca juga : Desain Cafe Klasik Sederhana Gaya Vintage, Murah Tapi Keren

4. Cafe Ruko Kekinian

interior cafe ruko kekinian
Sumber: medium.com

Beberapa cafe yang dicari saat ini adalah cafe yang kekinian. Biasanya tempat ini instagramable atau cocok digunakan mengambil beberapa foto kemudian di post di sosial media. Ruko juga bisa digunakan sebagai tempat yang kekinian.

Konsepnya adalah menggunakan meja panjang untuk 4 kursi. Pilihlah model kursi yang unik dan jarang digunakan. Contohnya bentuk potongan kayu atau batu alam. Bagian dinding tidak perlu terlalu banyak aksen. Isi dinding kosong dengan satu atau dua tulisan atau gambar.

5. Cafe Ruko Instagramable

interior cafe ruko instagramable
Sumber: cornerstonepref.com

Mungkin cafe ruko seperti ini banyak sekali peminatnya. Peluang ini sayang jika dilewatkan. Dalam ruko yang Anda miliki dibuat dengan atap warna gelap dan dinding berwarna pastel. Kursi dan meja dibuat mengelilingi ruko pada bagian tepi dinding.

Jarak antar meja dibuat partisi pendek dan tempatkan tanaman hias. Pasang rak besi di atas partisi yang bisa digunakan untuk memajang foto-foto tokoh terkenal. Jika ruko masih terasa lega, bisa dibuat konsep sofa setengah lingkaran dengan meja bulat.

6. Interior Cafe Ruko Sederhana

interior cafe ruko sederhana
Sumber: homeanddecor.com

Bagi yang tidak pengen ribet dengan interior yang rumit, buatlah konsep sederhana namun tetap menarik. Tempatkan sofa minimalis panjang yang menempel pada dinding ruko. Pasangkan dengan meja dan berikan kursi single di depannya secara berhadapan.

Pada sisi dinding yang lain, tempatkan meja panjang yang tidak terlalu lebar menempel pada dinding. Gunakan kursi bar atau kursi kayu yang memiliki ukuran tinggi. Dinding ruko bisa diberikan aksen lukisan atau tulisan yang menarik.

7. Cafe Ruko Dekorasi Unik

interior cafe ruko kayu
Sumber: thecharlotteweekly.com

Konsep ini merupakan gabungan dari model klasik, modern, dan kekinian. Pada bagian dinding diberikan aksen dari kayu yang dibuat bentuk geometris, menutup hingga bagian atap. Pada meja penyajian juga diberikan aksen yang sama.

Untuk meja dan kursi gunakan meja panjang dan kursi panjang. Masing-masing meja terdiri dari dua kursi panjang dengan warna yang senada. Lantai bisa menggunakan keramik atau lantai kayu dengan warna natural dan senada dengan meja.

8. Cafe Ruko Konsep Rumahan

kafe ruko rumahan
Sumber: thespaces.com

Ingin menghadirkan nuansa rumah di dalam cafe ruko, sangat bisa terjadi. Konsep ini juga cukup menarik. Bagian ruko yang mengarak keluar bisa diberikan kaca kemudian tempatkan kursi berhadapan dengan meja di tengahnya.

Pada bagian tengah atur meja dari kayu dan kursi dengan anyaman rotan atau busa tipis. Pilihlah kursi yang benar-benar seperti kursi rumahan pada umumnya. Di area dinding bisa diberikan lukisan atau tempatkan lemari hias. Anda bisa juga memberikan patung atau hiasan lainnya.

9. Cafe Ruko Minimalis dengan Konsep Mencolok

eksterior kafe ruko
Sumber: arthandsome.blogspot.com

Tujuan memiliki usaha adalah agar banyak pengunjung yang datang. Trik ini bisa digunakan dalam membuat cafe ruko. Buat konsep yang justru mencolok dengan ruko-ruko yang lainnya. salah satu caranya adalah menempatkan neon box pada bagian depan.

Area teras ruko bisa dimanfaatkan sebagai area terbuka dengan menempatkan beberapa kursi dan meja. Agar terlihat lebih mencolok berikan beberapa pot tanaman di area depan ruko. Untuk bagian dalam gunakan ruangan dengan kaca bening dan sofa minimalis.

10. Cafe Ruko dengan Dinding Bata

kafe ruko dinding bata
Sumber: pinterest.com

Konsep ini mungkin sudah lama muncul, namun sampai sekarang masih menjadi idola. Semua permukaan dinding cafe menggunakan batu bata tanpa ditutup semen. Kesan alami akan muncul dari warna bata merah yang masih asli.

Untuk kursi bisa menggunakan sofa gandeng yang saling membelakangi. Meja panjang dengan ukuran yang pas ketika orang makan akan sangat membantu pengunjung menikmati hidangan. Di sisi lainnya bisa memasang sofa menempel tembok dan meja bulat di depannya.

Cafe ruko bisa menjadi bisnis menarik yang menguntungkan. Tidak memerlukan terlalu banyak pernak pernik dan material yang sulit. Beberapa desain interior cafe ruko tersebut bisa Anda aplikasikan sesuai letak dan bentuk ruko yang dimiliki.

Leave a Comment