Desain Rumah Bambu Modern Minimalis

Rumah Bambu – Memiliki rumah bambu akan menjadi kesan tersendiri. Saat beberapa orang berlomba membangun bangunan modern, konsep rumah bambu bisa menghadirkan suasana yang lebih natural.

Selain terlihat anggun, rumah kayu juga terlihat lebih mencolok.

Simak saja desain rumah bambu di bawah ini.

Desain Rumah Bambu Modern Minimalis

1. Energy Efficient Bamboo House

Tampak Depan

Energy Efficient Bamboo House
Credit : Studio Cardenas Conscious Design

Rumah bambu ini dibangun dengan tujuan untuk meminimalkan emisi karbon, perlindungan dan pengembangan ekologi alami melalui penggunaan unsur-unsur alam yang tersedia di daerah tersebut, seperti matahari, air, tumbuhan, angin dan bahan-bahan alami untuk mencapai a Rumah inovatif standar modern.

Bambu adalah elemen alam yang sangat istimewa yang digunakan sebagai elemen struktural baik untuk rumah maupun interior.

Tampak Energy Efficient Bamboo House
Credit : Studio Cardenas Conscious Design

Rumah ini menggunakan air tanah dengan cara yang sangat sederhana untuk membuat sistem pendingin dan juga digunakan untuk toilet di mana air yang tidak dapat diminum dapat diterima.

Untuk struktur rumah ini menggunakan cara-cara konstruksi modern menggunakan bambu sebagai bahan bangunan.

Menggunakan bahan alami seperti bambu, juga menjadi solusi desain konstruksi dengan budget yang minim.

Denah

Denah Energy Efficient Bamboo House
Credit : Studio Cardenas Conscious Design

2. Tropical Bamboo House

Tampak Depan

Tropical Bamboo House
Credit : Vilela Florez

Rumah ini berorientasikan sirkulasi angin dari kolam renang dan vegetasi taman untuk menyegarkan kamar tidur, mendinginkan angin yang terus-menerus dan mendinginkan interior dari panas tropis yang kuat.

Kamar tidur dibangun menggunakan struktur batu dari balok beton, menciptakan tulang rusuk vertikal di mana panel batang bambu ditempatkan, diatur seperti tulang ikan di antara mereka.

Panel bambu menaungi fa├žade, membantu perilaku termal bangunan.

Tampak Tropical Bamboo House
Credit : Vilela Florez

Selain palet warna alami, mulai dari kayu, bambu hingga batu alam, volume rumah ini dikombinasikan dengan warna netral abu-abu Mediterania.

Denah

Denah Tropical Bamboo House
Credit : Vilela Florez

3. Rumah Bambu 3 Lantai

Tampak Depan

Rumah Bambu 3 Lantai
Credit : VTN Architects
Rumah Bambu 3 Lantai Dengan Kolam Renang
Credit : VTN Architects

Daerah perkotaan yang baru berkembang kehilangan koneksi mereka dengan alam.

“Bamboo House” adalah proyek perumahan kecil di gang sempit bernama “Hem” di kota Ho-Chi-Minh.

Proyek ini bertujuan untuk mengembangkan konsep “House for Trees”, serangkaian desain perumahan bertujuan untuk menyediakan ruang hijau di lingkungan dengan kepadatan tinggi.

Dengan pemikiran ini, ‘Bamboo House’ telah dirancang untuk menciptakan tempat tinggal yang nyaman meskipun dengan lahan yang terbatas.

Bangunan ini padat dan sempit dengan hanya 2 sisi untuk memungkinkan ventilasi alami dan cahaya masuk ke dalam bangunan.

Fasad depan terlihat nyaman dengan kebun diluar yang menimbulkan minat dan pintu masuk yang lebih ramah.

Desain fasadnya yang dingin memberi aura yang elegan. Sebagian besar jendela ditutup untuk memastikan privasi Anda.

4. Bamboo Veil House

Tampak Depan

Bamboo Veil House
Credit : Wallflower Architecture + Design

Bamboo Veil House adalah rumah semi-terpisah yang berdiri di atas lekukan jalan, menghasilkan desain segitiga dengan fasad sempit.

