Pengertian Gambar Teknik Mesin: Fungsi, Jenis, Aplikasi, Materi

Gambar teknik mesin merupakan struktur gambaran yang menginformasikan ketentuan serta aturan tentang proses pembuatan mesin yang sudah disetujui oleh ahli teknik. Gambar ini bisa digunakan untuk berbagai tujuan misalnya penyampaian informasi, gagasan dan lain sebagainya.

Contents

Pengertian Gambar Teknik Mesin

Gambar teknik mesin adalah acuan yang digunakan untuk merakit, merancang atau mengubah sebuah mesin dengan standar kesepakatan dalam bentuk garis, symbol serta tulisan yang diaplikasikan dalam bentuk gambar.

Gambar ini bisa membantu proses pekerjaan yang dilakukan pada manufaktur bisa dilakukan dengan lebih mudah tanpa butuh bantuan kontak lisan. Adanya gambar ini membuat proses bisa langsung dikerjakan sesuai dengan standarisasi yang berlaku.

Gambar ini juga bisa didefinisikan sebagai gagasan atau ide tentang suatu proses, sistem, cara kerja, rangkaian hingga petunjuk teknis dalam bentuk gambar. Tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi serta instruksi untuk acuan kerja.

Gambar ini digunakan oleh pelaksana dan perencana sebagai alat komunikasi yang disuguhkan dalam bentuk gambar sehingga bisa lebih mudah dipahami, jelas dan praktis bagi kedua belah pihak. Untuk itu perencanaan gambar harus sesuai dengan standar yang berlaku.

Fungsi Gambar Teknik Mesin

Gambar teknik mesin harus dibuat sesuai dengan standarisasi yang berlaku agar bisa menjalankan fungsi secara lebih optimal. Berikut beberapa fungsi dari gambar ini.

Bahasa Teknik

Gambar ini bisa berfungsi sebagai sarana komunikasi dari perancang yang bisa digunakan oleh penerima gambar untuk mendapatkan informasi.

Informasi yang jelas dapat mempermudah operator mesin untuk menjalankan pekerjaannya. Dengan adanya gambaran ini, instruksi dapat terlihat dengan jelas melalui gambar.

Konsep Gagasan

Gambar Teknik seringkali digunakan sebagai konsep dari suatu gagasan. Ide gagasan diwujudkan dalam bentuk yang sudah dianalisis kemudian diwujudkan dalam bentuk rancangan gambar.

Gambar tersebut akan secara terus menerus dievaluasi sampai menghasilkan gambar yang sempurna. Untuk itu, seorang perencana harus bisa mengolah ide yang ada di benaknya untuk dapat membentuk gambar teknik yang bisa direalisasikan oleh pelaksana.

Informasi Teknik

Perencanaan merupakan poin yang penting dalam sebuah proyek. Hal inilah yang membuat gambar ini bisa menjadi detail dari informasi yang dibutuhkan.

Informasi yang tertuang dalam gambar meliputi ukuran dimensi, letak, material dan perlakuan yang perlu dilakukan untuk dapat menjalankan proyek.

Untuk itu, gambar ini menjadi acuan penting dalam pengerjaan dan biasanya sudah mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari pihak atasan sebelum dikerjakan.

Arsip Dokumen

Gambar ini bisa berfungsi sebagai arsip dokumen. Hal inilah yang membuat gambar ini sangat penting dan harus disimpan dengan baik. Gambar ini bisa menjadi informasi untuk mendukung rencana di masa mendatang.

Arsip dokumen ini harus diatur dan disimpan dengan teliti sehingga lebih mudah untuk proses pencarian data kedepannya.

Database Penyimpanan Informasi

Dalam manufaktur, ada saatnya untuk memperbaiki atau membuat mesin yang baru dengan kualitas yang sama. Dengan tersimpannya gambar, pembuatan mesin bisa dilakukan dengan mudah kapan saja diperlukan.

Dengan disepakatinya aturan tentang simbol, garis dan catatan yang terdapat pada gambar, instruksi yang diberikan bisa lebih jelas dan mendetail.

Acuan Untuk Proses Pengerjaaan

Untuk menghindari kesalahan dalam proses pengerjaan, gambar ini sangat dibutuhkan. Hal inilah yang membuat gambar bisa menjadi acuan dari proses pengerjaan.

Jika terjadi perubahan terkait ukuran, material hingga perlakukan, gambar harus diupdate serta dievaluasi Kembali oleh atasan.

Setelah mendapatkan persetujuan, gambar baru bisa digunakan. Adanya gambar ini diperlukan untuk menjaga kualitas dari setiap pekerjaan yang berhubungan dengan mesin bisa sesuai dengan standar yang berlaku.

Jenis Gambar Teknik Mesin

Agar bisa memastikan proses produksi dapat berjalan sesuai dengan standar yang sudah ditentukan oleh klien maupun perusahaan, terdapat beberapa jenis gambar yang bisa digunakan. Setiap gambar memiliki konsep yang berbeda, simak informasinya berikut ini.

Part Drawing

Gambar ini berisi dengan komponen informasi secara rinci untuk mempermudah pembuatannya. Potongan gambar yang ditampilkan dengan jelas untuk dapat mempermudah ukuran yang sesuai dalam pengerjaannya.

Informasi tersebut memperlihatkan detail yang sesuai sehingga mesin bisa diproduksi sesuai dengan permintaan. Gambar ini mampu memberikan paduan

Machine Drawing

Gambar ini terdiri dari beberapa bagian mesin atau komponen sehingga dapat berfungsi sebagai katalog yang bisa memberikan informasi dari kinerja setiap komponen yang terdapat dalam sebuah mesin.

Gambar ini memberikan informasi perakitan atau assembly yang di dalamnya termasuk dalam klasifikasi dari gambar mesin.

Assembly Drawing

Gambar ini berfungsi sebagai panduan untuk dapat merakit setiap komponen yang ada pada part drawing. Selain itu, gambar ini juga menampilkan susunan serta tata cara perakitan agar bisa memudahkan prosesnya.

Informasi yang ditampilkan pada gambar ini meliputi nama part, material serta jumlahnya. Dengan begitu informasi bisa dihadirkan secara mendetail.

Shop Drawing / Production Drawing

Jenis gambar ini sering disebut juga dengan gambar kerja. Fungsi utamanya adalah menginformasikan perlakuan khusus terhadap sebuah mesin yang akan dibuat.

Contohnya penggerindaan, pengeboran untuk baut dan lain sebagainya tentu memiliki perlakuan khusus yang berbeda.

Gambar ini memberikan informasi khusus seperti informasi ukuran, jenis material, jumlah dan perlakukan kerja yang digunakan agar dapat diproses oleh bagian produksi.

Penyajian gambar harus dilakukan secara mendetail dan disesuaikan dengan standar perusahaan masing-masing. Biasanya gambar kerja akan disajikan satu per satu halaman yang terdiri dari komponen yang akan dikerjakan.

Gambar teknik mesin mampu memudahkan proses pembuatan atau perbaikan sehingga bisa sesuai dengan panduan yang berlaku. Adanya gambar ini membuat proses dapat berjalan dengan lebih mudah dan efektif.

Leave a Comment