Desain Rumah Panggung Modern Minimalis

Desain Rumah Panggung – Sebelum membangun rumah, sangat penting untuk memperhatikan berbagai faktor eksternal yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan di kemudian hari, misalnya saat hujan dan banjir.

Oleh karena itu, model rumah panggung merupakan ide terbaik untuk mengatasinya.

Tidak jarang para pemilik rumah, mereka yang berencana membangun, dan calon pembeli properti menghindari rumah panggung.

Namun, mereka mungkin tidak menyadari bahwa ada banyak alasan mengapa rumah panggung adalah ide yang bagus.

Kelebihan Dan Kekurangan Desain Rumah Panggung

  • Membangun di wilayah yang miring, atau yang rawan ambles, dapat menghadirkan tantangan dalam kehidupan rumah baru. Rumah panggung ideal untuk medan yang sulit ini, karena fondasi yang ditinggikan memungkinkan Anda memanfaatkan tanah miring secara maksimal tanpa perlu penggalian yang mendalam.

Lalu apa saja kerugian membangun rumah panggung?

  • Seperti halnya struktur lainnya, rumah panggung dapat memiliki cacat struktural karena kegagalan konstruksi, kelalaian, atau kerusakan langsung. Jika Anda mempertimbangkan untuk membeli rumah baru, baik dengan panggung atau pondasi tradisional, Anda harus selalu bekerja sama dengan perusahaan konstruksi bangunan terkemuka supaya lebih aman. Seorang kontraktor bangunan profesional dapat membantu Anda menghindari membeli rumah dengan kelemahan struktural utama yang tidak selalu terlihat oleh mata yang tidak terlatih.

Ketika kebanyakan orang berpikir untuk membangun panggung, bayangan pertama mereka adalah rumah daerah pesisir.

Memang benar bahwa tiang yang disusun dan bertumpuk membuat rumah tidak terlalu rentan terhadap banjir, namun tidak hanya untuk daerah yang dekat dengan air saja.

Rumah panggung juga bisa didesain secara modern dan terlihat menarik, kok! Apakah Anda membutuhkan inspirasi? Artikel ini akan membantu Anda mendapatkannya.

1. Desain rumah panggung minimalis

Untuk membangun di atas tanah pinggiran kota yang landai. Studio satu kamar tidur yang elegan di Brisbane, Australia ini ditinggikan di atas tanah di atas tiang baja.

Mengingat potensi curah hujan di wilayah tersebut dan lokasi rumah di lereng bukit pinggiran kota yang landai, maka peninggian rumah panggung masuk akal untuk mengurangi banjir, kerusakan air, dan melemahnya pondasi rumah.

Posisinya yang lebih tinggi di atas pepohonan memungkinkan pemandangan indah dari dalam rumah.

2. Desain rumah panggung modern

Bangun di atas fondasi yang tidak stabil. Di bukit pasir di Pulau Fraser, Australia, rumah panggung ini menikmati pemandangan laut semaksimal mungkin.

Tiang kayu didorong jauh ke dalam tanah di bawah pasir, menjangkarkan rumah ke tanah dan memastikan stabilitas maksimum.

Atap melengkung meniru kemiringan ini, sedangkan platform tempat rumah dibangun meniru dek kapal pesiar atau kapal pesiar.

3. Desain rumah panggung kayu

Bangun di lokasi pantai yang curam. Rumah liburan dua kamar tidur ini terletak di situs pantai curam yang menghadap ke Great Ocean Road yang indah di Victoria, Australia.

Saat rumah mengikuti kemiringan tanah, tiang baja mengangkatnya. Hal ini memungkinkan jejak kaki minimal di tanah dan pemandangan indah dari rumah.

4. Desain rumah panggung beton

Bangun di atas tanah yang tidak rata. Di Scottsdale, Arizona, rumah modernis minimalis ini menjulang di atas lantai gurun.

Panggung dari kolom baja halus, tetapi pada ketinggian yang berbeda, mereka memungkinkan gelombang alami dari medan dan flora lokal tetap utuh.

5. Desain sederhana

Bangun di atas air. Terinspirasi oleh arsitektur Jepang dan penekanannya pada integrasi dengan alam, rumah Maine ini menggabungkan elemen tanah dan air dari lokasi tepi danau. Ruang hidup rumah menjorok ke atas air, ditopang oleh 14 kolom baja struktural. Ini tidak hanya membuat ruang hidup yang tidak biasa, tetapi juga mengurangi massa dan tapak rumah di garis pantai yang rapuh.

6. Rumah panggung kayu modern

Untuk memaksimalkan tampilan. Di Sungai Margaret yang indah di Australia Barat Daya, sebagian dari rumah ini didirikan di atas panggung, meninggalkan lereng bukit dan tumbuhan utuh sebanyak mungkin.

Tata letak rumah memanfaatkan situsnya. Memperluas rumah ke Samudra Hindia, dengan ruang kosong di bawahnya, telah meningkatkan perasaan memandang ke arah pantai. Panel kaca besar memungkinkan pemandangan panorama.

7. Rumah panggung kayu sederhana

Ventilasi di bawah rumah. Banyak rumah asli di Queensland, Australia, bertengger di “tunggul” kayu. Hal ini memungkinkan ventilasi dan udara segar mengalir di bawah rumah, melindungi struktur utama dari rayap dan hama lainnya, dan memungkinkan aliran air secara alami pada saat hujan deras.

8. Desain rumah panggung tiang beton

Meningkatkan desain yang berkelanjutan. Di Sunshine Coast Australia, rumah ini telah dirancang dengan mempertimbangkan ruang dan efisiensi energi. Ini adalah serangkaian volume geometris yang tertanam sempurna di berbagai level dengan tumpukan dengan ketinggian berbeda.

Ini telah menciptakan area teduh dan matahari yang secara alami memanaskan dan mendinginkan rumah sepanjang hari. Sebagian besar rumah dibangun di atas panggung untuk meminimalkan dampak lingkungan sebelum, selama dan setelah konstruksi.

9.

Melindungi dari banjir. Biloxi, Mississippi, di Teluk Meksiko, rawan banjir. Untuk mengurangi kerusakan akibat banjir, rumah ini dibangun di atas 20 tiang pancang beton dan tiang pancang kayu. Posisi yang lebih tinggi juga memanfaatkan pemandangan teluk dan menyediakan ruang di bawah rumah untuk kendaraan dan peralatan rumah.

10.

Di pantai Amerika Selatan, rumah panggung ini melewati medan berbatu yang curam di lereng, meninggalkan daratan yang tak tersentuh. Fasad batu dan struktur kayunya berpadu sempurna dengan lanskap pantai, sementara dindingnya yang melengkung meniru kemiringan lereng bukit.

Leave a Comment