Rumah ini didesain dengan tema rumah tropis minimalis dengan ruang bersama yang luas di lantai dasar untuk keluarga dan teman berkumpul.

Rumah ini sangat cocok untuk keluarga yang mendambakan rumah tropis pribadi namun modern yang akan menanggapi lingkungan perkotaan yang padat dan iklim tropis.

Rumah ini juga sebagai tempat koleksi-koleksi seni selama bertahun-tahun di berbagai benua dan sangat indah dengan memajangnya di setiap sudut rumah.

Desain Eksterior Bamboo Veil House
Credit : Wallflower Architecture + Design

Jendela dan layar bambu yang dapat dilipat yang terletak di seluruh lantai dua mendorong ventilasi alami sambil membingkai pemandangan indah diluar.

Respons desain tropis tercermin di lantai pertama dan loteng oleh kantilever besar yang memberikan keteduhan yang dalam dari matahari.

Rumah ini tetap terkesan sejuk setiap saat. Pada bagian dalam, furnitur interior direduksi untuk menjaga kesegaran visual dan menjaga ketenangan di setiap ruang namun tetap tidak menghilangkan fungsi ruangan.

Denah

Denah Bamboo Veil House
Credit : Wallflower Architecture + Design

Karena ruangan inti dan kebutuhan kamar tidurnya kecil, hal ini menjadi mudah dalam memenuhi persyaratan ruang dan mengaturnya dalam pola segitiga berbentuk tidak beraturan.

Lantai dasar digunakan untuk ruang makan dan hiburan, kamar tidur di lantai dua dan ruang belajar dan ruang keluarga di lantai loteng.

Denah Lantai 2 Bamboo Veil House
Credit : Wallflower Architecture + Design

5. Rumah Bambu Bentuk Kubus

Tampak Depan

Rumah Bambu Kubus
Credit : Atelier Stepan

Rumah yang terletak di sebidang tanah yang agak landai ini dibangun untuk gaya hidup penduduk urban.

Bahan dasar yang menonjol dalam pembangunan rumah ini adalah beton, kaca, black metal dan kayu.

Tampak Rumah Bambu Kubus
Credit : Atelier Stepan

Rumah kubik dengan ukuran total 10×20 meter ini merupakan rumah satu generasi dengan garasi ganda dengan berbagai fasilitasnya.

Ruangan komunal pada rumah ini terletak di lantai dasar sedangkan sisanya berada di lantai kedua.

Denah

Denah Rumah Bambu Kubus
Credit : Atelier Stepan

6. Rumah Bambu IBUKU

Rumah Bambu IBUKU
Credit : designwanted.com

Karena bahan yang sustainable desain rumah bambu saat ini menjadi pembicaraan di dunia arsitektur.

Kini desain rumah bambu mendapatkan popularitas di kalangan desainer kontemporer.

Di luar penggunaan awalnya untuk konstruksi jembatan, bahan tersebut menjadi pilihan yang sangat baik karena keindahan, konotasi budaya, dan manfaat lingkungannya.

interior Rumah Bambu IBUKU
Credit : designwanted.com

IBUKU telah mengadaptasi bambu secara brilian sebagai bahan utama untuk menciptakan komposisi luar biasa dan megah yang membawa Anda kembali ke fantasi rumah pohon masa kecil Anda.

IBUKU menggunakan bambu karena kekuatan, keindahan dan kelenturannya. Ditambah, dengan siklus pertumbuhan 4 tahun dan kemampuan penyerapan karbonnya.

Ini adalah bahan bangunan paling ramah lingkungan yang bisa dibayangkan. Sama halnya dengan kayu, struktur yang dirancang dengan baik dan terawat dengan bambu yang dirawat dengan baik mampu bertahan selama beberapa dekade.

Bambu tidak hanya baik untuk lingkungan, tetapi juga membantu orang untuk hidup lebih terhubung dengan alam, yang mengubah kualitas hidup.

Leave a Comment